Modifikasi Mobil? 4 Alasan Orang Memodifikasi Mobilnya

Modifikasi Mobil? 4 Alasan Orang Memodifikasi Mobilnya

Modifikasi mobil merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah mobil. Bahkan, orang memodifikasi mobil sejak dahulu setelah mobil pertama kali diciptakan/ diproduksi masal. Sampai saat ini dan sampai kedepannya modifikasi mobil terus dilakukan. Coba perhatikan di jalan, tidak terlalu sulit sampai kita melihat mobil yang sudah mengganti satu atau lebih partnya dengan part aftermarket.

Well, umumnya memang berupa velg dan knalpot hehe.

Bentuk modifikasinya pun bermacam-macam. Mulai dari hal yang simpel seperti menempelkan sticker atau mengganti velg, sampai yang rumit seperti mengganti mesin. Mulai dari yang biayanya ratusan ribu sampai yang mengeluarkan puluhan atau bahkan ratusan juta. Biayanya bisa sama seperti membeli sebuah mobil lainnya!

Lalu, mengapa orang melakukan modifikasi mobil?

Tentunya hal ini merupakan sesuatu yang sulit dimengerti oleh non car guy. Bagi mereka mobil hanya sekedar alat transportasi. Alat untuk berpindah dari point A ke point B.

Memang, motivasi utama modifikasi umumnya adalah kecintaan pada mobil, kegemaran mengemudi bersama mobil kesayangan. Tapi tentunya ada alasan-alasan spesifik lainnya untuk kenapa melakukan modifikasi mobil.

Dalam ulasan ini, kita akan membahas alasan modifikasi mobil tersebut. Berhubung ini opini pribadi, jadi silahkan ditambahkan saja bila ada yang kurang hehe.

Kita mulai saja.

Meningkatkan Performa

Modifikasi Mobil? 4 Alasan Orang Memodifikasi Mobilnya

Manusia memang diciptakan dengan insting untuk membangun. Naluri untuk meng-improve sesuatu untuk lebih baik. Ya itulah alasan kenapa ada tekhnologi dan peradaban.

Nah,  pada mobil pun sama. Apalagi, bila objeknya adalah sesuatu yang kita sukai.

Bagi sebagian enthusiast, alasan modifikasi mobil adalah untuk meningkatkan performa. Mereka ingin mobil mereka untuk lebih lagi. Lebih cepat, lebih stabil, lebih efektif, lebih ringan, lebih aerodinamis, lebih grip ke jalan, dan lainnya.

“Buat apa modifikasi ini itu? Mobil itu dibuat oleh para professor/ sarjana, eh malah dirubah-rubah”.

Di telinga para enthusiast penggemar performa, alias tuner, statement ini merupakan pernyataan yang konyol.

Produsen membuat mobil dengan banyak pertimbangan. Sekali lagi. Banyak sekali. Cost, emisi, ketahanan sparepart (untuk garansi awal), keamanan, konsumsi bahan bakar, dan regulasi pemerintah lainnya. Kesemua faktor tersebut membatasi mobil untuk memiliki performa terbaiknya.

Bahkan mobil-mobil sport yang memang didesain untuk performa pun sering terbatasi oleh faktor-faktor seperti emisi, cost, keamanan, dan regulasi pemerintah lainnya.

Inilah kenapa orang melakukan modifikasi mobil. Mereka merendahkan ground clearance untuk meningkatkan stability dan aerodinamis. Mengganti intake dengan cold air intake untuk pasokan oksigen yang lebih banyak. Mengganti exhaust system untuk gas buangan yang lebih lancar. Mengganti ban dengan grip yang lebih mencengkram ke jalan, dan lain sebagainya.

Tampil Beda

Modifikasi Mobil? 4 Alasan Orang Memodifikasi Mobilnya

Sepertinya ini alasan paling umum mengapa orang melakukan modifikasi mobil.

Orang memang sangat lazim untuk ingin diperhatikan. Keinginan untuk tampil berbeda dan mengekspresikan gayanya tersendiri. Inilah kenapa sektor eksterior seringkali menjadi fokus utama orang dalam melakukan perubahan pada mobilnya. Mobil yang stock alias standar dianggap memiliki tampilan yang pasaran dan membosankan.

Yang paling sering kita jumpai adalah mengganti velg dengan velg aftermarket yang lebih manis di pandang. Beberapa lainnya juga memasang rear wings ataupun menghias mobilnya dengan stiker.

Pada tingkatan yang lebih kecanduan hehe, modifikasi mobil bisa semakin mendalam.

Hal tersebut diantaranya penggunaan bodykit, pengaturan camber sekaligus fitting proper wheels yang lebar, penggunaan part aero seperti canard, diffuser atau wings, dan lainnya. Modifikasi seperti ini bukan hanya sekedar untuk terlihat stand out. Efek aero akan berpengaruh pada kestabilan mobil terutama pada handling di kecepatan tinggi.

Ya meskipun ada juga memang yang modifikasi mobil ingin tampil beda dan memang berhasil mobilnya menjadi berbeda.

Hanya saja terlihat norak hehe.

Inilah yang biasa enthusiast sebut dengan ricer.

Kebutuhan

Modifikasi Mobil? 4 Alasan Orang Memodifikasi Mobilnya

Seperti disebutkan sebelumnya, produsen itu membuat mobil dengan banyak pertimbangan. Selain itu, produsen pun membuat mobil secara umum yang sangat dipengaruhi oleh faktor cost produksi. Hal ini terutama pada mobil-mobil harian produksi masal. Sedangkan, user alias konsumen memiliki karakteristik dan kebutuhan yang sangat beragam.

Alhasil, terkadang ada beberapa kebutuhan spesifik yang tidak terakomodasi.

Hal inilah yang membuat orang melakukan modifikasi mobil. Penyesuaian mobil untuk kebutuhan penggunaan atau karakter pemiliknya.

Misal seperti ini, seorang yang tinggal atau baru pindah ke daerah yang kondisi jalannya memang tidak kondusif. Akhirnya ia memutuskan untuk menambah ground clearance dan mengganti ban offroad ala mobil 4WD agar lebih optimal berkendara.

Contoh lainnya, mobil yang digunakan untuk bisnis travel/ taksi online di modifikasi untuk lebih irit bensin. Yang paling efektif diantaranya adalah dengan melakukan tuning/ remap ECU.

Tidak nyaman dengan kestabilan dan handling mobil pada saat mobil melaju cepat di jalan tol? Kita bisa merendahkan mobil kita, mengganti velg yang lebih lebar, dan memasang stabilizer/anti rol bar.

Hobi

Modifikasi Mobil? 4 Alasan Orang Memodifikasi Mobilnya

Sebagian enthusiast memodifikasi mobilnya karena ya memang hobi mobil.

“Boys never grow up. Their toys just get bigger and expensive.”

Bukan hanya menyukai mobil, tapi mobil merupakan big toy bagi mereka. Mainan selayaknya anak kecil yang gemar dengan mobil-mobilan. Mereka melakukan modifikasi mobil karena itulah kegemaran mereka. Passion mereka. Escape mereka.

Sebagaimana hobi lainnya. Hobi mobil menjadi hiburan bagi mereka. Waktu relaksasi melupakan penatnya runitas hidup.

Kesukaan ini memang berbeda-beda. Ada yang hobi modifikasi pada performa, ada yang fokus pada modifikasi tampilan, ada yang senang dengan audio dan interior, dan lainnya.

Pada tingkatan alasan modifikasi karena hobi ini memang seringkali berujung pada obsesi. Ya kembali, namanya juga hobi.

Modifikasi akan terus dilakukan seperti petualangan yang tidak pernah ada ujungnya hehe. Sebuah “project car” serasa tidak pernah beres, alias terus dimodifikasi, terus tidak puas tidak peduli meskipun bagi orang lain bisa jadi mobil itu sudah selesai/ sempurna.

Tidak cukup satu mobil, tidak jarang enthusiast tergoda dan membeli mobil lainnya untuk bahan modifikasi. Tentunya untuk konsep modifikasi yang berbeda.

Pada tingkatan ini. orang melakukan modifikasi bukan hanya sekedar meningkatkan performa, ingin tampil beda, ataupun menyesuaikan kebutuhan. Mereka melakukan modifikasi mobil bukan hanya sekedar agar bisa melaju kencang atau tampil keren. Sebagai hobi, modifikasi merupakan sebagai pemuas kecintaannya pada mobil.

Demikian ulasan kali ini. Kembali ini merupakan opini pribadi jadi bisa saja ada yang berbeda atau alasan modifikasi mobil lainnya.

Yang mana nih di atas yang menjadi alasan modifikasi mobil kalian?

Ada tambahan atau komentar?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *