Video Mobil #3: Belajar Membuat Video Mobil


Dalam segmen Video Mobil kali ini, kita akan mengulas mengenai membuat video mobil.

Sebagai pecinta mobil tentunya menonton video mobil merupakan aktifitas yang tidak lepas dari keseharian kita. Entah itu di YouTube, Facebook, maupun Instagram, akun jejaring sosial para pecinta mobil biasanya penuh dengan media-media yang menampilkan tayangan video mobil.

Dibalik ratusan atau bahkan mungkin ribuan video-video mobil yang disajikan dengan menarik itu terdapat kerja keras dan skill videography yang besar. Entah apa nama atau istilah khususnya tapi saya lebih senang menyebut video seperti itu dengan video film. Karena video tersebut dikemas sebagaimana layaknya sebuah film. Jadi bukan asal video begitu saja hehe.

Membuat sebuah video film mengenai mobil yang menarik memang ternyata tidak sesimpel yang kita bayangkan. Dibutuhkan pengetahuan video seperti komposisi, pencahayaan, angle, dll; teknik pengambilan video, teknik editing, dan tentunya peralatan yang memang tidak murah.

Tetapi jangan khawatir, disini kita akan mengulas sebuah video mengenai cara membuat video mobil dengan profesional.

Video ini merupakan salah satu video favorit saya. Karena selain membahas mengenai cara dan tips-tips membuat video mobil, kita juga bisa mengintip bagaimana kekompakan para car enthusiast dalam car culture di luar sana.

Video Mobil #3: How to FILM CARS like a PRO!! //008

Membuat video mobil

Video yang dibuat oleh Zwingfilms ini merupakan video dokumenter yang menceritakan bagaimana cara membuat video mobil dengan profesional. Di dalamnya terdapat tips-tips dari para pembuat video mobil populer di YouTube seperti diantaranya Krispy Media, Mike Koziel, dan HALCYON. Video dengan durasi sekitar 20 menit ini juga memuat kilasan perjalanan para videographer tadi dalam event car meet berjudul European Experience.

Sedikit rangkuman untuk tips yang disajikan adalah sebagai berikut.

  1. Ketika menggunakan stabilizer seperti gimbal, kebanyakan orang lebih menggunakannya untuk pengambilan video side to side. Padahal kita juga bisa menggunakan gimbal untuk gerakan up and down. (Mike Koziel)
  2. Tanpa menggunakan perlengkapan seperti gimbal, glidecam atau slider pun kita masih bisa mendapatkan video yang bagus. Asalkan kita tahu apa yang ingin kita videokan, memotong (cut) video dengan baik, dan menambahkan musik yang pas. Selain itu kita juga bisa mengambil video hanya dengan camera dan tangan (handheld shot). Tips utamanya adalah semakin besar titik kontak tangan dengan kamera maka semakin stabil pengambilan gambar. Jadi, gunakan kedua tangan pada kamera dan dekatkan kamera tersebut pada mata kita. (Mike Koziel)
  3. Tips mengontrol glidecam dan menggunakan skateboard untuk pengambilan video. (Zach Wingfield/ Zwingfilms)
  4. Gunakan external microphone untuk mendapatkan kualitas suara exhaust yang lebih baik. Tempelkan (mount) ext mic tersebut pada mobil dan sync hasil audionya dengan video. (Anthony Purcell/ HALYCON)
  5. Lokasi pengambilan video adalah salah satu faktor penting yang menentukan kualitas video mobil. Jadi luangkan waktu untuk benar-benar mencari lokasi yang tepat dan sesuai dengan konsep video mobil yang akan kita buat. Kita juga bisa menggunakan Google Street View untuk mengecek terlebih dahulu tempat-tempat tersebut. (Chris Petruccio/ Krispy Media)
  6. Engage your audience with balance. Campurkan konten video mobil kita dengan variasi-variasi konten video lainnya yang membuat video kita menjadi semakin menarik. Jadi bukan hanya mobil, tetapi kita juga bisa menyelipkan hal-hal lain seperti manusia, alam, dan lainnya. (Sebastian Rodriguez)

Gimana, menarik bukan?

Kita mulai saja videonya. Selamat menonton, jangan lupa seduh dulu kopinya hehe.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *