Mengapa Mengemudi Mobil Malam Hari Sangat Menyenangkan?


Bagi sebagian orang, mengemudi mobil malam hari merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan. Ada sesuatu yang magical, sebuah perasaan yang mendalam saat mengemudi mobil malam hari.

Tentu malam yang kita maksud bukan malam yang masih padat dengan kendaraan.

Malam disini adalah waktu dini hari atau tepatnya jam 12 malam ke atas. Pada waktu ini jalan akan menjadi lenggang, suasana yang tenang dengan udara malam yang sejuk. Belum ditambah dengan panorama lampu-lampu jalanan yang indah serta alunan musik sebagai background perjalanan.

Tidak heran, banyak orang yang menganggap mengemudi mobil malam sebagai sebuah relaksasi, sebuah terapi, sebuah ritual pelarian (escape).

“Happiness is …driving alone at night.”

Di saat orang-orang mulai tertidur lelap, ada sebagian orang yang pergi menuju mobilnya, menyalakannya dan beranjak keluar menikmati indahnya late night driving.

Pada ulasan kali ini kita akan membicarakan alasan kenapa mengemudi mobil malam hari bisa begitu menyenangkan. Di atas sudah sedikit kita bahas sedikit tetapi yuk kita bahas lagi lebih mendetil.

Sebelum kita mulai, untuk gambaran mengemudi mobil malam kita tonton dulu video keren di bawah ini.

Bagaimana, sangat mempesona bukan?

Yuk, kita mulai ulasannya.

Suasana

Mengapa Mengemudi Mobil Malam Hari Sangat Menyenangkan

Bayangkan suasana jalanan perkotaan di siang hari. Jalan yang macet dipadati kendaraan, orang-orang yang berlalu lalang, motor-motor yang berseliweran, suara klakson, udara yang gerah panas.

Terasa sangat penat dan melelahkan bukan?

Suasana malam (dini) hari adalah kebalikan dari siang hari. Jalanan yang lenggang dengan lampu-lampu malam yang memikat. Tidak ada bunyi klakson dan kemacetan. Tidak ada keterburu-buruan. Suasana yang syahdu akan membuat kita melupakan sejenak segala urusan atau masalah dalam hidup kita.

Mau lebih syahdu lagi?

Pergilah sedikit keluar dari area luar perkotaan. Kita akan mendapati suasana yang lebih tenang lagi. Kesunyian akan lebih terasa. Kita bahkan bisa mendengar suara ban mobil kita melewati dedaunan atau aspal jalan.

Pemandangan dan Pengalaman yang Berbeda

Mengapa Mengemudi Mobil Malam Hari Sangat Menyenangkan

Meskipun kita sudah sering melewati sebuah jalan. Di malam hari, jalan tersebut akan terasa berbeda. Kita akan melihat versi lain dari jalanan perkotaan.

Tiang-tiang lampu jalan yang berderet sepanjang jalan, bulan yang bersinar menembus awan, serta lampu-lampu city light dari pemukiman. Seluruh dunia terbaring sunyi dan tak bisa berkata-kata. Kota itu jauh terlihat indah di malam hari.

Rasanya kita sedang berada dalam dimensi yang berbeda dibandingkan saat siang hari.

Malam hari terkadang akan mengejutkan kita dengan sesuatu yang unik dan berbeda. Kita bisa menemukan hal-hal yang baru yang tidak kita jumpai pada siang hari. Sebut saja seperti aktifitas pasar yang mulai hidup pada dini hari, pedagang kuliner yang hanya muncul pada malam hari atau bahkan sampai wanita-wanita malam hehe.

Sometimes, the best therapy is a long drive and music”

Suara dan Musik

Mengapa Mengemudi Mobil Malam Hari Sangat Menyenangkan

Perkotaan di malam hari memiliki suara yang mengesankan. The sound of the city pada malam hari memiliki karakter yang berbeda dan menenangkan. Suara hembusan angin malam ditambah sesekali suara kendaraan yang melintas memiliki soul yang berbeda dibandingkan suara perkotaan siang hari.

Ambience suara malam juga bisa sangat klop sebagai background untuk lagu-lagu favorit kita. Keduanya bisa dipadukan membentuk alunan nada yang indah.

Syaratnya, ya volume dan jenis musiknya jangan terlalu sangar. Nanti suara perkotaan malamnya tidak terdengar.

Pilihan genre atau jenis lagu untuk di dengar saat mengemudi mobil malam setiap orang berbeda-beda. Variasinya pun sangat beragam, jadi tidak terpatok pada satu jenis genre musik saja.

Untuk saya sendiri, saya menyukai musik late night drive di antaranya sebagai berikut. Silahkan klik link di setiap jenis musiknya untuk mendengarkan contohnya di Youtube.

Mengemudi mobil malam hari merupakan salah satu momen terbaik untuk mendengarkan lagu. Untuk list lagu lengkap mengemudi mobil malam, dapat kita lihat dalam artikel ulasan ini.

Udara

Mengapa Mengemudi Mobil Malam Hari Sangat Menyenangkan

Udara malam merupakan salah satu alasan mengapa mengemudi mobil malam begitu sangat menyenangkan. Pada malam hari udara terasa jauh lebih bersahabat dibandingkan pada siang hari. Hawa yang sejuk dan angin yang berhembus terasa segar dan melegakan.

Itulah kenapa istilah “cari angin” atau keluar rumah untuk jalan-jalan refreshing seringnya dilakukan pada malam hari.

Kayaknya jarang banget orang bilang cari angin disaat siang panas terik.

Pada mengemudi mobil malam hari sangat diajurkan untuk sesekali membuka jendela dan merasakan hembusan angin malam yang menyegarkan. Pemandangan sekitar pun lebih terlihat jelas untuk dinikmati. Jendela dibuka terus-terusan pun tidak apa, asal hati-hati saja masuk angin hehe.

Udara malam juga memiliki wangi yang berbeda. Apalagi selepas hujan. Udara terasa segar dan bebas dari bau knalpot terutama pada area pinggir perkotaan yang masih asri dan banyak pepohonan.

“Drive slow and enjoy the scenery – drive fast and join the scenery” – Douglas Horton

Mengemudi Kecepatan Tinggi alias Ngebut

Tips Mengendarai Mobil Dengan Kecepatan Tinggi

Sebelumnya kita pernah membahas beberapa ulasan mengenai ngebut. Nah ngebut di jalanan paling nyaman dan paling “aman” dilakukan saat malam hari.

Di saat memacu kendaraan kita akan merasakan thrill of speed, sensasi adrenaline yang meluap-luap. Belum lagi saat mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, kita dapat merasakan power dan performa sebenarnya dari mobil kita.

Namun, momen seperti itu agak susah untuk bisa kita rasakan. Mungkin bukan agak, tapi emang susah. Pasti sudah terlintas kenapa. Betul sekali, karena jalanan kita sudah sangat padat dan sering macet. Kalaupun ada yang lenggang, daerah pinggir kota atau pegunungan misalnya, jalannya kebanyakan sempit dan berlubang.

Mengemudi mobil malam hari selain sebagai moment refresh dan refleksi kejiwaan, juga bisa digunakan untuk momen memacu adrenaline. Ya sesekali saja tancap gasnya, sisanya kembali nikmati perjalanan malam yang mempesona.

Indahnya Menikmati Fajar

Mengapa Mengemudi Mobil Malam Hari Sangat Menyenangkan

Mengemudi malam hari yang dilakukan pada saat menjelang fajar yaitu pukul 3 atau 4 pagi akan membawa kita pada akhir petualangan dengan sangat indah.

Perjalanan malam akan diakhiri dengan indahnya fajar yang membuka awal hari yang baru.

Langit perlahan-lahan mengubah warnanya dari gelap ke warna biru. Tidak lama cahaya oranye muncul dan burung-burung bersorak untuk hari baru yang lebih indah. Menyaksikan matahari terbit di akhir perjalanan mengemudi mobil malam adalah pengalaman yang meremajakan!

Sebelum pulang, jangan lupa ngebubur dulu hehe.

Demikian ulasan kali ini. Gimana ada dari kalian yang juga menyukai mengemudi mobil malam hari? Tentunya masih ada alasan lainnya kenapa mengemudi mobil malam sangat menyenangkan.

Ada yang mau menambahkan atau berkomentar?

Untuk ulasan dan bahasan menarik lainnya, ikuti juga Facebook Page kita ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *