Apakah Coilover Itu dan Apa Saja Jenisnya? 8


Berbicara mengenai suspensi tentu kita akan menemukan istilah coilover.

Sebelumnya mengenai coilover ini sudah kita bahas sedikit pada ulasan modifikasi mobil ceper. Disini kita akan bahas kembali serta kita ulas juga mengenai beberapa jenis atau tipenya.

Apakah Coilover itu?

Istilah coilover berasal dari “coil spring over shock” yang berarti per yang menyatu dengan shockbreaker. Mirip-mirip dengan shockbreaker motor.

Coilover memiliki pengaturan untuk besaran rendah atau turun naiknya mobil. Selain itu suspensi ini juga memiliki jenis yang mampu mengatur empuk atau kerasnya shock. Apabila untuk harian bisa kita set di soft sedangkan untuk keperluan di track kita bisa ubah ke keras/ kaku. Tipe lainnya juga dilengkapi camber kit untuk mengatur camber. Semakin lengkap fungsinya, ya otomatis semakin mahal juga harganya.

Suspensi Coilover VS Suspensi Per

Apakah Coilover Itu dan Apa Saja Jenisnya?

Dibandingkan dengan sistem suspensi konvensional yaitu suspensi per, suspensi ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kelemahan. Menyikapi perbedaan tersebut pada akhirnya akan kembali kepada tujuan/ keperluan modifikasi kita. Beberapa orang hanya ingin sekedar merendahkan mobilnya, beberapa lainnya ingin bisa mengatur tinggi rendahnya mobil mereka, sebagian ingin bisa mengatur camber, dan lainnya.

Kelebihan Coilover

  1. Memiliki pengaturan seberapa rendah suspensi yang kita inginkan.
  2. Beberapa tipenyamemiliki fitur untuk mengatur keras atau empuknya shock.
  3. Beberapa tipe lainnya dilengkapi camber kit untuk mengatur camber.
  4. Memiliki beragam jenis dan tipe sesuai dengan keperluan penggunaan mobil semisal street performance, race, comfort, dirt, ultra-low, dan lainnya.
  5. Apabila rusak dapat di service (rebuilt).

Kekurangan Coilover

  1. Meskipun memang coilover ini sebenarnya serviceable atau dapat di rebuilt akan tetapi kita masih sulit menemukan penjual sparepart atau jasa perbaikannya. Kerusakan pada satu coilover seringkali berarti kita harus membeli satu set penggantinya.
  2. Pengaturan yang memerlukan waktu dan tenaga. Kita harus mendongkrak mobil lalu membuka ban untuk mengatur tinggi rendahnya suspensi.
  3. Harganya jauh diatas suspensi per.

Jenis Coilover

Apakah Coilover Itu dan Apa Saja Jenisnya?Seperti telah disebutkan sebelumnya coilover ini memiliki beragam tipe/ jenis dan juga fungsinya. Harga setiap tipenya bergantung kepada kelengkapan fungsi dan terutama merk dari coilover tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis atau tipe yang populer.

Coilover Sleeves

Coilover ini sebenarnya dapat disebut upgrade satu langkah dari lowering spring. Tipe ini tidak dilengkapi dengan shock. Jadi intinya semacam lowering spring yang dilengkapi alat pengatur rendahnya suspensi. Coilover ini dapat berfungsi dengan shock bawaan mobil, tetapi tidak direkomendasikan. Baiknya kita juga membeli shock aftermarket dengan merk yang sama agar per dan shock memiliki tingkat keras/ lunak yang sama.

  • Harga: 6-10 Juta
  • Termasuk Shock: Tidak
  • Pengaturan Tinggi: Ya
  • Pengaturan Shock: Tidak
  • Camber Kit: Tidak termasuk 
  • Mounting Atas: Biasanya termasuk
  • Contoh: Megan Racing Pro S, Ground Control

Non Shock Adjustable Coilovers

Tipe ini bisa disebut sebagai entry level. Sesuai namanya non shock adjustable adalah coilover yang tidak memiliki fitur pengaturan kompresi pada shock. Pengaturan pada tipe ini hanya sebatas pengaturan tinggi rendahnya suspensi.

  • Harga: 10-17 Juta
  • Termasuk Shock: Ya
  • Pengaturan Tinggi: Ya
  • Pengaturan Shock: Tidak
  • Camber Kit: Tidak termasuk 
  • Mounting Atas: Biasanya termasuk
  • Contoh: TruHart BasicTEIN Street Basis Z

Shock Adjustable Coilovers

Shock Adjustable Coilover adalah tipe yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengatur tingkat kompresi pada shock. Apabila untuk harian bisa kita set di soft sedangkan untuk keperluan di track kita bisa ubah ke keras/ kaku. Tipe ini umumnya merupakan tipe yang paling laku di pasaran.

Shock Adjustable Coilovers with Camber Kit

Tipe ini merupakan tipe dengan fungsi terlengkap. Selain pengaturan tinggi suspensi dan kompresi shock, tipe ini juga dilengkapi dengan camber kit. Oleh karena itu, bagi yang ingin juga mengatur camber, kita tidak perlu lagi membeli camber kit secara terpisah. Umumnya camber kit hanya untuk ban depan tetapi terkadang juga termasuk bagian ban belakang. Sesuai dengan kelengkapan fungsinya, tipe ini memiliki harga di atas tipe lainnya.

Shock Adjustable Coilovers with Electronic Control

Coilover ini dilengkapi dengan fitur pengendali elektronik otomotis. Dengan pengendali otomatis tersebut kita bisa mengubah setelan kompresi shock hanya dengan menekan tombol saja. Beberapa merk seperti KW, juga memiliki fitur Hydraulic Lift System yang memungkinkan pengaturan tinggi rendah suspensi dengan otomatis selayaknya air suspension.

Dengan fitur elektronik ini, membuat tipe ini berharga sangat mahal. Peruntukannya pun memang terbatas hanya untuk mobil jenis sport atau exotic.

  • Harga: 53-80 Juta
  • Termasuk Shock: Ya
  • Pengaturan Tinggi: Ya (Bisa otomatis)
  • Pengaturan Shock: Ya (Bisa otomatis)
  • Camber Kit: Termasuk 
  • Mounting Atas: Termasuk dan dilengkapi dengan mounting camber kit
  • Contoh: KW HLS, KW DDC

Demikian ulasan kali ini. Untuk membeli coilover yang tepat baiknya mempertimbangkan kebutuhan atau keperluan penggunaan mobil kita. Selain itu pilihlah merk yang telah dikenal agar kualitas dan umur pemakaiannya tidak mengecewakan. Hal tersebut mengingat suspensi pada mobil di Indonesia akan bekerja ekstra yang dikarenakan kondisi jalan yang umumnya kurang baik/ mulus.

Ada yang mau menambahkan atau berkomentar?

Untuk ulasan dan bahasan menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 thoughts on “Apakah Coilover Itu dan Apa Saja Jenisnya?

  • Christian

    Sore.. ane mau tanya untuk type Xpander ultimated jika inggin merubah velk + ban menajadi R18 versi harian menggunakan coilover apa ya dan perubahan apa aja yg harus dilakukan ya.tq

    • bequietndrive Post author

      Halo Om Chris,
      Xpander pake R18 pake yang high adjustable juga cukup kyknya. Ga perlu smp setting chamber. Tapi mening konsul langsung dengan bengkel velgnya om biar enak fitment nya.

  • Readi

    Mohon soluai, saya pasang coilovers bekas di freed, tapi setelah dipasang bunyi gluduk2 kalau kecepatan rendah, tetapi pada saat kecepatan tinggi tidak bunyi..
    Apa yg harus saya lakukan ya agar tidak bunyi? Karet mounting shock sudah baru semua,

    Terimakasih

    • bequietndrive Post author

      Halo Readi,

      Coba jawab ya om. Pada coilover ada yang namanya proses preload yaitu pengaturan awal kompresi per. Nah, salah satu fungsi preload ini adalah untuk memastikan posisi per pada coilover “duduk” dengan tepat dan kuat. Kalo coilover bekas coba di cek kembali preloadnya, takutnya bekas pemakaian atau bongkar-pasang sehingga ada yang longgar. Pastikan juga baut-baut lainnya sudah benar-benar terpasang kuat.