Mengenal Ken Miura, Sosok Jenius di Balik Rocket Bunny


Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Rocket Bunny. Nama ini merupakan salah satu gaya modifikasi aero kit (body-kit) yang populer di dunia. Karaker utamanya adalah lowered, wide body, overfender dan ducktail yang membuat mobil tampak lebih lebar dan agresif.

Tapi jangan salah. Bukan berarti bila kita memodifikasi mobil seperti itu lalu kita bisa semerta-merta menyebut mobil Rocket Bunny. Mungkin tepatnya “ala” Rocket Bunny. Atau kasarnya, ehem…Rocket Bunny bajakan hihi.

Lho kenapa?

Rocket Bunny adalah produk body-kit yang diciptakan dan dijual oleh TRA Kyoto di Jepang. Jadi, bila kita ingin mobil kita menjadi Rocket Bunny, yaa kita harus membelinya dari toko atau distributor resminya. Baru deh mobil kita jadi Rocket Bunny.

Selain Rocket Bunny, masih ada merk lainnya yang juga memiliki karakter modifikasi body-kit yang sama. Gaya yang sama juga dimiliki pada desain produk Liberty Walk dan RWB (Rauh Welt begriff). Jadi memang kembali lagi, saya rasa sebenarnya Rocket Bunny ini bukan aliran modifikasi, tetapi salah satu produk atau merk dari sebuah aliran modifikasi. Mungkin itu aliran overfender Japan style atau apalah namanya hehe.

Lalu apa yang berbeda dari Rocket Bunny? Mengapa produk ini bisa begitu populer di dunia mobil?

Disini kita akan membahas bukan hanya Rocket Bunny tetapi produk lainnya dari TRA Kyoto. Kita juga akan mengenal lebih dekat dengan penciptanya, Ken Miura. Seorang penggila mobil yang dikenal dengan kejeniusan dan gayanya yang nyentrik.

Kita mulai saja. Siapkan kopinya hehe.

Sejarah Awal TRA Kyoto

Mengenal Ken Miura, Sosok Jenius di Balik Rocket Bunny

Kei Miura adalah seorang modifikator berusia 47 tahun yang juga merupakan founder dari TRA Kyoto. Dulu pada tahun 80an, culture otomotif di Jepang mulai berkembang dengan sangat pesat. Hal ini dikarenakan pengaruh kejuaraan atau kompetisi balapan di Amerika dan Eropa. Ketika itu banyak orang, terutama anak muda terinspirasi juga untuk balapan. Street racing kemudian sangat menjamur dimana-mana. Baik itu di jalan tol (wangan), jalan perbukitan (touge) maupun pesisir pantai. Setiap malam tempat-tempat tersebut dipadati para pecandu otomotif yang melakukan balap liar atau sekedar menonton.

Menurut Kei Miura, pada waktu itu kantor polisi di daerahnya sering penuh dengan mobil sitaan. Bahkan saking penuhnya, sampai lapangan parkirnya pun tidak muat untuk menampung mobil sitaan lainnya!

Mengenal Ken Miura, Sosok Jenius di Balik Rocket Bunny

Kecintaannya terhadap otomotif, baik mobil maupun motor mengantarkannya pada gaya hidup atau geng otomotif Jepang yang populer yaitu Bosozoku. Kei Miura ketika itu membuat sebuah tim otomotif bernama Team 6666. Selain itu, ia juga kemudian aktif dalam scene kanjozoku alias balapan liar Osaka highway, tepatnya di Kanjo Loop (Kanjo Racing).

Nah, kegemaran otomotif dan balapan tentu saja selaras dengan maraknya modifikasi atau tuning. Pada tahun 1995,  Kei Miura memutuskan untuk menjadikan otomotif sebagai jalan hidupnya. Ia mendirikan TRA Kyoto yang merupakan singkatan dari Tops Racing Art Kyoto. Disinilah tempat ia mencurahkan ide-ide cemerlangnya yang kelak menjadi produk terkenal di dunia internasional.

Kei Miura, Modifikator yang Eksentrik dan Jenius

Mengenal Ken Miura, Sosok Jenius di Balik Rocket Bunny

Salah satu karakter yang menarik dan menjadi nilai jual tersendiri dari Kei Miura adalah penampilannya. Sampai saat ini Miura selalu berpenampilan dengan aura gaya genk otomotif Jepang 80-90an! Sebut saja seperti kalung rantai dan sepatu boots bikernya yang selalu ia kenakan. Belum ditambah gaya rambut nyentrik oldskool dan tentunya rokok marlboro merah yang selalu menemaninya. Sangat nyentrik dan cool!

Miura-san ini tidak diragukan lagi adalah seorang chainsmoker alias perokok berat. Bisa kita lihat dari kebanyakan foto yang kita temukan pasti dia lagi merokok. Benar-benar gayanya semacam tokoh Onizuka di GTO! Karakternya yang cool ini juga semakin menambah pesonanya di dunia penggemar mobil, khususnya mobil Jepang.

Jangan salah, di balik karakter coolnya ia adalah orang yang ramah dan terbuka. Hal ini terlihat dari berbagai komentar positif para pengunjung workshopnya yang ingin melakukan liputan ataupun sekedar lihat-lihat. Kesuksesannya di dunia internasional tidak mengubah Kei Miura. Ia tetaplah seorang modifikator pecinta mobil yang low-profile dan welcome kepada setiap pengunjung workshopnya.

Faktor yang menjadi kunci kesuksesan Kei Miura tentu bukan gaya dan karakter saja.

Kejeniusannya dalam melakukan modifikasi body-kit adalah faktor paling penting dari kesuksesan karirnya. Ide desainnya yaitu aura modifikasi klasik jepang dengan sentuhan body-kit yang sangar menjadikannya sebagai salah satu pelopor gaya modifikasi overfender jepang. Body-kit Rocket Bunny buatannya untuk Toyota GT-86 menggebrak dunia otomotif dunia! Dari sinilah nama Rocket Bunny menjadi sebuah icon wide body-kit yang populer dengan taraf internasional.Mengenal Ken Miura, Sosok Jenius di Balik Rocket Bunny

Tapi, bukan hanya dari ide dan konsep saja, nama Kei Miura melesat juga dikarenakan teknik pembuatan body-kitnya yang tidak sembarangan.

Seluruh body-kitnya didesain dengan sistem CAD komputer yang canggih. Miura-san mengaplikasikan software 3D modelling yaitu Rhino 3D untuk pembuatan karya-karyanya. Bahkan ia juga menggunakan tekhnologi laser scan untuk mengidentifikasi model mobil yang akan ia garap. Tekhnologi yang layaknya seperti pabrik profesional! Sangat berbeda dengan bengkel body-kit lainnya yang menggunakan tanah liat. Sehingga, tidak diragukan lagi, bukan hanya keindahan dari desain saja tapi juga kualitas presisi setiap produknya sangat terjamin!

Tops Racing Art Kyoto

Workshop yang sudah seringkali menjadi tempat liputan berbagai media otomotif dunia ini terletak di daerah pesisi luar Kyoto. Tepatnya sekitar 3,5 Km dari Stasion Okobu. Meskipun popularitasnya yang melesat berkat Rocket Bunny, TRA Kyoto tidak banyak berubah dari awal didirikan.

Bahkan, workshop ini tidak memiliki plang nama!

Luar biasa. Bayangkan dengan begitu terkenalnya Rocket Bunny dan bisnis yang melesat sukses. Sepertinya Kei Miura adalah seorang yang tidak terlalu mempedulikan popularitas dan hanya fokus pada passion-nya, mobil.

Mengenal Ken Miura, Sosok Jenius di Balik Rocket Bunny

Dari luar tempat ini terlihat seperti bengkel biasa atau bahkan mungkin seperti gudang. Di luar menumpuk beberapa mobil retro, beberapa part mobil dan tumpukan sterofoam. Workshopnya pun berukuran kecil seperti ruangan atau tempat tinggal pribadi. Di dalamnya barang-barang vintage sebagai hiasan dan kenangan dari masa lalu Kei Miura. Ruangan di belakang merupakan tempat workshop yang sesungguhnya. Disinilah tersimpan peralatan-peralatan canggih selayaknya sebuah pabrik untuk memproduksi body-kit.

Mengenal Ken Miura, Sosok Jenius di Balik Rocket Bunny

TRA Kyoto bisa disebut sebagai modifikator gaya overfender Jepang yang paling populer di atas Liberty Walk dan RWB. Memang sayangnya, yang lebih terkenalnya adalah salah satu produknya yaitu Rocket Bunny.

Bahkan Liberty Walk pun juga merupakan client atau pelanggan dari Kei Miura. Beberapa part dari desain Liberty Walk didesain dan dibuat oleh TRA Kyoto. Misalnya seperti over-fender kit untuk Murcielago dan Aventador. ataupun part untuk body-kit M3.

Selain itu, ada 20 perusahaan lebih di Jepang yang juga menggunakan jasa TRA Kyoto sebagai modifikator professional.

Berbeda dengan Liberty Walk yang ranah mobil modifikasinya cenderung untuk mobil sport premium atau supercar, TRA kyoto mendesain produk untuk berbagai jenis mobil. Mulai dari mobil retro klasik, sport 90an sampai mobil terbaru. Inilah salah satu penyebab nama Rocket Bunny lebih banyak dijumpai dan dikenali.

Apa Saja Produk Dari TRA Kyoto?

Mengenal Ken Miura, Sosok Jenius di Balik Rocket Bunny

Selain Rocket Bunny yang mendunia, TRA Kyoto juga memiliki beberapa produk atau project lainnya. Pandem adalah salah satunya. Mungkin banyak yang bingung antara Rocket Bunny dan Pandem. Ada yang menyangka keduanya adalah sinonim atau ada juga yang menyangka Pandem adalah semacam divisi internasional dari Rocket Bunny.

Pandem adalah produk atau brand yang berbeda dari Rocket Bunny. Memang body-kit keduanya kebanyakan terlihat sama atau sedikit perbedaan. Sebut saja seperti R35 Pandem kit dengan R35 Rocket Bunny kit, perbedaan utamanya terlihat di frontsplitter. Namun di beberapa mobil lainnya, perbedaannya cukup terasa. Pandem kit agak sedikit lebih lebar lagi dibanding Rocket Bunny.

Sebagian orang ada yang meremehkan dengan berkata Kei Miura hanyalah menempelkan overfender ke berbagai jenis mobil. Tetapi beberapa produk lainnya membuktikan bahwa Rocket Bunny bukan hanya sekedar overfender dan ducktail. Lihat saja modifikasinya seperti Rocket Bunny V2 untuk Nissan S14. Mobil yang dinamakan “The Boss” ini berubah karakter menjadi gaya classic muscle dengan tentunya sentuhan Japan style.

Selain Rocket Bunny dan Pandem, TRA Kyoto juga memiliki produk lainnya seperti 6666 wheels X Enkei, Bunny Cafe, dan yang terbaru 6666 Customs (Four-Six Customs).

Sebelum kita akhiri, yuk cuci mata dulu melihat betapa indah sekaligus sangarnya Rocket Bunny di video di bawah ini. Gorgeous!

Demikian ulasan kali ini. Kei Miura tidak lagi merupakan salah seorang hero dalam dunia otomotif dunia. Ia memiliki peran aktif dan influence dalam culture mobil dunia sampai saat ini. Bukan hanya itu saja, modifikasi aura klasik Jepang yang ia bawa merupakan reminder bagi kita akan sebuah era keemasan dan era awal culture otomotif dilahirkan di Jepang.

Gimana, ada yang mau menambahkan atau berkomentar? Lebih seneng Liberty Walk atau Rocket Bunny?

Untuk ulasan dan bahasan menarik lainnya, ikuti juga Facebook Page kita ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *