ricer

Apakah Ricer itu? Membahas Tuntas Istilah Ricer

Ricer atau rice merupakan istilah yang sudah cukup lama dibicarakan dalam dunia komunitas pecinta mobil. Istilah tersebut terutama seringkali kita jumpai di dalam komunitas pecinta mobil di luar negeri yang kemudian juga digunakan di Indonesia.

Ricer ini asal muasal nya merupakan plesetan dari kata racer yang berarti pembalap. Rice yang berarti beras, dengan Race yang berarti balap memang memiliki penulisan serta pelafalan yang mirip. Istilah ricer ini memang merupakan olok-olokan atau candaan kepada orang yang memodifikasi mobilnya agar “terlihat” cepat atau keren seperti mobil balap.

Selain dari makna kata diatas, istilah rice ini juga seringkali diartikan sebagai sebuah singkatan/ akronim dari dua kepanjangan.

ricer

Race Inspired Cosmetic Enhancements

Definisi dari akronim ini adalah penambahan hiasan/ perias (kosmetik) yang terinspirasi dari mobil balap. Segala sesuatu tambahan (aksesoris) atau modifikasi yang berfungsi semata-mata sebagai hiasan, perias, pemanis yang terinspirasi dari mobil balap yang tidak berfungsi signifikan menambah performa mobil masuk ke dalam definisi Rice ini. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

1. Mengganti knalpot dengan knalpot berukuran besar yang berisik agar terlihat/ terdengar seperti mobil balap.
2. Menempelkan asesoris air scoop pada kap mesin.
3. Memasang sayap (rear wings) custom berukuran besar yang tidak berpengaruh positif pada aerodinamis mobil.
4. Memodifikasi pintu mobil ala Lamborghini (Scissor Door) agar terlihat seperti mobil supercar.
5. Memasang bodykit custom yang norak dan malah berpengaruh negatif pada aerodinamis dan beban mobil.
6. Memasang sticker-sticker bergaya mobil balap sirkuit.

Definisi Rice ini juga dapat berarti pemilik mobil yang lebih fokus menghabiskan uangnya untuk mendandani mobilnya agar terlihat keren, gaul seperti mobil cepat/ balap dibanding menghabiskan uangnya untuk membuat mobilnya benar-benar cepat atau menambah performa mobilnya.

Misal, Andi dan Anto memiliki masing-masing uang yang sama untuk memodifikasi mobil mereka. Anggap uangnya sebesar 10 juta. Andi menghabiskan uang tersebut dengan membeli velg replika berukuran besar seharga 5 juta, dan 5 juta sisanya digunakan untuk membuat bodykit custom agar mobilnya terlihat “keren”. Sedangkan Anto menghabiskan 10 juta nya untuk mengupgrade suspensi dan atau memoles mesin mobilnya (porting polish). Dalam hal ini Andi dapat disebut sebagai seorang ricer.

ricer

Radically Immature Car Enthusiast

Definisi dari akronim ini adalah pecinta mobil yang benar-benar/ sangat kekanak-kanakan. Definisi kedua ini juga mencakup definisi pertama sebelumnya, tetapi bukan hanya tindakan mendandani mobil saja melainkan juga termasuk dalam hal attitude (sikap/ ucapan).

Ricer dalam definisi ini merupakan korban dari kebanyakan menonton film Fast Furious atau bermain game Need for Speed Underground. Selain mendandani mobil mereka agar “terlihat” seperti mobil balap, ucapan mereka bergaya tinggi meski sering ngelantur/ sotoy. Misal, ada seseorang yang berkata Cold Air Intake di mobilnya menaikkan horsepower sebanyak 2 kali lipat.

ricer

Seputar Ricer

Berikut beberapa hal yang berkaitan seputar ricer.

  1. Ricer umumnya banyak di jumpai pada mobil-mobil Jepang. Merk mobil yang sering di identikkan dengan Ricer adalah Honda.
  2. Tipe mobil yang paling sering di identikkan dengan Ricer adalah Honda Civic.
  3. Modifikasi yang seringkali membuat sebuah mobil menjadi Rice adalah bodykit custom, knalpot besar, dan sayap mobil.
  4. VTEC yang merupakan sistem variable valve timing dari Honda yang singkatnya memberi ‘sensasi’ tambahan tenaga mesin ketika mencapai putaran RPM tertentu. VTEC ini seringkali menjadi andalan utama para ricer yang juga seringkali menjadi bahan olokan bagi para ricer. Olokan yang paling populer adalah “VTEC kicked in yo!”. Di internet telah banyak beredar video bertema “VTEC kicked in yo!” dimana mobil-mobil honda ricer malah menabrak atau hancur.
  5. Sebuah lagu yang seringkali menjadi soundtrack atau dihubungkan dengan ricer adalah lagu yang berjudul “Rice rice baby”.
  6. Kebalikan dari Ricer adalah Sleeper. Sleeper adalah mobil yang (sengaja dibuat) terlihat standar/ stock dari luar akan tetapi telah di modifikasi sehingga memiliki performa mobil balap.

Modifikasi mobil memang sangat bergantung kepada selera pemiliknya. Tidak semua pecinta mobil menggemari kecepatan atau performa mesin yang sangar. Ada juga orang yang lebih menyukai penampilan sehingga lebih fokus mendandani tampilan luar mobilnya. Apalagi modifikasi performa semisal suspensi atau mesin memang membutuhkan dana dan kesabaran yang ekstra.

Ulasan mengenai ricer ini saya buat hanya sebagai pengetahuan saja, ya untuk sekedar bumbu dalam bercanda tidak apalah. Asal jangan terlalu brutal mengolok-olok mobil orang hehe.

Ada yang mau menambahkan atau berkomentar?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *