Panduan Beli Mesin Mobil Untuk Swap engine 47


Mau beli mesin untuk swap engine?

Dalam bahasan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana persiapan sebelum beli mesin, dimana kita bisa beli mesin, dan tips-tips lainnya seputar swap engine.

Ulasan ini berdasarkan dari pengalaman saya pribadi dan tentunya tidak mengikat, alias ada banyak jalan menuju Roma hehe. Mudah-mudahan tulisan ini setidaknya bisa menjadi sedikit gambaran atau masukan bila kita memiliki rencana untuk swap engine.

Sebelumnya, kita akan bahas sedikit mengenai swap engine.

Sesuai namanya swap engine berarti menukar atau mengganti mesin mobil kita. Mesin lama diganti dengan mesin yang sama atau mesin yang lain, tergantung dari keperluan. Apabila mesin yang sudah rusak parah alias bobrok, daripada habis biaya dan waktu untuk rebuilt/ bangun ulang mesin, maka terkadang orang membeli mesin baru yang sama untuk mobilnya.

Tapi tidak sedikit swap engine ini dilakukan untuk meningkatkan performa mobil dengan mengganti mesinnya ke mesin yang memiliki power atau potensi modifikasi yang lebih.

Pertanyaan selanjutnya, beli mesin baru atau mesin bekas?

Tergantung budget dan keperluan hehe. Mesin baru otomotis jauh lebih mahal dibanding mesin bekas. Selain itu pembelian mesin baru biasanya untuk keperluan restorasi mobil misalnya Toyota Avanza bekas tabrakan yang akan diperbaiki. Sedangkan pembelian mesin bekas, seperti pada mesin-mesin eks Singapura atau eks Jepang, umumnya juga dilakukan untuk meningkatkan performa mobil dengan beli mesin mobil bertenaga besar.

Sebelum Beli Mesin

beli mesin mobil

Beberapa hal yang harus kita pikirkan sebelum membeli mesin adalah sebagai berikut.

Tujuan

Untuk apa kita melakukan swap engine? Apakah untuk harian? Atau untuk kompetisi?

Apabila untuk harian, pertimbangkan mesin yang relatif mudah mendapatkan sparepartnya. Sehingga untuk pemeliharaannya tidak begitu ruwet dan mobil bisa selalu tersedia untuk digunakan sehari-hari. Perhatikan juga konsumsi bensinnya. Mesin-mesin dengan power besar otomotis adalah mesin yang haus BBM dan juga membutuhkan BBM dengan oktan besar.

Untuk kompetisi, rasanya pertimbangannya akan mengarah ke potensi mesin. Sejauh mana mesin tahan untuk dimodifikasi, seberapa besar effort (biaya dan waktu) untuk modifikasi dan berapa hasil tenaga yang akan didapatkan.

Kompatibel

Pada saat kita akan melakukan swap engine kita biasanya akan memiliki beberapa opsi mesin. Perhatikan kecocokan mesin tersebut dengan mobil kita karena ini akan berhubungan erat dengan waktu dan budget. Semakin kompatibel maka semakin ringan biaya pemasangannya. Sebaliknya apabila kurang cocok, misal swap engine lintas DNA seperti mobil BMW menggunakan mesin Toyota, umumnya akan memakan waktu dan biaya yang lebih lagi.

Beberapa mesin memiliki tahun produksi atau generasi yang berbeda. Misal mesin 3SGTE dari Toyota memiliki 4 generasi. Setiap generasi memiliki beberapa perbedaan spesifikasi dan konfigurasi. Pelajari dan pastikan mana yang paling pas untuk keperluan swap di mobil kita.

Tempat Pemasangan Mesin

Sebelum beli mesin, kita harus mencari informasi di bengkel mana saja yang bisa memasangkan mesin tersebut. Berapa harganya dan berapa lama. Cari juga informasi sparepart tambahan yang dibutuhkan untuk keperluan engine swap tersebut. Sparepart tambahan biasanya seperti intercooler, pompa bensin, radiator, dan pipa (piping).

Cek Harga

Yang terakhir adalah lakukan cek harga untuk mendapatkan acuan kisaran harga mesin tersebut. Ini bisa dilakukan dengan bertanya pada komunitas, bengkel, atau langsung kepada distributor mesin bekas.

Mencari Mesin

beli mesin mobil

Setelah informasi terkumpul (dan mudah-mudahan duitnya juga), kita akhirnya bisa memutuskan untuk membeli mesin. Selanjutnya kita akan masuk ke masa pencarian hehe.

Mesin mobil tidak seperti sparepart Avanza atau Xenia yang dapat dengan mudah sekali kita temukan. Karena jumlahnya yang cukup terbatas, membutuhkan kesabaran dan terkadang keberuntungan untuk mendapat mesin yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Tempat Mencari Mesin

Kita bisa mencari mesin dengan cara sebagai berikut.

  1. Distributor atau penjual mesin eks Singapura atau eks Jepang.
  2. Forum komunitas mobil atau grup jual beli di Facebook. Masuk menjadi member dan post WTB (Want to Buy) disana.
  3. Pusat perbelanjaan online. Mesin terkadang ada juga yang dijual di Tokopedia, OLX, Kaskus, Instagram atau bursa jual beli di forum Modifikasi.com.
  4. Menghubungi bengkel tempat kita akan swap engine. Bengkel yang sudah biasa melakukan engine swap memiliki kenalan penjual mesin atau pengguna yang akan menjual mesinnya. Kita bisa menghubungi mereka dan nantinya mereka akan memberikan kita informasi apabila ada mesin tersedia. Jangan lupa tips nya hehe.

Kelengkapan Mesin

Swap engine membutuhkan kelengkapan utama yaitu mesin, wiring, dan ECU. Terkadang gearbox juga dibutuhkan tetapi sebagian mobil juga dapat menggunakan gearbox bawaan mobilnya.

Pastikan mesin yang dijual memiliki kelengkapan tersebut. Selain itu pastikan juga mesin sesuai dengan tahun atau generasi yang kita inginkan.

Penjual mesin tidak semua hapal dengan berbagai tipe dan generasi mesin. Sehingga terkadang mereka memberikan informasi yang kurang tepat. Misalnya mesin RB25DET kepunyaan Nissan Skyline memiliki 3 generasi yaitu series 1, series 2, dan NEO. Nah, terkadang penjual tidak mengetahui perbedaan tersebut dan menyebutkan ya RB25DET saja. Padahal ketiga generasi tadi memiliki beberapa perbedaan spek dan konfigurasi mesin.

Mengecek Mesin

beli mesin mobil

Inilah bagian yang menurut saya paling sulit dilakukan dalam membeli mesin. Hal ini dikarenakan mengecek mesin tidak bisa dilakukan dengan sekedar melihat tampilan luarnya saja, melainkan kita harus membongkarnya dan melihat detil kondisi dalam mesin. Apakah kondisinya masih bagus, apakah ditemukan retakan dan lainnya.Β Kondisi mesin yang bisa kita deteksi dari penampakan luar adalah tanda kebocoran oli (leakage).

Apabila mesin masih terisi oli, setidaknya kita bisa mengecek kondisi oli serta kita juga bisa meminta penjual untuk mencoba menghidupkan mesin tersebut (test nyala). Dari sana kita bisa mendengarkan suara mesin untuk mendeteksi adanya knocking atau tidak. Perhatikan juga ritme getaran mesin dalam kondisi idle, apabila kondisinya turun naik atau tidak stabil artinya mesin tersebut tidak sehat.

Namun berdasarkan pengalaman saya, kebanyakan mesin dijual dalam kondisi tidak memiliki oli. Sehingga untuk melakukan test nyala kita harus nge-modal beli oli terlebih dahulu.

Dalam kondisi seperti ini, membeli mesin rasanya seperti membeli kucing dalam karung. Satu-satunya harapan adalah kita membeli di tempat yang sudah sering menjual mesin sehingga memiliki reputasi yang bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu tentunya berhati-hatilah bila menemukan mesin dengan harga yang dibawah harga pasaran atau mesin yang dijual dari bekas pengguna balap. Tidak sedikit kemungkinan mesin tersebut merupakan mesin capek yang kurang performanya.

Membawa Mesin

beli mesin mobil

Apabila sudah deal, saatnya membawa mobil pulang kerumah, atau ke bengkel untuk langsung di swap engine.

Cara membawanya bisa kita atur-atur dengan penjual apakah dia bisa mengantarkan atau harus memakai jasa ekspedisi.

Berhubung bobot mesin yang berat, kita sebaiknya mempertimbangkan untuk mesin tersebut langsung diantarkan ke bengkel tempat swap engine.

Untuk mengangkat mesin paling ideal adalah menggunakan crane atau takel. Biasanya bengkel atau penjual grosir mesin memiliki alat ini. Namun apabila penjual tidak memiliki alat tersebut, mengangkat mesin dapat dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan dibopong.

Membopong mesin membutuhkan minimal 4 orang dengan alat bantuan pipa besi seamless. Pastikan diameter pipanya agak besar dan ukurannya cukup panjang. Alat pengikat mesin ke pipa dapat menggunakan tambang atau sabuk bekas safety belt. Siapkan juga ban bekas untuk selalu standby di bawah mesin sebagai penahan apabila mesin jatuh atau akan diturunkan.

Tips: Memasang Mesin di Bengkel

Sedikit tips untuk yang akan memasangkan mesinnya di bengkel swap engine. Karena sepertinya opsi ini menjadi mayoritas berhubung rasanya jarang yang punya keahlian, peralatan, dan waktu untuk memasangkan sendiri mesin ke mobilnya hehe.

Swap engine bukan sekedar memasangkan mesin, wiring dan menyetel ECU lalu selesai begitu saja. Seringkali akan ada sparepart atau part mobil lainnya yang harus diganti atau ditambahkan. Entah itu piping, intercooler (untuk mesin turbo), radiator, perubahan sistem intake/ exhaust, kopling, fuel pump, dan lainnya.

Nah, point-point itu harus kita pastikan dengan pihak bengkel. Kalo perlu dicatat. Dengan budget yang ditawarkan dan disepakati apa saja yang didapatkan? Mencakup apa saja? Semuanya harus clear sehingga nantinya tidak menimbulkan kebingungan dalam proses swap engine.

Demikian ulasan kali ini. Ada yang mau berbagi pengalaman mengenai swap engine? Yuk share di kolom komentar!

Daftar mesin dan ulasan lainnya mengenai swap engine bisa dilihat disini. Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

47 thoughts on “Panduan Beli Mesin Mobil Untuk Swap engine

    • Athu

      Paling gampang pake 4JA1+transmisinya nya om..
      Dudukan hampir plek sama, tinggal cari perpaduan mounting, drive shaft, differential sama final gear.

      Kalo ada duit lebih bisa coba pake 4JJ1, 1KZ tapi rubahan lebi banyak belom mesin2 ini udah CRD jadi part elektronik lebi banyak dan pusing masangnya hehe.

      Happy hunting om

  • Abdillah

    Minta info kalo ganti mesin kayak gitu (msl dgn mesin ex singapore) otomatis nomor mesin akan berbeda dengan nomor yg tercantum di bpkb/stnk. Itu bermasalah ga? Atau adakah solusinya spt apa?

    • bequietndrive Post author

      Halo Abdillah,

      Ga masalah. Kalo razia kyknya jarang bgt polisi sampe cek nomor mesin.
      Untuk pajak 5 tahunan, mesin lama simpen di rumah tar bisa gesek nomor sendiri. Atau kalo mau, bisa diurusin surat-surat ganti mesin. Syaratnya diantaranya faktur pembelian mesin dan faktur import mesin. Kalo ditanya kenapa ganti mesin, bilang aja mesin lamanya jebol hehe.

  • Feri

    Gan, saya pengen swap grand Escudo 2.0 yg j20A matic. Mau ganti yg diesel matic. Kira2 apa yg cocok dan g banyak ngerubah…
    Kalo distributor ex Jepang yg rekomendasi dimaba??

  • Ranap

    Gan ganti mesin kijang krista tahun 2013 (MT) bensin ke mesin diesel krista bisa ga gan.
    Jika bisa, kisaran biaya nya berapaan ya.
    Thnks gan

  • Andal

    Gan jd penasaran kalo untuk corolla se saloon 86 paling pas swap engine apa yah? Masih buat harian sih rencananya.. Dan buat yg jual mesinnya dmn ya?

    • bequietndrive Post author

      Halo gan, Corolla SE GL umumnya pada pake 4AGE, bisa yg 16V atau 20V. Klo buat harian cocok lah. Kalo mau bisa juga gabungin sm krukas stangseher 7A, jadinya mesin 7AGE hehe.
      Cari yang jual mesinnya bisa lihat tips di artikel diatas gan.

    • bequietndrive Post author

      Halo Salman,

      Cari mesin diantaranya bisa dengan cara-cara berikut:
      1. Distributor atau penjual mesin eks Singapura atau eks Jepang. Misal: Vriva Motor di Depok dan AHM Motor di Jakarta.
      2. Forum komunitas mobil atau grup jual beli di Facebook. Masuk menjadi member dan post WTB (Want to Buy) disana.
      3. Pusat perbelanjaan online. Mesin terkadang ada juga yang dijual di Tokopedia, OLX, Kaskus, Instagram atau bursa jual beli di forum Modifikasi.com.
      4. Cari bengkel spesialis swap/ mesin di kota kita. Bengkel yang sudah biasa melakukan engine swap biasanya memiliki kenalan penjual mesin atau pengguna yang akan menjual mesinnya.

      Selamat berburu om hehe

  • Daniel

    Bang. Mau tanya.jdi D rmh ada bmw e36.tp mesinnya bermasalah.ntah kna d mananya g tau soalnya g ngerti soal mesin.boros bngt sma mesinnya mau mati sendiri klo lg jalan. . nah trus ad strada 2009 manual cma udh jarang bngt d pakai. Klo d swap mesin stradanya ke bmw e36 bsa gak kira kira.

  • Nana

    Gan… Mau tanya klo mesin 2JZ di aplikasikan ke mobil timor apakah bisa dan memungkinkan?
    Sebelumnya trmksh untuk Bequietndrive dan sukses selalu

    • bequietndrive Post author

      Umm klo ditanya mungkin apa ngga, selama siap budgetnya dan keahlian yg ngerjain, mungkin2 aja kali ya. Cuman yang pastinya itu bakal ribet bgt gan. Bakal banyak potong sambung dan custom sana sini. Ruang mesin jg ntah cukup apa ngga hehe. Belum tar mounting gearboxnya duh.

      Kalo ngebet sama 2JZ mening cari Cressida aja, udah banyak yg swap JZ.

      Sama2 terimakasih dan sukses selalu juga ya gan πŸ™‚

  • leviathan1

    hi om mimin berencana swap engine honda odyssey ra6 yang mesin bawaannya f23a ingin saya swap ke
    k24a,apakah dudukan mesin harus dirubah?,bengkel mesin mana yang berkualuats dgn harga terjangkau trima kasih infonya om mimin

  • iko

    Bro BQND nanya donk,
    1. All New Avanza bisa g y d swap pke 4A-GE redtop,avanza kan rwd dan 4A-GE itu FWD klo g slh
    2. Swap beda layout itu apa bs cuma dgn sekedar memutar posisi mesin?
    3. Kisaran harga 4A-GE kira2 brp
    4. Klo d pasang k transmisi auto kira2 apa yah yg kompatibel
    Tq Bro BQND

    • bequietndrive Post author

      Coba jawab sebisanya ya Bro Iko,
      1. 4AGE convert ke RWD bisa dan sudah cukup umum, seringnya sih memang di keluarga Corolla. Kalo Untuk All New Avanza kita kurang tahu jg. Sebenarnya sih selama engine fit masuk, space sisanya cukup, custom mounting dll ditambah keahlian yang masang (sama budget) semuanya bisa2 aja.
      2. Setau kita yang namanya convert seperti itu bukan hanya memutar posisi mesin saja. Bagian pendukung lainnya otomatis harus diperhitungkan, intake, header, sisa space lainnya, elektrikal, gearbox dll. Misal, seringnya yang RWD 4AGE dia intakenya ganti pake yang terompet (velocity stack).
      3. 4AGE blacktop 20V mesin komplit wiring ECU kena 18-20juta an. Pasangnya sekitar 6-8jutaan, tergantung bengkel. Kalo yang 16v Redtop kurang tahu, mungkin dibawah itu.
      4. Kenapa pake auto bro? Mening manual 4AGE kan terkenal high rev nya hehe. Biasanya pake t50 levin.

  • Miftahul Fadilla

    Bang, saya ada great corolla thn 93, pengen swap ke yang lebih mantep nih, enaknya pake apa ya, ada sih pikiran buat 4age 16v. Kira2 gmana ya? Cari bengkel diwilayahku susah jadi ya konsul disini hehehe

    • bequietndrive Post author

      4AGE yang 16v 4AFE itu secara performa ga terlalu beda jauh. 4AFE versi yang lebih fokus ke ekonomi/ efisiensi. 4AGE 16v untuk performa dan potensi upgrade lebih baik.
      Mending swapnya ke yang 4AGE tapi yang 20v nya aja bro. Bawaan power kondisi stocknya udah sangat cukup dan enak utk harian. Tapi kalo mau yang lebih ramah di kantong, bensin ga terlalu boros sm relatif lebih mudah sparepart, ya 4AGE 16v aja.

  • boy

    om klo timor karburator mau swap engine pake mesin injeksi untuk pemakaian harian supaya lebih irit bensin bagusnya peke mesin apa ya..klo pake mesin jazz atau yaris bs ga? apa gearbox jg hr ganti…trims om

  • Agung prabu

    Kl vw kodok dipasangkan mesin avanza/xenia biasa bisakah om?kl yg udh2 seringny vw dipasangkan dg mesin kijang 7k.utk dpake harian istri..tp takut mogok.

  • Bramantyo

    Minta masukanya temen temen saya punya l300 bensin 4g32 tahun 88 recana mau swap engine pake eterna yg 4g63 N/A apakah bisa di rubah posisi mesinnya dari yang 4g63 horisontal d ubah menjadi lurus kebelakang seperti bntuk mesin yang asli

    Minta masukannya