Daftar Mesin untuk Swap Engine di Mobil Nissan 1


Kita kembali kepada ulasan modifikasi swap engine. Kali ini kita akan membahas mengenai swap engine di mobil Nissan.

Saya tidak akan menjelaskan pengertian dan tujuan swap engine, karena sebelumnya sudah pernah kita bahas pada ulasan swap engine di mobil ToyotaUntuk pembahasan pada mobil Honda, silahkan dilihat di sini.

Nissan merupakan salah satu produsen mobil asal Jepang yang semenjak 2013 sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Renault. Meskipun namanya tidak seterkenal rekan senegaranya yaitu Toyota dan Honda dalam hal kehandalan mobilnya, Nissan memiliki beberapa nama mobil yang populer dalam dunia otomotif. Sebut saja Nissan Skyline, Nissan GTR, Nissan Silvia, dan Nissan Fairlady. Belum ditambah dengan mobil dari divisi mobil mereka lainnya seperti Infiniti dan Datsun.

Untuk mesinnya sendiri, Nissan memiliki sistem penamaan yang mudah dan ringkas. Bagian huruf-huruf pertama menandakan keluarga mesin yang kemudian disambung  dengan besar kapasitas mesin. Huruf pada bagian akhir menandakan fitur-fitur dari mesin tersebut. Misalnya mesin RB20DET berarti keluarga mesin RB dengan kapasitas mesin 2000cc yang dilengkapi fitur DOHC (D), Electronic Port Fuel Injection (E), dan Turbocharger (T).

Mobil Nissan yang akan dibahas disini tentunya akan kita batasi dengan mobil-mobil Nissan yang beredar di Indonesia. Selain itu batasannya kita persempit lagi yaitu khusus membahas mobil-mobil yang sudah berumur karena rasanya jarang sekali orang akan melakukan swap engine di mobil keluaran terbaru hehe.

Swap engine di ulasan ini tidak termasuk swap engine lintas merk dengan pertimbangan kebanyakan orang ingin mobil mereka tetap memiliki ‘DNA’ yang sama. Daftar ini saya susun dari penelusuran dunia maya haha, yaitu artikel-artikel, forum-forum komunitas mobil dalam dan luar negeri, Youtube dan lainnya.

Untuk informasi lanjutan mengenai detil proses swap engine, budget yang dibutuhkan dan detil lainnya, silahkan googling saja. Atau praktisnya silahkan konsultasi dengan bengkel swap engine terdekat. Untuk panduan membeli mesin untuk keperluan swap engine bisa dilihat di sini.

Daftar Mobil Nissan untuk Swap Engine

Nissan Sunny/ Sentra (B13)

Swap Engine NissanBerbeda dengan pendahulunya B12 yang boxy, desain B13 ini sudah tidak terlalu ngotak sehingga lumayan enak dipandang. Di Indonesia mobil ini sempat dijadikan sebagai armada taksi sehingga bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah. Perbedaan Sunny B13 dan Sentra B13 adalah seperti Toyota Limo dan Vios. Sentra Genesis merupakan versi non-taksi yang dari bawaan pabriknya sudah dilengkapi power window, power steering, interior eksklusif, dan lainnya.

Untuk modifikasi swap engine, B13 bisa menggunakan dua keluarga mesin yaitu CA dan SR. Opsi mesinnya adalah CA18DET dan SR20DET. Mesin CA memiliki engine mounting yang sama dengan mesin GA bawaan B13. Swap ke mesin SR bisa dilakukan karena B13 memiliki varian dengan mesin SR. Pemasangan mesin CA mudah dilakukan karena bolt-in swap alias plek pasang, sedangkan untuk mesin SR dibutuhkan modifikasi dudukan terlebih dahulu.

Mesin CA18DET sulit ditemukan kecuali kita memang sengaja memesan melalui importir umum. Berbeda dengan mesin SR yang cukup sering dijumpai. Meskipun demikian, mesin SR20DET tersebut kebanyakan adalah mesin dengan layout RWD. Sedangkan untuk layout FWD atau AWD agak sulit juga ditemukan. Terkecuali bila kita sanggup merombak layout B13 menjadi AWD.

Beberapa pengguna B13 juga ada yang membenamkan mesin SR20VE/VET. Mesin ini memiliki fitur Neo VVL (Variable Valve Lift), ya semacam VTEC di Honda atau VVTL-i di Toyota.

Pilihan mesin:

  • CA18DET (Bolt-in swap)
  • SR20DE
  • SR20DET
  • SR20VE
  • SR20VET

Nissan Sunny/ Sentra (B14)

Swap Engine NissanB14 yang diproduksi dari tahun 1993 dampai 1998 ini sudah memiliki badan yang lebih modern dan eksklusif dibandingkan kedua kakaknya. Untuk modifikasi mesinnya masih sama dengan pendahulunya B13. Mobil ini bisa menggunakan pilihan keluarga mesin CA dan SR.

Swap ke SR20VE/VET pada B14 lebih mudah dibanding pada B13. Proses step by step nya sudah banyak dijumpai di forum-forum komunitas Nissan di luar negeri seperti sr20forum.

Pilihan mesin:

  • CA18DET (Bolt-in swap)
  • SR20DE
  • SR20DET
  • SR20VE
  • SR20VET

Nissan Cefiro A31

Swap Engine NissanSedan yang termasuk ke dalam kelas luxury ini menjadi salah satu mobil favorit saya untuk engine swap mobil Nissan. Selain dilengkapi fitur-fitur eksklusif semisal headlamp projector, mobil ini juga memiliki desain eksterior yang elegan dan cukup sporty.

Faktor utama mengapa Cefiro ini menjadi pilihan yang baik untuk modifikasi swap engine adalah hubungannya dengan mobil Nissan legendaris, Skyline. Hal inilah yang membuat mobil ini memiliki opsi penggantian mesin yang beragam dan powerful. Selain itu beberapa bagian mobil lainnya semisal sektor kaki-kaki bisa menggunakan part dari seri mobil sport coupe, Nissan Silvia.

Mobil dengan layout RWD ini menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para pembalap pemula maupun profesional terutama dalam balap drifting. Tidak heran Cefiro menjadi salah satu mobil drift dengan budget murah yang seringkali menjadi buruan para drifter.

Mesin yang dapat digunakan pada Cefiro adalah keluarga RB series dari Skyline seperti RB20DET, RB25DET, dan RB26DETT. Karena masih dalam keluarga yang sama proses pemasangannya termasuk relatif mudah. Untuk Lintas DNA pun sudah banyak ditemui Cefiro dengan mesin legendaris Toyota seperti 1JZ, 2JZ, dan V8 1UZFE. Meskipun demikian tentu membutuhkan waktu, biaya serta pengalaman ekstra.

Untuk kalian yang menginginkan mesin yang lebih ringan namun performanya tetap galak, bisa juga membenamkan mesin ‘kecil’ tapi pedes yaitu SR20DET.

Pilihan mesin:

  • RB20DET (Bolt-in swap)
  • RB25DET (Bolt-in swap)
  • RB26DETT (Bolt-in swap)
  • SR20DET

Nissan Terrano

Swap Engine NissanMobil SUV yang kental dengan nuansa offroad ini seringkali diganti mesinnya untuk mendapatkan power yang lebih besar lagi. Salah satu varian dari Terrano memiliki mesin dari keluarga mesin VG. Oleh karena itu penggantian mesin seringkali dilakukan dengan membenamkan mesin powerful dari keluarga VG seperti VG30DETT dari Nissan Fairlady Z/ 300ZX.

Swap engine pada Terrano umumnya dengan menganti mesin ke mesin berkapasitas besar. Meskipun demikian, ada juga beberapa penggunanya yang berhasil membenamkan mesin legendaris Nissan yang kecil tapi menggigit yaitu SR20DET pada mobilnya.

Pilihan mesin:

  • VG30DE (Bolt-in swap)
  • VG30DET (Bolt-in swap)
  • VG30DETT (Bolt-in swap)
  • SR20DET

Nissan Cedric/ Gloria

Swap Engine NissanMobil sedan yang cukup unik karena bermesin diesel ini memiliki tampilan yang elegan. Kelebihan yang paling terasa adalah kenyamanannya yang menyamai Toyota Crown. Dulunya memang mobil ini sempat dijadikan mobil negara untuk mengatar tamu KTT. Selepas masa baktinya, Bluebird kemudian membeli mobil ini untuk dijadikan armada taksi ekslusif di bagian Silverbird. Oleh karena itu rasanya sangat pas untuk Cedric ini apabila dimodifikasi dengan aliran VIP JDM. Layout RWDnya pun cocok untuk dijadikan mobil drift meski terkendala di bobotnya yang besar.

Membahas swap engine pada mobil ini memang agak sulit karena informasi yang terbatas dalam forum-forum maupun artikel otomotif dunia. Namun apabila dilihat dari keluarga mesinnya, mobil ini besar kemungkinan bisa di swap ke keluarga mesin VG.

Pilihan mesin:

  • VG20DET
  • VG30DET

Daftar Mesin untuk Swap Engine di Mobil Nissan

CA18DET

Swap Engine Nissan

Produksi                           : 1985 – 1994
Kapasitas                         : 1.8 L
Tipe                                   : DOHC I4 Turbocharger
Power                               : 170 hp
Torque                              : 166 lbft
Redline                             : 8000 rpm
Stroke                               : 83,6 mm
Bore                                  : 83 mm
Compression ratio         : 8.5:1
Berat                                : 128 Kg
Potensi Mesin                : 300-400 hp
Asal mesin                      : Nissan Silvia, Nissan Bluebird, Nissan Auster
Swap Engine ke              : Nissan Sunny/ Sentra B13, Nissan Sunny/ Sentra B14

SR20DET

Swap Engine Nissan

Produksi                          : 1989 – 2002
Kapasitas                        : 2.0 L
Tipe                                  : DOHC I4 Turbocharger
Power                              : 201 – 250 hp @ 6000 – 6400 rpm
Torque                             : 196 – 220 lbft @ 4000 – 4800 rpm
Redline                            : 7400 rpm
Stroke                              : 86 mm
Bore                                 : 86 mm
Compression ratio        : 8.3:1 – 8.5:1
Berat                               : 149 Kg
Potensi Mesin               : 400+ hp
Asal mesin                    : Nissan Silvia, Nissan Bluebird, Nissan Avenir, Nissan Liberty, Nissan Pulsar
Swap Engine ke            : Nissan Sunny/ Sentra B13, Nissan Sunny/ Sentra B14, Nissan Cefiro, Nissan Terrano

RB20DET

Swap Engine Nissan

Produksi                          : 1984 – 2002
Kapasitas                        : 2.0 L
Tipe                                  : DOHC I6 Turbocharger
Power                              : 215 hp @ 6400 rpm
Torque                             : 195 lbft @ 3200 rpm
Redline                            : 7600 rpm
Stroke                              : 69,7 mm
Bore                                 : 78 mm
Compression ratio        : 8.5:1
Berat                               : 230 Kg
Potensi Mesin               : 400+ hp
Asal mesin                    : Nissan Skyline R32, Nissan Cefiro, Nissan Laurels
Swap Engine ke            : Nissan Cefiro

RB25DET

Swap Engine Nissan

Produksi                          : 1991 – 2001
Kapasitas                        : 2.5 L
Tipe                                  : DOHC I6 Turbocharger
Power                              : 250-280 hp @ 6400 rpm
Torque                             : 268 lbft @ 3200 rpm
Redline                            : 7200 – 7600 rpm
Stroke                              : 71,7 mm
Bore                                 : 86 mm
Compression ratio        : 8.5:1 – 9.0:1
Berat                               : 245 Kg
Potensi Mesin               : 400+ hp
Asal mesin                    : Nissan Skyline R33, Nissan Skyline R34, Nissan Stagea
Swap Engine ke            : Nissan Cefiro

RB26DETT

Swap Engine Nissan

Produksi                          : 1989 – 2002
Kapasitas                        : 2.6 L
Tipe                                  : DOHC I6 Twin Turbocharger
Power                              : 280 hp @ 6800 rpm
Torque                             : 289 lbft @ 4400 rpm
Redline                            : 7500 – 8000 rpm
Stroke                              : 73,7 mm
Bore                                 : 86 mm
Compression ratio        : 8.5:1
Berat                               : 273 Kg
Potensi Mesin               : 1000+ hp
Asal mesin                    : Nissan Skyline GT-R
Swap Engine ke            : Nissan Cefiro

VG20DET

Swap Engine Nissan

Produksi                          : 1987 – 1999
Kapasitas                        : 2.0 L
Tipe                                  : DOHC I6 Turbocharger
Power                              : 210 hp
Variable Timing             : NVTCS (Nissan’s Valve Timing Control System)
Stroke                              : 69,7 mm
Bore                                 : 78 mm
Asal mesin                    : Nissan Cedric, Nissan Gloria. Nissan Leopard
Swap Engine ke            : Nissan Cedric/ Gloria

VG30DETT

Swap Engine Nissan

Produksi                          : 1989 – 1999
Kapasitas                        : 3.0 L
Tipe                                  : DOHC I6 Twin Turbocharger
Power                              : 280 – 300 hp
Torque                             : 283 lbft
Redline                            : 6800 – 7000 rpm
Stroke                              : 83 mm
Bore                                 : 87 mm
Compression ratio        : 8.5:1
Berat                               : 275 Kg
Potensi Mesin               : 500 hp
Asal mesin                    : Nissan Fairlady Z, Nissan 300ZX
Swap Engine ke            : Nissan Cedric/ Gloria, Nissan Terrano

Sebagai penutup, berikut ini adalah beberapa video mobil Nissan yang disebutkan sebelumnya yang telah diganti mesinnya.


Demikian ulasan kali ini. Ada yang mau menambahkan atau berkomentar?


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Daftar Mesin untuk Swap Engine di Mobil Nissan