4 Mobil Dengan Desain Mobil Yang Lebih Bagus Dibanding Penerusnya


Beberapa desain mobil tidak mengenal umur. Kalo kita perhatikan, beberapa mobil yang sudah berumur pun memiliki tampilan yg enak dipandang sampai saat ini. Bahkan sebagian diantaranya malah jauh lebih baik dibandingkan generasi penerusnya.

Yang baru belum tentu lebih bagus. Terkadang yang lama malah lebih bagus. Kasus semacam ini tidak jarang kita jumpai dalam keseharian kita. Sama halnya pada desain mobil.

Mau tau kan contohnya apa saja?

Nah, dalam ulasan kali ini kita akan membahas 4 mobil dengan desain mobil yang lebih bagus dibanding penenerusnya. Tentunya mobil yang akan kita bahas khusus untuk mobil yang beredar di Indonesia saja. Bisa kita temukan sehari-hari.

Membahas mengenai desain pasti akan sedikit subjektif. Jadi ga usah terlalu serius bacanya hehe.

Kita mulai saja.

Suzuki Baleno 1st Gen

4 Mobil Dengan Desain Mobil Yang Lebih Bagus Dibanding Penerusnya

Mobil ini pertama diproduksi tahun 1995 menggantikan Suzuki Esteem. Dengan kapasitas mesin 1.6L, Baleno bersaing dengan Honda Civic Ferio dan Toyota All New Corolla.

Dengan tampilan eksterior yang modern dan cukup bongsor, mobil ini dulu cukup populer terutama di kalangan anak muda. Baleno paling sedap dilihat dari belakang atau samping belakang. Desain sporty yang menggigit terlihat dalam lekukan body belakangnya yang terkesan membulat. Pantatnya besar hehe.

Selain desain eksterior, mobil yang dikenal dengan nama Cultus di Jepang ini memiliki interior yang sedap dipandang. Interiornya rapi dan cukup elegan. Apalagi interior Baleno pre-facelift yang desain dashboardnya condong ke arah driver.

Sayang, penerus dari mobil ini yaitu Baleno Next G dan kemudian Neo Baleno memiliki desain yang amburadul. Kedua mobil penerus ini memadukan desain sedan dengan desain MPV. Alhasil kacau sudah. Desain mobilnya menjadi tidak karuan dan juga ditambah banyak lekukan yang nampak tidak memadu dengan baik alias acak-acakan. Penjualan kedua mobil ini pun anjlok dan hanya sebentar saja beredar di pasaran. Silahkan googling aja deh wujud kedua mobil ini.

Yang terakhir adalah Baleno Hatchback yang mulai dijual di Indonesia tahun 2017 yang lalu. Seperti tidak berkaca dari yang sebelumnya, lagi-lagi mobil ini pun bertampang aneh. Memang secara body keseluruhan sudah lebih baik. Tetapi tampak muka dari mobil ini sangat jelek, terutama pada headlamp dan grill.

Toyota Corolla AE101 (Great Corolla)

4 Mobil Dengan Desain Mobil Yang Lebih Bagus Dibanding Penerusnya

Corolla generasi ke-7 ini di Indonesia dikenal dengan nama Great Corolla atau disingkat Greco. Ada juga yang memanggilnya Toyota Great. Mobil ini memiliki desain yang memadukan kompak dan sporty. Bodynya terlihat lebih besar dan curvy dibandingkan pendahulunya, Corolla Twincam. Inilah yang menjadi Greco terkesan ekslusif dan modern ketika itu.

Berkat desain mobil tersebut, mobil ini sampai saat ini masih banyak digemari dan menjadi pilihan banyak orang. Selain dari eksterior, sektor mesin pun menjadi kelebihan mobil ini. 4AFE merupakan salah satu mesin Toyota yang bandel dan mudah dirawat. Dengan konsumsi BBM yang lumayan irit, tenaga mesinnya pun tidak mengecewakan.

Penerus dari Greco adalah Toyota All New Corolla. Desain mobil ini jauh dibandingkan dengan Greco. Desainnya kaku, nanggung, dan membosankan. Aura sporty dan modern dari greco hilang dari mobil ini. Tidak heran penjualannya pun kemudian kalah telak oleh Honda Civic Ferio. Padahal sebelumnya Greco bisa melibas penjualan Civic Genio. Saat ini All New Corolla meski berumur lebih muda harganya sama dengan Greco. Bahkan tidak jarang malah lebih murah.

Penerus selanjutnya, Corolla Altis Gen-1 pun tidak sebaik Greco dalam hal desain. Mobil ini terlihat gendut dan beraura kolot. Entah kenapa saya suka melihatnya mirip dengan Toyota Vios atau Baleno Next G.

 Mitsubishi Lancer CK4

4 Mobil Dengan Desain Mobil Yang Lebih Bagus Dibanding Penerusnya

Mobil ini tentu sudah tidak asing lagi ya. Sebelumnya Lancer CK4 sudah pernah kita bahas dalam ulasan “4 Mobil Bergaya Balap yang Ternyata Tidak Cepat“. Desain body mobil ini memang sangat mirip dengan Lancer Evolution sehingga orang sering salah kaprah menyebutnya Lancer Evo 4. Padahal speknya jauh sekali, baik itu under the hood maupun drivetrainnya.

Tapi ya memang betul, desain mobil ini sangat memukau. Sebagai kopian dari Lancer Evolution 4, Lancer CK4 memiliki tampang sporty dan maskulin yang kental dengan aura racing khususnya rally.

Sayang, penerus mobil ini di Indonesia tidak meneruskan karakteristik CK4. Penerusnya adalah mobil Lancer yang dinamakan Cedia yang hadir dalam 3 generasi dan 2 tipe (CS3 dan CS5). Keduanya mengecewakan. Aura sport berkurang drastis dan lebih condong ke aura eksekutif. Tapi bukan VIP style ya, saya lebih seneng menyebutnya “eksekutif bapak-bapak” hehe. Ya macam Altis Gen-1 lah.

Cedia Gen-2 merupakan generasi dengan tampang terjelek. Desain bagian depan terutama pada grill dan headlampnya nampak konyol.

Nissan Cefiro A31

4 Mobil Dengan Desain Mobil Yang Lebih Bagus Dibanding Penerusnya

 

Cefiro A31 bisa dibilang mobil dengan sejarah yang memprihatinkan. Dulunya di tahun 90an, mobil ini dijual dalam segmen mobil sedan luxury dengan fitur-fitur yang canggih. Sebut saja seperti headlamp proyektor, suspensi dengan sensor sonar, double shockbreaker, dan lainnya. Bisa dibilang tekhnologinya terlalu canggih untuk jaman itu. Naasnya memang kemudian kecanggihan tersebut menjadi bumerang sendiri bagi penjualan mobil ini. Harga yang tinggi dan servis yang hanya bisa di bengkel resmi membuat banyak orang ragu untuk meminang mobil ini.

Namanya yang meredup kemudian menjadikan mobil luxury canggih ini menjadi asing di telinga banyak orang. Nasibnya pun banyak yang terlantar, dijual dengan harga murah, dan jarang sekali kita jumpai ada di jalanan.

Meskipun demikian, semenjak demam drifting mulai masuk ke Indonesia. Mobil ini mendapat secercah harapan baru. Cefiro A31 memang sangat pas untuk dijadikan mobil drift terutama untuk level starter. Bukan hanya dari harganya saja. Spek mobil ini sangat menunjang untuk drifting dan modifikasi. Hal ini dikarenakan struktur mobil ini memiliki hubungan kekeluargaan dengan dua mobil sport JDM yaitu Nissan Silvia S13 dan Nissan Skyline. Begitu pun dalam hal desain body. Cefiro A31 memiliki tampilan yang eksklusif namun tetap gagah dan sporty.

Penerus dari Cefiro A31 yaitu A32 atau juga dikenal dengan Infiniti I30, Cefiro A33, dan kemudian Nissan Teana. Perubahan yang paling terasa dari para penerus ini adalah perubahan layout RWD menjadi FWD dan karakter desain. Aura eksekutif semakin menguat dari setiap generasinya. Bukan “eksekutif bapak-bapak” ya. Cefiro ini lebih condong ke eksekutif boss hehe, atau ya rada-rada VIP style. Tapi ya, perubahan RWD menjadi FWD serta aura sporty yang hilang rasanya agak disayangkan.

Demikian ulasan kali ini. Kembali, masalah desain atau tampilan memang agak subjektif. Silahkan bila ada yang mau berkomentar atau barangkali ada yang menambahkan list di atas?

Untuk ulasan dan bahasan menarik lainnya, ikuti juga Facebook Page kita ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *