Apa Kondisi Mengemudi Favorit Kalian?


Sebagai seorang car enthusiast tentunya kita bukan hanya menyukai mobil tapi juga menyukai mengemudi. Rasanya ini sepaket. Suka mobil pasti juga suka mengemudi bersama mobil kesayangannya. Suka mengemudi, pasti juga suka dengan yang namanya mobil.

Meskipun kita sudah maklum. Yang namanya mengemudi di Indonesia, terutama di kota-kota besar, seringkali tidak senyaman yang dibayangkan.

Pasti kita pernah merasakan mood untuk mengemudi muncul. Entah itu setelah melihat video mobil di Youtube, selepas mendengar musik yang “mengajak” untuk jalan-jalan, atau keinginan untuk menghirup udara luar.

Saat mood seperti ini muncul, kita kemudian memutuskan pergi keluar untuk mengemudi menikmati dunia luar. Tapi, kenyataannya tidak seindah yang dibayangkan.

Begitu keluar kita akan disambut oleh kondisi jalanan yang tidak karuan. Baru keluar sudah disambut oleh macet, jalanan yang bising dipadati mobil dan motor yang berseliweran.

Meskipun demikian, pasti kita pernah merasakan kondisi mengemudi yang menjadi moment yang berkesan. Moment dimana mengemudi menjadi sebuah relaksasi, sebuah therapy, sebuah perasaan yang mendalam.

Lalu, kondisi apa saja yang membuat mengemudi menjadi moment menyenangkan tersebut? Dalam ulasan kali ini kita akan membahas beberapa kondisi mengemudi favorit. Beberapa kondisi ini bila digabungkan, tentunya semakin menambah keasikan dalam mengemudi.

Sudah siap kopinya? Kita mulai saja.

Mengemudi Saat Hujan

Apa Kondisi Mengemudi Favorit Kalian?

Hujan disini tentunya bukan hujan disertai petir atau angin kencang, duh. haha. Bukan juga hujan besar yang menyebabkan kita terpaksa mengemudi di jalan yang banjir.

Bagi sebagian orang, hujan merupakan hal yang mengganggu. Banyak aktifitas yang terkendala dengan adanya hujan. Tidak jarang juga mood menjadi malas dan gloomy bila dibandingkan dengan cuaca cerah yang identik dengan happiness dan semangat. Hujan juga merupakan “musuh” bagi sebagian pengguna jalan, anggap saja seperti motor atau pejalan kaki.

Bepergian saat hujan untuk pengguna mobil merupakan semacam privilege. Kita tidak kehujanan dan tidak perlu terburu-buru ketika hujan turun. Tetap enjoy.

Bukan hanya itu saja, hujan merupakan salah satu kondisi yang menyenangkan untuk mengemudi. Pernah merasakan nikmatnya?

Ketika hujan jalanan akan cenderung lebih lenggang. Kepadatan akan berkurang seiring dengan orang yang malas keluar rumah serta jumlah pengguna motor yang berkurang. Penglihatan kita akan lebih adem karena jalanan tidak silau dan panas. Hujan juga membuat hawa udara lebih dingin dan segar. Kondisi yang nyaman ini semakin membuat kita cozy di dalam mobil kita.

Bukan hanya udara yang lebih dingin dan segar, udara hujan juga memiliki wangi yang khas! Air hujan yang membasahi tanah, jalan, dan tanaman akan menghasilkan wangi hujan yang sering disebut petrichor.

Selain itu, bunyi hujan yang turun mengenai mobil kita menjadi semacam background musik yang syahdu. Apalagi bila dikombinasikan dengan playlist lagu yang pas dengan hujan. Beuhh terasa sangat menenangkan. Belum ditambah dengan sajian butiran-butiran air mengalir di kaca depan yang menari bersama wiper mobil kita.

Suasana hujan ini memang sangat magical. Lebih emosional. Itulah kenapa kita sering terlarut dengan perasaan atau lamunan ketika mengemudi saat hujan. Oya, moment ini juga tentunya sangat pas untuk kita habiskan dengan pasangan kita. Perasaan emosional lebih terjalin dengan kondisi ini hehe.

Mengemudi Malam Hari

Apa Kondisi Mengemudi Favorit Kalian?

Sama halnya dengan hujan, malam hari juga memiliki sebuah suasana yang emosional dan mendalam. Itulah kenapa mengemudi malam hari akan terasa sangat berbeda dengan siang hari.

Tentunya malam hari disini bukanlah malam after hours selepas jam kerja dimana jalan masih padat dan sesak. Mengemudi malam hari sangat pas dilakukan saat menjelang tengah malam atau dini hari. Lebih pas lagi saat akhir pekan semisal Jumat malam. Disinilah suasana jalanan malam hari akan membius kita dengan pesona dan keindahannya.

Sama halnya dengan kondisi hujan, jalanan malam hari akan jauh lebih lenggang dan hawanya lebih dingin. Penglihatan kita akan lebih teduh dengan suasana yang syahdu ditemani cahaya lampu-lampu jalan perkotaan. Bukalah jendela mobil kita dan rasakan juga buaian angin malam yang melegakan!

Hal ini jauh berbeda dengan siang hari. Macet, panas, silau, bising, dan semua hal yang membuat hidup terasa sesak dan melelahkan. Pada malam hari, kita akan merasakan nuansa jalan yang berbeda yang membuat kita seperti melihat versi lain dari jalanan perkotaan.

Malam hari juga terkadang akan mengejutkan kita dengan sesuatu yang unik dan berbeda. Kita bisa menemukan hal-hal yang baru yang tidak kita jumpai pada siang hari. Sebut saja seperti aktifitas pasar yang mulai hidup pada dini hari, pedagang kuliner yang hanya muncul pada malam hari atau bahkan sampai ehem, wanita-wanita malam hehe.

Tidak heran, banyak orang yang menganggap mengemudi mobil malam sebagai sebuah relaksasi, sebuah terapi, sebuah ritual pelarian (escape).

Ulasan mengenai mengemudi mobil di malam hari ini sudah pernah kita bahas sebelumnya. Silahkan dibaca saja ya untuk lebih lengkapnya!

Mengemudi di Jalan Tol yang Lurus

Apa Kondisi Mengemudi Favorit Kalian?

Ah jalan tol. Sebuah surga kecil bagi para car enthusiast di Indonesia hehe. Disinilah kita bisa menikmati sepenuhnya mengemudi mobil kesayangan dibandingkan di jalan umum. Tidak ada kemacetan, lampu merah setiap 500 meter, motor-motor yang bersliweran, angkot yang berhenti belok mendadak, penyebrang jalan sembarangan, dan lubang-lubang jalan yang merusak.

Jalan tol merupakan salah satu tempat dimana kita bisa merasakan mengemudi dengan tenang. Atau dengan ehem, adrenaline, hehe.

Sekarang bayangkan jalan tol yang lurus panjang. Jalan yang lenggang, aspal yang mulus disertai pemandangan hijau seperti pepohonan, perbukitan atau persawahan. Belum ditambah dengan keindahan langit biru yang membentang luas. Jalan ini merupakan kondisi yang menyenangkan untuk mengemudi, baik itu pagi, siang, sore atau bahkan malam hari. Semuanya memiliki nuansa kenikmatan yang berbeda-beda.

Adakah jalan tol di area kota kalian yang seperti ini?

Terkadang bagian terbaik dalam bepergian bukan ketika kita sampai, melainkan di saat perjalanannya. Di jalan tol yang lurus dan panjang kita bisa larut dengan suasananya yang rileks dan nyaman. Nuansa petualangan memang sangat kental dalam perjalanan menggunakan jalan tol yang panjang. Entah itu untuk mengunjungi tempat baru ataupun untuk wisata kuliner.

Tidak sedikit orang yang menyukai travelling atau road trip dengan menggunakan jenis jalan sepert ini. Kalo anak mobil istilahnya touring bareng. Tentunya sambil ditemani playlist lagu dengan beat yang hangat dan santai. Jangan lupa juga kaca mata hitamnya hehe.

Mengemudi di Jalan Luar Perkotaan

Apa Kondisi Mengemudi Favorit Kalian?

Jalan luar perkotaan berbeda dengan jalan perkotaan yang padat, macet, dan bising. Di perkotaan kita dituntut untuk sabar dan siap capek. Perkotaan juga menuntut kita untuk terus berkonsentrasi dikarenakan jalanan yang ramai tidak karuan.

Nah, jalan di luar perkotaan jauh lebih lenggang. Kita bisa lebih rileks dan tenang dalam mengemudi. Yang paling nikmat memang jalan luar perkotaan dengan area perbukitan. Pemandangan alam yang asri dan hijau akan menjadi terapi tersendiri. Belum ditambah dengan hawa dingin serta udara yang bersih segar!

Gabungkan dengan kondisi jalan yang hujan gerimis kecil. Suasana mengemudi di jalan luar perkotaan akan semakin syahdu dan melegakan! Gabungkan lagi dengan break di sela-sela perjalanan di warung kopi dengan secangkir kopi panas. Juara! hehe

Jalanan di luar perkotaan juga memiliki nuansa eksplorasi atau petualangan. Dengan atmosfir yang nyaman, mengemudi di jalan luar perkotaan bisa kita jadikan sebagai escape atau pelarian dari rutinitas hidup perkotaan yang melelahkan.

Demikian ulasan kali ini. Untuk bisa mengemudi nyaman dan berkesan tentunya bukan hanya dari kondisi saja. Tetapi ada juga faktor-faktor pendukung lainnya yang sangat berpengaruh. Bisa kita lihat disini ulasan dan tipsnya.

Mana nih yang menjadi kondisi favorit kalian? Ada yang mau menambahkan atau berkomentar?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *