Apakah Sleeper itu? Membahas Tuntas Mobil Sleeper

Sleeper secara terjemahan langsung bisa diartikan sebagai tukang tidur. Istilah ini merupakan bahasa slang yang memiliki makna sesuatu yang terlihat biasa dari luar tetapi ternyata memiliki sesuatu yang hebat atau wah.

Saya juga masih menduga-duga kenapa sleeper atau tukang tidur digunakan sebagai istilah slang dari makna tersebut. Dugaan saya sih lebih ke misalnya kita punya teman atau melihat orang yang terlihat tukang tidur. Banyak diam dan sering tidur, tapi ternyata tanpa diduga memiliki kemampuan atau keahlian yang memukau orang-orang. Istilahnya dalam bahasa kita adalah “Diam-diam menghanyutkan“. Mungkin seperti itu haha.

Dalam dunia mobil dikenal istilah sleeper car atau mobil sleeper. Maknanya pun sama. Mobil yang terlihat biasa saja dari luar tetapi ternyata memiliki performa/ tenaga yang luar biasa. Mobil sleeper merupakan kebalikan dari mobil ricer. Apabila ricer merupakan mobil yang terlihat atau bergaya seperti mobil cepat/ sport tetapi kemampuannya boyot. Nah, sleeper ini merupakan mobil yang terlihat biasa saja atau bahkan boyot tetapi memiliki performa seperti mobil sport.

Singkatnya mobil ricer bisa disebut dengan “All show no go“, sedangkan mobil sleeper ini lebih ke “All go no show“.

Mobil sleeper ini saya bedakan menjadi tiga, yaitu mobil sleeper bawaan pabrik, mobil sleeper modifikasi, dan mobil sleeper-ricer.

Mobil Sleeper Bawaan Pabrik

sleeperBeberapa mobil sudah menjadi sleeper dari dia dilahirkan. Dalam kata lain, mobil tersebut dari pabriknya memang didesain memiliki penampilan yang biasa saja tetapi tenaga mesinnya mampu membuat orang tercengang. Contoh dari jenis ini adalah Mercury Marauder (2003-2004) yang memiliki desain sedan konvensional tetapi bermesin V8 4.6 L dengan tenaga 302 hp! Untuk mobil keluarga, ada Volvo V70 R yang merupakan mobil wagon dengan tenaga 296 hp!.

Saya sendiri kurang tahu apa alasan atau tujuan produsen mobil membenamkan mesin gahar ke dalam mobil keluarga atau mobil dengan desain yang konvensional. Entah mungkin para engineer dan CEO nya lagi iseng haha. Ada yang tahu alasannya?

Mobil Sleeper Modifikasi

SleeperSebagian pecinta mobil menciptakan mobil sleeper dengan memodifikasi mobil standar menjadi mobil bertenaga garang tanpa merubah banyak penampilannya. Caranya yang paling ampuh adalah dengan mengganti mesin (engine swap) dengan mesin yang bertenaga besar. Cara lainnya juga bisa dengan memodifikasi mesin melalui tambahan forced induction seperti turbocharger atau supercharger.

Mobil Sleeper-Ricer

Tipe ketiga ini merupakan tipe yang cukup unik dan memang sedikit jarang dijumpai dalam dunia mobil sleeper.

Dalam mobil sleeper, faktor kejutan merupakan faktor yang paling utama. Mobil sleeper-ricer adalah mobil yang sengaja dibuat bergaya ricer tetapi ternyata memiliki performa mesin yang tinggi. Hal ini membuat orang meremehkan mobil yang terlihat ricer dan menyangka mobil tersebut mobil norak yang boyot. Padahal mobil tersebut dibekali mesin yang gahar.

Mobil sleeper jenis ini biasanya sengaja didandani bergaya ricer seperti dihiasi sticker ala Need for Speed Underground, menggunakan lampu neon (underglow/ underbody) atau bahkan sengaja menggunakan custom bodykit yang norak.

Tujuan Membuat Mobil Sleeper

sleeperAlasan orang membuat mobil sleeper ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Beberapa orang lebih menyukai performa tanpa perhatian atau sorotan orang-orang.
  2. Beberapa orang lainnya membuat mobil sleeper agar mendapat perhatian orang-orang. Karena mobil sleeper bersifat unik dan mengejutkan sehingga kehadirannya terkadang malah lebih disorot dibanding mobil sport.
  3. Dalam kompetisi mobil balap, sleeper sering digunakan untuk memancing dan mengelabui lawan sehingga masuk ke dalam jebakan batman haha. Tujuan ini terutama digunakan pada balapan dengan taruhan atau gambling.
  4. Dalam kondisi budget yang terbatas, orang membuat sleeper untuk mendapatkan performa dengan membangun mobil standar atau mobil tua menjadi mobil bertenaga besar.
  5. Beberapa orang membuat mobil sleeper dengan alasan seru-seruan atau lucu-lucuan. Seperti merubah mobil keluarga atau mobil tua menjadi mobil sleeper. Terkadang mobil ini menjadi koleksi tambahan di dalam garasi mobil mereka.
  6. Sebagian orang memang menyukai performa mesin (tuner). Mereka akan memodifikasi semua mesin mobil mereka, meskipun mobil mereka berjenis mobil keluarga.

Membangun Mobil Sleeper

Berikut adalah beberapa tips atau informasi yang sekiranya perlu diketahui untuk membangun sebuah mobil sleeper.

  1. Cara modifikasi mobil menjadi mobil sleeper yang paling ampuh adalah melalui penggantian mesin (engine swap)
  2. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan sistem turbocharger atau supercharger pada mesin mobil kita. Meskipun tidak semua mesin standar (NA) sanggup/ kuat menahan beban dari modifikasi ini.
  3. Faktor kejutan pada mobil sleeper merupakan faktor paling utama. Semakin orang tidak menyangka maka semakin sleeper mobil kita hehe. Berdasarkan hal ini banyak orang membangun mobil sleeper dari jenis mobil keluarga, mobil ekonomi, ataupun mobil tua.
  4. Pada mobil sleeper tampilan mobil dibuat se-standar mungkin. Hal ini dilakukan dengan tidak menggunakan tambahan bodykit, menggunakan velg standar, menghilangkan badge performa mobil, atau terkadang bahkan dengan sengaja mengusamkan mobil dengan karat sehingga terlihat seperti mobil reot.
  5. Modifikasi mobil pun disembunyikan. Misalnya menyembunyikan intercooler untuk mesin turbo, menyembunyikan gauge pada dashboard, menggunakan knalpot performa bersuara pelan (silent hi-power muffler), tidak menggunakan BOV pada mesin turbo, dan lain-lainnya.

Mendeteksi Mobil Sleeper

SleeperBagaimana cara mengenali serigala berbulu domba? haha

Untuk mengenali mobil sleeper yang menyembunyikan kekuatannya bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya sebagai berikut.

  1. Perhatikan adanya intercooler pada mobil. Meskipun umumnya intercooler ini ditutupi/ disembunyikan.
  2. Perhatikan adanya pengukur/ indikator display (gauge) atau controller pada interior mobil. Kembali seperti intercooler, perangkat elektronik untuk memonitor kinerja mesin atau turbo ini biasanya disembunyikan.
  3. Perhatikan rem mobilnya. Mobil bermesin gahar dengan akselarasi tinggi membutuhkan sistem pengereman yang baik. Biasanya ini terlihat dari ukuran disc brake yang lebih besar.
  4. Perhatikan ban mobil dan suspensinya. Mobil dengan performa mesin yang tinggi biasanya diiringi dengan ban yang lebar dan suspensi (stance) yang rendah.
  5. Dengarkan suara mesinnya. Meskipun terkadang sleeper menggunakan silent hi-power muffler, suara mesin performa tinggi tetap akan terdengar berbeda dengan mesin standar.

Demikian ulasan kali ini. Menurut kalian apa yang paling seru dari mobil sleeper? Barangkali ada yang pernah membangun mobil sleeper? Ditunggu ya komentar dan tambahannya!

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *