Daftar Servis Lengkap Setelah Membeli Mobil Bekas 1


Membeli mobil bekas memang membutuhkan pengetahuan serta kejelian dan kesabaran karena yang namanya mobil bekas tentu kondisinya dibawah mobil baru.

Riwayat/ histori pemakaian dan servis dari mobil bekas seringkali menjadi suatu hal yang penuh tanda tanya. Apakah pengguna sebelumnya adalah orang yang apik dan menjaga jadwal servis mobilnya. Atau pengguna sebelumnya termasuk orang yang “seadanya” dalam merawat mobil, dalam arti lain meminimalisir budget perawatan dan penggantian sparepart sekecil mungkin.

Apabila kita membeli mobil bekas dari dealer, terkadang beberapa bagian sparepart ataupun servis kecil telah dilakukan (rekondisi) sehingga mobil kembali gres, segar kembali. Tetapi terkadang beberapa dealer lainnya hanya melakukan pencucian eksterior dan mesin (salon) sehingga mobil nampak gres hanya dari luar saja.

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas mengenai daftar servis yang penting untuk dilakukan setelah membeli mobil bekas. Dengan melakukan servis ini, meskipun kita tidak mengetahui histori servis pengguna mobil sebelumnya, kita dapat memastikan performa mobil bekas agar tetap optimal. Selain itu servis ini merupakan faktor penting untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan dalam penggunaan mobil yang notabene bekas pakai orang.

Dengan segera melakukan servis setelah membeli mobil bekas, kita juga dapat menentukan titik awal (zero start) untuk jadwal servis selanjutnya tanpa kembali menduga-duga kapan kita harus servis atau mengganti sparepart.

Ulasan ini akan kita bagi/ urutkan menjadi beberapa bagian berdasarkan prioritas karena tentunya servis membutuhkan budget dan waktu. Kecuali apabila budget dan waktunya tidak terbatas ya silahkan untuk melakukan seluruh servis nya sekaligus haha.

Bagian Pertama

servis mobil bekasGanti Oli dan Filter Oli
Oli sangat vital bagi kondisi dan performa mesin. Kita bisa mencek kondisi oli mobil melalui stik pengecek oli (dipstick). Lakukan pada saat mobil kondisi dingin. Meski hasil pengecekan terlihat baik, kita tidak tahu oli tersebut sudah dalam pemakaian berapa kilometer. Akan lebih bijaksana apabila kita tetap mengganti oli mobil bekas sesegera mungkin. Kecuali hasil pengecekan menunjukkan oli berwarna kuning emas alias oli baru hehe. Jangan lupa sekalian ganti juga filter olinya.

Cuci Radiator dan Ganti Coolant
Mesin yang kepanasan (overheat) dapat merusak komponen-komponen mesin. Hal itulah yang membuat coolant berperan penting bagi kondisi mesin. Cuci radiatornya baik menggunakan cairan flush radiator atau cuci radiator ke tukang service radiator. Setelahnya isi ulang radiator dengan coolant baru yang akan membuat mesin mobil kita ‘sejuk’ kembali.

Kuras dan Isi Ulang Perminyakan
Meskipun kita cek minyak (oli) pelumas masih ada, alangkah lebih baiknya kita kuras dan ganti minyak yang baru. Hal ini dikarenakan kita tidak mengetahui histori penggantian sebelumnya. Kuras dan ganti seluruh perminyakan di mobil baik itu minyak rem, power steering, persneling, transmisi/ gardan.

Ganti Filter Udara
Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk kedalam ruang pembakaran mesin. Udara yang bersih tentu sangat baik bagi performa dan kondisi mobil. Penggantian filter udara sangat simpel dan ekonomis jadi jangan ragu untuk segera melakukannya.

Ganti Busi
Sama dengan filter udara, mengganti busi merupakan salah satu servis kecil namun vital bagi mesin. Biayanya pun cukup terjangkau. Gunakan busi sesuai standar pabrikan, karena busi performa tinggi (busi racing) berharga mahal tidak akan menambah performa mobil kita. Kecuali bila mobil bekas yang kita beli memang mobil balap bermesin sangar hehe.

Tuneup
Tuneup mobil meliputi pengecekan, pembersihan, dan atau penggantian beberapa komponen yang telah disebutkan diatas seperti filter udara dan busi. Selain itu tuneup juga melakukan beberapa penyetelan ulang mesin seperti penyetelan celah katup, PCV, pengapian, idel serta pembersihan sensor-sensor mobil.

Periksa dan Bersihkan Aki
Cek aki dari korosi dan tanda-tanda kerusakan kainnya. Bersihkan dengan baking soda atau cairan pembersih khusus dan sikat gigi bekas. Bersihkan juga kepala aki atau ganti yang baru bila kondisinya nampak tidak bagus.

Periksa Filter Kabin/ AC
Filter kabin atau filter AC biasanya terletak dibalik laci pada dashboard. Cek filter ini dan ganti apabila diperlukan. Filter kabin berfungsi untuk menyaring udara sehingga apabila sudah kotor dapat berpengaruh buruk pada kondisi serta performa komponen AC mobil.

Ganti Karet Wiper
Cukup simpel dan harganya pun terjangkau. Karet wiper yang sudah lama tidak diganti dapat membuat kaca mobil kita tergores sedikit demi sedikit lama-lama jadi kucel hehe.

Cek Kondisi Ban
Ban merupakan salah satu komponen mobil yang sangat vital. Tenaga mesin mobil pada akhirnya akan disalurkan menuju ban sehingga kondisi ban sangat mempengaruhi performa mobil. Cek kondisi ban mobil dan lakukan penggantian bila ban sudah mencapai umur pemakaian.

Spooring dan Balancing
Mobil bekas tentunya sudah digunakan dalam jangka waktu yang membuat komponen roda harus di stel ulang. Spooring dan Balancing singkatnya adalah menyetel/ mengatur kembali roda dan kaki-kaki sehingga menjadi seimbang dan lurus.

Demikian daftar bagian pertama untuk servis awal mobil bekas. Dengan melakukan seluruh servis diatas, mobil bekas yang kita beli akan menjadi cukup segar untuk digunakan beraktifitas sehari-hari. Untuk budget, keseluruhan servis diatas tidak terlalu memakan biaya, ya cukup terjangkau lah. Mungkin bagian yang agak mahalnya yaitu bila kita harus melakukan penggantian ban.

Bagian selanjutnya merupakan kelanjutan dari bagian pertama yang merupakan servis lebih dalam lagi. Tentunya juga membutuhkan biaya yang sedikit lebih besar. Bagian kedua ini memiliki prioritas lebih rendah dibanding bagian pertama. Meskipun demikian servis ini tetap sangat dianjurkan terutama pada mobil bekas yang sudah berumur atau memiliki catatan kilometer yang tinggi.

Bagian Kedua

servis mobil bekasGanti Brake Pad/ Shoe
Rem tentunya bagian vital bukan hanya pada mobil, tapi bahkan untuk semua jenis kendaraan. Seiring waktu pemakaian tentu membuat rem mobil berkurang performanya. Setelah membeli mobil bekas, baiknya kita mengecek komponen pengereman seperti brake pad/ shoe dan menggantinya apabila diperlukan.

Ganti Timing Belt
Komponen mesin ini memiliki jangka waktu penggantian yang cukup lama yaitu bervariasi antara 60.000 sampai 100.000 Km. Namun hal tersebut menjadikan komponen ini memiliki kemungkinan belum pernah diganti pada mobil bekas. Pengecekan dilakukan dengan memperhatikan kondisi serta mendengarkan suara timing belt. Perhatikan juga odometer mobil bekas yang kita beli. Apabila anda tetap ragu ya lebih bijak untuk mengganti komponen mobil ini. Biasanya penggantian timing belt juga sepaket dengan penggantian tensioner. Kerusakan timing belt apalagi sampai terputus ketika mobil berjalan dapat berakibat kerusakan fatal pada mesin mobil.

Cuci dan Kalibrasi Injector
Injector merupakan komponen penyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran. Seiring waktu komponen ini seringkali berkurang performanya karena kerak atau kotoran pada nosel injector. Pada kondisi tersebut diperlukan pencucian dan kalibrasi ulang injector sehingga komponen tersebut dapat kembali bekerja optimal.

Ganti Filter Bensin
Mengganti filter bensin sangat disarankan dilakukan sepaket dengan cuci serta kalibrasi injector. Karena setelah injector bersih dari kotoran dan kerak, kita harus memastikan bahan bakar yang disuplai adalah bahan bakar yang telah disaring dengan baik.

Carbon Clean
Pada mobil bekas, seiring pemakaian akan muncul tumpukan karbon di ruang pembakaran mesin. Tumpukan karbon ini mengakibatkan mobil menjadi loyo dan atau boros. Carbon clean adalah menghilangkan tumpukan karbon dengan menggunakan cairan kimia khusus. Cairan ini akan mengencerkan kerak-kerak karbon yang kemudian akan disedot keluar sehingga ruang pembakaran bersih kembali. Dengan carbon clean mesin terasa seperti baru kembali, tarikan enteng dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih optimal.

Dengan melakukan keseluruhan servis diatas, baik itu servis bagian pertama, apalagi bila ditambah dengan bagian kedua akan membuat mobil bekas yang kita beli menjadi segar kembali dan siap digunakan untuk beraktifitas sehari-hari. Untuk beberapa bagian servis dapat dilakukan sendiri seperti mengganti filter udara, membersihkan aki atau mengganti karet wiper. Sisanya lebih baik dilakukan oleh pakarnya alias mekanik bengkel kecuali kalo kita mau sekalian belajar dan memiliki alat-alat (tools) yang cukup lengkap.

Ada yang ingin menambahkan atau berkomentar?


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Daftar Servis Lengkap Setelah Membeli Mobil Bekas