Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Wisata Jepang merupakan salah satu bucket list travelling paling populer. Bukan hanya bagi para traveler yang doyan jalan-jalan, Jepang memang sudah lama di kenal sebagai tujuan wisata dunia. Negara matahari terbit ini merupakan salah satu negara terpopuler di dunia. Kemajuan tekhnologinya, keindahan alamnya, kekayaan budayanya, keunikan sosialnya, fashion, anime, kuliner, dan banyak lainnya menjadikan Jepang negara yang menarik untuk dikunjungi.

Orang umumnya, ketika pergi ke Jepang mereka akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang sudah ‘standar’ dikunjungi para turis. Gunung Fuji, Disneyland, Tokyo Tower, Kuil-kuil, Istana, Akuarium, Museum, Pusat perbelanjaan seperti Harajuku atau Shibuya dan lain-lainnya.

Lalu bagaimana dengan para petrolhead atau car enthusiast?

Tentunya ini berbeda.

Dalam sudut pandang petrolhead, Jepang bukanlah sekedar tempat wisata yang bersifat rekreasi atau hiburan semata. Apalagi bagi para JDM lover. Wisata Jepang merupakan perwujudan mimpi dan imajinasi yang seringkali dibayangkan. Entah itu dari film seperti Tokyo Drift, Wangan Midnight atau Initial D ataupun berbagai liputan mengenai car culture di Jepang.

Bagi para petrolhead, Jepang merupakan surga untuk hunting tempat-tempat yang berkaitan dengan mobil. Baik itu tempat-tempat bersejarah ataupun tempat yang populer dengan car scene Jepang.

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas mengenai tempat wisata Jepang untuk para petrolhead. Workshop, museum, sirkuit, toko mobil, tempat car meet, tempat legendaris mobil, dan lainnya. Mengingat ada banyak sekali tempatnya, tidak semuanya akan kita bahas panjang. Ulasan ini juga bukan merupakan panduan/ guide ya. Karena memang saya belum punya pengalaman mengunjunginya hehe. Mungkin kalo misal ada rezekinya, barulah saya buat panduannya.

Kita coba buat daftar selengkap mungkin! Siap-siap panjang ini ulasannya hehe. Apabila ada tambahan atau koreksi jangan ragu untuk berkomentar ya.

Kita mulai saja. Siapkan kopinya.

Tokyo

Sebagai ibukota Jepang dan juga salah satu kota populer terkenal di dunia, Tokyo tentunya dapat dipastikan merupakan salah satu tujuan utama wisata Jepang. Mau ke Jepang? Besar kemungkinan tujuannya ke Tokyo. Tak perlu khawatir list tujuan wisata Jepang petrolhead di kota metropolis ini kami sajikan lengkap!

Tatsumi PA

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Salah satu tempat car meet Jepang favorit di Jepang. Jaraknya dari Bandara Internasional Haneda jaraknya sekitar 16 km atau 20 menit melalui tol. Posisinya berada tepat di pinggir jalan tol. Mirip-mirip seperti paddock dalam Formula 1 atau balap mobil. Ini lah salah satu keistimewaan dari Tatsumi PA. Apabila kita melewatinya, akan terlihat jelas mobil-mobil yang sedang parkir berjejer. Tentunya menjadi pemandangan yang memukau bila kita sedang di tol lalu kita melihat ada mobil-mobil keren yang sedang parkir.

Selain itu posisi Tatsumi PA berada sangat dekat dengan Wangan Loop C1 yang terkenal. Tempat dimana para penggemar kecepatan memacu mobilnya memutari jalan tol Tokyo dalam sebuah lingkaran. Loop ini memungkinkan kita memacu mengelilingi lintasan melingkar yang 1 kali putarannya 14 km. Ya muter-muter sepuasnya. Kalo di kita kan ga ada tol yang looping begini. Harus keluar dulu tol, bayar, terus masuk tol lagi hehe.

Nah, karena posisi tersebut, Tatsumi PA ini juga seringkali dijadikan tempat para enthusiast untuk berkumpul sebelum atau sesudah melakukan wangan loop. Ya mungkin pemanasan ngopi-ngopi bentar dan ngecek kondisi mobil sebelum tancap gas. Tempat car meet ini juga sering dijadikan tempat mengistirahatkan mobil setelah menjajal Wangan Loop. Itulah kenapa di Tatsumi PA, mobil-mobilnya umumnya lebih mengarah pada driving dan speed.

Pemandangan sekeliling Tatsumi PA adalah kawasan gedung-gedung tinggi. Bila di malam hari, lampu-lampu dari gedung-gedung tersebut akan memberikan atmosfir malam Jepang yang mengesankan. Belum ditambah hadirnya mobil-mobil keren yang sedang parkir!

TYPEONE (Spoon Sport)

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Spoon tentu sudah tidak asing lagi, terutama bagi para Honda enthusiast. Beberapa kadang kita lihat Spoon ini dalam bentuk stiker yang menghiasi Honda Jazz atau Civic hehe.

Pada 2001, Spoon membuat toko atau workshop tuning bernama Type-One. Workshop ini merupakan visi dari foundernya Ichishima Tatsuru, bagaimana sebuah modifikasi itu dilakukan.

Type-One menyediakan jasa modifikasi mobil Honda dengan profesional dengan perhitungan engineering yang presisi dan matang. Jadi bukan sekedar tempel2 sparepart performa saja. Tetapi semuanya diperhitungkan dan dimodifikasi dengan sangat seksama untuk mencapai spek balap yang optimal.

Mau berkunjung dan melihat-lihat? Datang saja ke workshopnya di Tokyo.

ODAIBA Decks

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Odaiba ini merupakan salah satu tempat perbelanjaan dan hiburan. Di area ini kita bisa menjumpai berbagai tempat rekreasi, museum, tempat makan, dan juga shopping mall. Letaknyapun sangat mendukung karena berada di pinggir laut alias pantai.

Tapi jangan salah, di dalam tempat wisata yang penuh keceriaan ini ada salah satu tempat car meet Jepang yang populer!

Tempat parkir di Odaiba DECKS merupakan salah satu tempat para enthusiast berkumpul dan melakukan event gathering. Letaknya pun agak tersembunyi karena terletak di basement. Pasti pernah nonton film Fast Furious Tokyo Drift kan? Nah, ada scene yang sangat populer dimana car meet dan adu drift terjadi di basement bangunan. Nah, buat kalian yang bermimpi untuk merasakan car meet bergaya Tokyo Drift tersebut, kita dapat rasakan di Odaiba DECKS.

Mega Web Toyota City Showcase

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Masih di Odaiba, Tokyo, disini kita juga bisa berkunjung ke Mega Web Toyota City Showcase. Kalo turis normal umumnya ketika wisata Jepang dan ingin ke taman bermain pasti larinya ke Universal Studio atau Disney Land kan? Nah, untuk kalian para car freak, ada juga taman bermain khusus yang bertema mobil.

Mega Web Toyota City merupakan theme park yang berisikan semua tentang Toyota. Mulai dari showroom, museum, wahana bermain, showroom racing (Gazoo Racing), wahana teknologi, tempat konsultasi mobil, sampai test drive mobil semuanya ada di Toyota City ini. Pokoknya lengkap!

Akihabara/ UDX Building PA

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Di Akihabara ini selain sebagai basecamp para otaku penggemar anime, juga menjadi tempat favorit car meet mobil itasha. Mobil Itasha merupakan mobil yang dimodifikasi dengan tema anime. Bisa hanya sekedar sticker atau bisa juga sampai interior.

Tempat favoritnya adalah di jalan yang ada bangunan hotel Bellesalle Akihabara. Disinilah setiap malamnya mobil-mobil itasha melakukan car meet untuk memamerkan karya-karya kebanggaan mereka!

Selain itu, di Akihabara ini ada satu lagi tempat yang menjadi basecamp para mobil itasha enthusiast. Tempatnya berada di tempat parkir gedung UDX. Dibandingkan spot di jalan tadi, jumlah mobil itasha lebih banyak lagi disini. Memang di lantai 3 gedung UDX ini terdapat Tokyo Anime Center yang menjadi toko terbaik untuk anime & manga di Akihabara.

Car Shop Glow

Toko sparepart, tuning part, custom.
https://www.carshopglow.com
2-chōme-2-3 Toyotamakami, Nerima City, Tōkyō-to 176-0011, Japan
Google Maps

Bee*R (Bee Racing Car Tuning Factory)

Workshop, tuning shop
http://www.bee-r.com
Japan, 〒194-0003 Tokyo, Machida, 4, 1704-1 Tokyo Machida-city ogawa
Google Maps

Mercury Enterprise / Z Project


Dealer mobil bekas yang menjual mobil-mobil JDM performa. Mereka juga mengembangkan aero kit untuk Nissan Z.
http://www.mercury-ep.com      http://www.z-project.jp
376 Midoricho, Hachioji, Tokyo 193-0932, Japan
Google Maps

Fighting Star


Markas dari Shinichi Morohoshi, mantan Yakuza yang namanya melejit setelah Lamborghini gaya bling bling-nya mendapat perhatian dari dunia mobil internasional. Tempat ini juga merupakan toko fashion dan asesoris.
.https://fighting-star.com
8-chōme-21-13 Nishikasai, Edogawa City, Tōkyō-to 134-0088, Japan
Google Maps

Star Road


Workshop spesialis modifikasi mobil-mobil JDM klasik seperti Hachiroku, Nissan S30 dan lainnya.
http://www.starroad.co.jp
8 Chome-23-1 Kitakoiwa, Edogawa City, Tokyo 133-0051, Japan
Google Maps

Saitama

Provinsi Saitama berjarak cukup dekat dari Tokyo, tepatnya sekitar 15-20km disebelah utara dari kota Tokyo. Apabila menggunakan kereta, kita dapat menjangkau Saitama dari Tokyo dalam waktu 30 menit saja. Di kota yang kebanyakan penduduknya bekerja ke Tokyo ini kita bisa menjumpai beberapa spot wisata Jepang petrolhead.

TEC-ARTS

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Tau hachiroku kan? Mobil JDM yang terkenal dalam pop culture terutama lewat serial Initial D.

Nah, Tec-Art’s ini merupakan modifikator mobil spesialis Toyota Corolla AE86 alias Hachiroku. Workshop ini sudah lama dikenal sebagai tuner spesialis yang sudah malang melintang membangun berbagai Hachiroku. Mereka adalah spesialis corolla dan mesin 4AGE yang top markotop.

Bahkan, mobil drift-king, Keiichi Tsuchiya juga dibangun disini!

HKS Technical Factory

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Pasti udah pada kenal sama HKS. Brand ini sangat identik dengan part racing asal Jepang yang seringnya kita temukan dalam versi knalpot (bajakan) di Indonesia hehe. Mungkin belum banyak yang tau singkatan HKS sendiri berasal dari dari nama belakang 2 foundernya, Hasegawa dan Kitagawa. Sedangkan “S” berasal dari Sigma Automotive (SARD) yang merupakan pemberi modal awal mereka.

Nama HKS sudah sangat mendunia dan menjadi salah satu brand aftermarket tuning Jepang yang handal. Di Saitama kita dapat berkunjung pada salah satu “Technical Factory” nya. Tempat ini adalah workshop tuning sekaligus toko untuk memodifikasi mobil kita. Kebayang ya, mobil kita di tuning disini langsung sama HKS hehe.

Kalo kita main kesana kita akan disuguhi oleh pemandangan mobil-mobil modif karya HKS dan juga berbagai part HKS yang menggoda dompet.

Mizuno Works

Workshop tuning dan restorasi spesialis untuk mobil-mobil JDM klasik/ retro. Hakosuka, Kenmeri, Skyline, S30, C130 Laurel, dan lainya bisa kita temukan disini.
http://mizuno-works.com
97-2 Kawafuji, Yoshikawa, Saitama 342-0005, Japan
Google Maps

Panspeed

Workshop spesialis Mazda terutama RX7 dan RX8.
http://www.panspeed.jp
2-chōme-7-8 Sekiyama, Hasuda, Saitama 349-0121, Japan
Google Maps

Promodet


Suka Porsche? Bukan hanya RWB yang bisa kalian kunjungi di Jepang. Promodet ini merupakan workshop profesional spesialis Porsche. Modifikasi mereka mulai dari racing street sampai peruntukkan circuit atau kejuaraan profesional. Mulai dari porsche classic sampai yang modern, engine NA sampai turbo semua mereka bisa garap dan tingkatkan performanya dengan optimal! Mesin racikan dari Promodet ini juga digunakan oleh RWB.
http://www.promodet.co.jp/
3 Chome-106-1 Kawayanagicho, Koshigaya, Saitama 343-0827, Japan
Google Maps

Chiba

Kota yang merupakan ibukota provinsi Chiba ini masih bersebelahan dengan area Tokyo, sekitar 40 km-an atau 50-60 menit perjalanan. Wisata Jepang Petrolhead di Chiba sangat menggiurkan karena kota ini merupakan markas dari tiga modifikator legendaris Jepang. Di kota ini kita dapat berkunjung ke RAUH-Welt Begriff (RWB), RE-Amemiya, dan TOP SECRET. Selain itu di area Chiba ini ada tempat kopdar mobil favorit Jepang yang letaknya di tengah laut teluk!

RAUH-Welt Begriff (RWB)

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

RWB tentu sudah bukan hal yang asing lagi bagi para car enthusiast. Mendengar RAUH-Welt BEGRIFF atau sering disingkat RWB akan mengingatkan kita dengan modifikasi Porsche bergaya overfender Jepang.

Dengan jargon “One Car Built For One Individual”, setiap konsumen dari RWB memiliki kebanggaan dan prestise tersendiri. Apalagi semua produk dibuat langsung oleh Nakai-san dan bahkan juga dirakit alias dipasangkan langsung oleh Nakai-San. Jadi, konsumen akan diwawancarai oleh Nakai-san untuk mendapatkan sense of build yang sesuai dengan gaya konsumen. Setelah itu bodykit akan dibuatkan dan dikirim. Kemudian Nakai-san pun akan pergi ke tempat konsumen dan memasangkan bodykit tersebut.

Tidak heran kemudian RWB menjadi semacam movement, club atau geng mobil dengan skala internasional. Para fans RWB menyebar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, di Malaysia terdapat workshop sekaligus museum yang didedikasikan untuk RWB dan Akira Nakai.

RE-Amemiya

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

RE-Amemiya merupakan modifikator mobil rotary yang sangat legendaris. Workshop ini dirintis oleh Isami Amemiya sejak tahun 1974. Lama sekali bukan? RE-Amemiya memang merupakan pioneer alias yang pertama kali menjadi modifikator spesialis rotary engine dunia!

Pengalaman dan kemampuannya tentu sudah tidak diragukan lagi. Berbagai mobil hasil karyanya mendapat pujian dunia otomotif. Mobil-mobilnya juga masuk ke dalam video game Gran Turismo. Meskipun namanya tetap dinamai Mazda. Dengan segala prestasinya, nama Amemiya kemudian menjadi sangat populer dan seringkali disebut sebagai “Rotary Guru” oleh media. Dalam culture mobil Jepang, Amemiya-san menjadi idol para enthusiast terutama rotary lovers!

RE-Amemiya ada di 2 lokasi yaitu toko di Chiba dan juga workshop kecil di Tokyo. Selain modifikasi, RE-Amemiya juga memproduksi dan menjual berbagai part aftermarket performa. Mulai dari sparepart mesin, aero, suspensi, sampai part-part interior.

Oya, tau kan arti RE dari RE-Amemiya?

Betul sekali, itu merupakan singkatan dari Rotary Engine.

TOP SECRET

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Founder dari Top secret, Kazuhiko “Smokey” Nagata dirumorkan sebagai anggota Midnight Club. Ia menyukai mobil yang mampu melesat cepat di jalan tol perkotaan. Ia pun memiliki keinginan untuk melakukan highway speeding di berbagai tempat di dunia serta memecahkan rekor dunia kecepatan di jalan umum.

Kisahnya yang paling terkenal adalah pada 1999 ketika ia membawa Supra V12 1000 hp kepunyaannya dari Jepang ke Inggris. Ia melakukan aksi mengemudi kecepatan tinggi di jalan umum sampai 317km/jam!

Top Secret adalah perusahaan setelah Smokey berhenti bekerja di Trust. Trust itu perusahaan yang dibawahnya ada merk terkenal “GReddy”. Nah, Smokey bekerja disana sebagai mekanik tetapi pada malam hari ia diam-diam bekerja untuk mobilnya dan juga mobil-mobil orang lain. Setelah ketahuan, pemiliknya tidak memecatnya dan memperbolehkannya, asal Smokey tidak bilang ke karyawan lainnya mengenai proyeknya itu.

Setahun kemudian, ia keluar dan membuat perusahaan sendiri bernama Top Secret yang artinya ya itu tadi hehe.

Umihotaru PA

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Tempat car meet Jepang favorit ini sangat keren dan unik. Bayangkan saja, lokasinya berada di tengah lautan!

Ya bukan lautan lah, tapi tepatnya di tengah teluk yaitu Teluk Tokyo (Tokyo Bay). Jadi, di Tokyo Bay itu ada jalan tol panjang yang melintasi teluk dan menghubungkan daratan. Namanya Tokyo Bay Aqua Line. Panjangnya sekitar 17 km! Jembatan tol yang lurus panjang 17 km ini rasanya nikmat sekali kalo kita pakai gaspol hehe.

Nah Umitohara PA ini merupakan tempat parkir istirahat di tengah-tengah Tokto Bay Aqua Line. Jadi kebayang kan, kalo kita lagi ikut car meet disini, kita sedang ada di tengah-tengah teluk. Sekelilingnya ya air laut yang luas!

Omoren (Omoshiro Rentacar)

Omoren ini singkatan dari Omoshiro Rentacar, omoshiroi sendiri bisa berarti menarik atau menyenangkan. Nah sesuai namanya, disini kita bisa menyewa mobil-mobil yang menarik dan menyenangkan, tentunya untuk petrolhead! Sebut saja seperti mobil JDM seperti SIlvia, Skyline, Type-R, S2000, AE86, WRX STi, Lan-Evo, Stagea, Fairlady-Z, GT-R dan masih banyak lainnya! Pokoknya lengkap banget kalo mau cobain mobil-mobil itu atau sekedar cuci mata, tinggal main aja kesini.
https://www.omoren.com/en/
860 Yamazaki, Noda, Chiba 278-0022, Japan
Google Maps

Yokohama

Kalo denger Yokohama suka inget sama ban, hehe. Tapi memang Kota ini memiliki berbagai wisata Jepang petrolhead yang menarik. Yokohama merupakan kota kedua terpadat di Jepang. Jaraknya dari Tokyo cukup dekat yaitu sekitar 30 menit-an saja via jalan tol. Ada banyak spot wisata petrolhead yang bisa kita kunjungi disini, baik itu workshop, tempat kopdar legendaris ataupun rute jalan street racing yang terkenal!

Daikoku PA

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Inilah tempat yang sudah tidak asing lagi bagi para enthusiast dunia. Tempat car meet di Jepang yang menjadi semacam kuil untuk para enthusiast melakukan ritual berkumpul. Daikoku PA sudah lama dikenal sebagai salah satu pesona car scene Jepang!

Area parkir ini merupakan salah satu tempat car meet favorit para enthusiast di Jepang. Bahkan tidak berlebihan bila disebut sebagai tempat car meet legendaris. Daikoku PA sudah sangat populer dan menjadi surga para penggemar mobil. Mulai dari mobil sport, mobil antik, mobil retro, mobil supercar, exotic, luxury, kei car, bosozoku style, dan segala macam jenis mobil hadir disini.

Bayshore Route/ Bayshore Wangan

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Rute jalan ini merupakan bagian dari Shuto Expressway, jaringan jalan tol area Tokyo. Sesuai namanya, Bayshore, rute jalan ini terletak di pinggir pantai (teluk) mulai dari Yokohama sampai ke Chiba. Kenapa rute jalan ini spesial? Bayshore Route ini merupakan tempat para pemuja kecepatan tinggi untuk memuaskan dahaganya. Street racing disini memiliki fokus pada top speed! Rute jalan ini jugalah yang menjadi saksi bisu club legendaris Jepang, Midnight Club yang namanya sampai saat ini menjadi kisah ‘mistis’ yang fenomenal!

Dengan jarak 70 km, kita bisa menikmati jalan tol express yang sangat nikmat dijajal terutama di malam hari. Rute ini juga terdiri dari jalan layang yang melintasi pulau-pulau kecil serta terowongan yang semakin menambah nikmatnya mengemudi.

Nismo Omori Factory

Selamat datang di NISMO!

Mendengar kata Nismo akan mengingatkan kita pada performa, kecepatan dan tentunya, GT-R. Nismo yang merupakan divisi performa atau racing dari Nissan ini memiliki markas di Yokohama. Isinya? Dijamin bikin merinding dan bikin iler netes-netes haha.

Siapkan kamera kita bila kita masuk kesini karena didalamnya ada berbagai keindahan yang hanya dimengerti petrolhead. Mulai dari museum dan dealer yang memajang mobil-mobil display super keren, sampai part-part Nismo yang bening-bening dan menggiurkan.

Disini memang juga merupakan toko yang menjual berbagai part Nismo. Mulai dari yang kecil-kecil seperti baut Nismo bahkan sampai mesin Nismo tuning! Semua produk Nismo yang mengeluarkan aura kecepatan itu dipajang dengan indahnya. Buat kalian yang memiliki GT-R hati-hati juga main kesini, karena tempat ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan dompet. Part Nismo untuk Skyline dan semua GT-R sangatlah lengkap. Bukan hanya itu saja, Nismo menyediakan tuning shop untuk tempat kita servis dan memodifikasi mobil kita. Langsung ditangani oleh kru Nismo-nya!

Mine’s


Workshop tuning dengan spesialisasi GT-R! Kehebatan mereka dalam meracik R32 sampai R35 semakin dikenal enthusiast setelah Paul Walker melakukan kunjungan ke workshop mereka. Ketika itu Paul mencoba R35 Mine’s. Mobil mereka juga masuk ke dalam video game Gran Turismo dan Forza.
http://www.mines-wave.com
5 Chome-7-25 Hayashi, Yokosuka, Kanagawa 238-0315, Japan
Google Maps

Mooneyes


Workshop sekaligus cafe untuk para Hot Rod Custom enthusiast. Mooneyes ini merupakan cabang dari tempat aslinya di USA sana. Disini kita bisa mendapati cafe, asesoris shop, toko baju, bengkel tuning yang bertemakan Hot Rod Custom.
http://www.mooneyes.co.jp/en
2-10 Honmokumiyabara, Naka-ku, Yokohama, Kanagawa 231-0804, Japan
Google Maps

TOMEI Powered


Brand ini tentu tidak asing lagi. Part performa/ racing dari Tomei sudah familiar bagi para enthusiast. Disini kita berkunjung ke workshop mereka.
http://www.tomei-p.co.jp
5-chōme-4-27 Tsuruma, Machida, Tōkyō-to 194-0004, Japan
Google Maps

Weld


Workshop tuning yang aktif salah satunya dalam event drifting seperti D1 Grand Prix dan Formula Drift Japan.
http://www.weld-jp.com
GJV2+G9 Yokohama, Kanagawa, Japan
Google Maps

Vertex T&E


Workshop yang mengembangkan dan menjual terutama part bodykit berbagai mobil JDM. Mereka sangat dikenal dengan steering wheel-nya dan bodykit Nissan Silvia.
http://www.t-and-e.co.jp/index.shtml
Japan, 〒224-0044 Kanagawa, Yokohama, Tsuzuki Ward, Kawamukocho, 98−1 2F
Google Maps

Do-Luck


Workshop tuning yang juga  mengembangkan dan menjual aerokit
http://www.do-luck.com/
1-chōme-1-28 Daikan, Yamato, Kanagawa 242-0025, Japan
Google Maps

Garage G-Force


Penggemar Lancer Evolution? Sempatkan berkunjung ke workshop ini, isinya LanEvo semua! G-Force ini memang sudah lama dikenal sebagai workshop/ tuning shop dengan spesialisasi Lancer Evolution.
http://www.gf-eng.co.jp/
Japan, 〒230-0073 Kanagawa, Yokohama, Tsurumi-ku, Shishigaya, 2-chōme−39−68 鶴見
Google Maps

Garage HRS


Dari G-Force hanya 15 menit saja, kita bisa mampir juga di HRS. Workshop ini pun sama, mereka memiliki spesialisasi di LanEvo. Mereka juga menerima maintenance dan tuning untuk tipe/ merk mobil lainnya.
https://www.garagehrs.com/
4831 Ikonobechō, Tsuzuki-ku, Yokohama, Kanagawa 224-0053, Japan
Google Maps

Advance


Mau liat NSX? Datang aja kesini. Advance ini adalah tuning shop professional mobil sport JDM dengan spesialisasi Honda NSX.
.https://www.advance-jp.com
GH99+PF Yokohama, 神奈川県 Japan
Google Maps

Kanagawa

Kanagawa adalah provinsi yang ibukotanya, Yokohama tadi kita bahas di atas. Nah, memang selain Yokohama, di Provinsi ini ada beberapa tempat wisata Jepang petrolhead lainnya yang wajib dikunjungi. Mau tau? Yuk kita lihat!

Nissan Heritage Collection (Nissan DNA Museum)

Museum ini sesuai namanya warisan koleksi/ museum DNA menyimpan semua koleksi mobil Nissan! Mulai dari awal sampai saat ini. Mulai dari mobil harian kota sampai mobil balap. Seluruh DNA mobil Nissan diabadikan disini. Setiap mobilnya menyimpan sejarah yang keseluruhannya menjadi bukti perjalanan Nissan sebagai salah satu produsen mobil kelas dunia.

Di museum ini pun kita dapat menjumpai berbagai mobil-mobil balap Nissan yang pernah berlaga di berbagai tipe kompetisi.

Awalnya tidak bisa sembarang orang untuk bisa masuk kesini. Hanya staff saja. Kalopun umum itu membutuhkan akses dari orang dalam. Tapi, sekarang tempat ini sudah dibuka untuk umum. Meskipun demikian, jumlah pengunjung hariannya dibatasi. Kita harus mendaftar dulu lewat online dan apabila diterima maka kita bisa berkunjung kesana. Biayanya? Gratis!

Run Free


Selain TEC-ARTS, ada juga workshop spesialis mobil andalan Initial D, AE86. Run Free merupakan workshop spesialis AE86 yang selain modifikasi/tuning, mereka juga menyuplai berbagai part AE86 baik itu tuning part maupun original part.
http://www.run-free.com/
239-1 Nakatsu, Aikawa, Aikō-gun, Kanagawa 243-0303
Google Maps

Fun2Drive


Mau jajal mobil-mobil JDM legendaris? Mau test mobil exotic supercar? Kita bisa sewa mobil tersebut disini! Mulai dari Supra, GT-R, RX7, LanEVO, STI, S2000 dan JDM legend lainnya sampai Ferrari, Lambo dan Lotus.
.https://fun2drive.co.jp
1143 Sengokuhara, Hakone, Ashigarashimo-gun, Kanagawa 250-0631, Japan
Google Maps

Nagoya – Aichi

Nagoya merupakan kota ke-4 terpadat di Jepang. Kota ini merupakan ibukota dari Provinsi Aichi. Baik itu di ibukotanya, Nagoya, maupun di kota lainnya di Aichi menyimpan spot wisata Jepang petrolhead yang tidak kalah menarik!

Liberty Walk

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Pasti sudah kenal sama yang satu ini. Nama Liberty Walk sudah sangat dikenal oleh para pencinta mobil maupun para tuner di dunia.

Liberty Walk (LB) merupakan bengkel modifikasi bodykit di Jepang yang berdiri sejak 1993. Mereka mendobrak dan berhasil memukau dunia otomotif karena keberaniannya memodifikasi ekstrem mobil-mobil supercar. Liberty Walk memadukan antara gaya modifikasi klasik Jepang dengan mobil supercar modern. Tidak tanggung-tanggung mereka sanggup memotong bagian mobil untuk mencapai hasil yang mereka inginkan!

Pendirinya, Wataru Kato kini menjadi icon dan salah satu tokoh berpengaruh terutama dalam dunia modifikasi body kit skala internasional.

Ga usah khawatir kalo main kesini. Liberty Walk dikenal dengan semboyan senyuman dan kebahagiannya. Selain itu tempat ini juga memang merupakan toko dan cafe. Kalo beruntung timing-nya, tentunya kita bisa juga bertemu dengan Wataru Kato disini.

Rocky Auto

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Rocky Auto merupakan modifikator mobil vintage JDM yang terkenal di dunia, didirikan oleh Watanabe Yoshiya pada Juli 1987. Mobil vintage JDM ini tepatnya mobil-mobil Nissan dan Toyota. Sebut saja seperti mobil legendaris Hakosuka, Kenmeri, Skyline klasik, Fairlady Z, dan 2000GT.

Semua hasil karyanya sangat memukau. Keren dan bening-bening!

Rocky Auto yang terletak di Okazaki, Aichi, merupakan tempat yang wajib dikunjungi para vintage JDM lovers. Tempat ini merupakan surga mobil-mobil legendaris klasik JDM. Rocky Auto memiliki jumlah koleksi mobil klasik JDM terbesar di Jepang. Yang berarti tentunya, terbesar di dunia! Dari total puluhan mobil yang ada disana, setiap mobilnya telah atau sedang dibangun dengan tampilan dan modifikasi yang membuat orang berdecak kagum.

Bukan hanya dari jumlah koleksi mobilnya dan modifikasinya saja, workshop Rocky Auto memiliki interior ruangan serta pemandangan lainnya yang menakjubkan. Kesemuanya menjadikan tempat ini contoh sukses bagaimana sebuah workshop mobil klasik dibuat. Pokoknya dijamin betah berlama-lama disini!

Toyota Automobile Museum

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Nagoya merupakan kota kelahiran Toyota. Jadi, kalo ke Nagoya belum lengkap kalo rasanya kalo belum ke museum Toyota.

Tapi jangan sangka kita hanya akan melihat mobil Toyota saja disini. Tidak sesuai namanya, museum ini menyimpan berbagai jenis dan merk mobil. Bukan hanya Toyota. Citroen, Bugatti, VW, Mercy, Honda, Nissan, Mazda, Mitsubishi, pokonya banyak bgt! Memang museum ini lebih ke museum sejarah mobil. Hanya saja karena yang punyanya Toyota, jadi namanya “Museum Mobil Toyota”. Memang alhasil agak sedikit menyesatkan hehe.

Untuk museum yang benar-benar all about Toyota, Mega Web Toyota City Showcase di Tokyo jauh lebih pas.

Paradise Road


Workshop hot rod, custom, dan lowrider di Nagoya, Jepang. Toko ini dimiliki dan dijalankan oleh Junichi Shimodaira sejak Februari 1987. Selain mengimpor mobil dan suku cadang Amerika, Paradise Road juga menyediakan jasa membangun mobil dan modifikasi.
http://www.paradiseroad.net/
2-chōme-88 Higashihonjichō, Seto, Aichi 489-0973, Japan
Google Maps

Osaka

Wisata Jepang selain ke Tokyo, orang juga umumnya memilih Osaka. Kota ini selain menjadi kota ekonomi penting memang juga kota terpadat kedua setelah Tokyo. Otomatis di dalamnya ada berbagai macam obyek wisata maupun hiburan yang menjadi target para wisatawan.

Lalu bagaimana dengan para petrolhead? Tentu ingat Osaka ingat Kanjo! Selain itu tak perlu khawatir, ada beberapa spot Wisata Jepang lainnya terutama untuk para Honda enthusiast!

Osaka Kanjo Loop

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Pasti ini sudah tidak asing lagi, terutama bagi civic enthusiast.

Kanjozoku adalah club mobil street racer Honda yang menjadi legenda di Osaka. Mereka menggunakan area jalan tol bernama Kanjo Loop Line sepanjang 21 km. Jalan ini terhubung (loop) sehingga menjadi sebuah track oval. Disinilah para Kanjozoku melesat cepat memutari Kanjo setiap malamnya. Raungan mesin VTEC yang khas akan sering terdengar menandakan para civic enthusiast ini sedang larut dalam adrenaline dan kesenangannya.

Bagi para Kanjozoku, Kanjo Loop line bukan sekedar mengemudi dan balapan kecepatan tinggi. Aktifitas ini menjadi ritual budaya dan semangat dari true JDM! Sisa-sisa dari para geng Kanjozoku masih ada sampai saat ini, menjaga budaya Kanjo dan berusaha mewariskannya kepada generasi selanjutnya.

Tactical Art

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!
Tuning shop di Osaka yang kental dengan Honda culture ini tentunya sudah terbiasa dengan modifikasi Honda. Bila kita main kesana, sudah dapat dipastikan kita akan menjumpai Honda semisal EG6, EP3 atau DC5. Tetapi jangan salah mereka juga piawai mengerjakan mobil konsumen merk lainnya.
http://www.tactical-art.jp
2 566 0064, 2-chōme-1-82 Torikainaka, Settsu, Osaka 566-0064, Japan
Google Maps

Five Mart


Toko yang menjual part dan asesoris JDM. Mereka juga melayani membangun dan modifikasi mobil terutama untuk Honda Civic. Sepertinya mereka ini adalah pecahan atau remake dari Tuning shop Civic yang populer, Car Craft Boon yang sudah sekian lama tutup.
http://www.osaka-jdm.jp
Nishiura, Habikino, Osaka 583-0861, Japan
Google Maps

Nagano Koubou


Workshop bodykit gaya JDM. Mereka juga menjual part dan asesoris.
5 Chome-54-5 Hoshidakita, Katano-shi, Ōsaka-fu 576-0017
Google Maps

Kyoto

Kota ini merupakan ibukota dari Provinsi Kyoto. Ada berbagai macam kuil dan taman disini. Tidak heran itulah kenapa Kyoto menjadi kota kebudayaan Jepang dan juga menjadi salah satu target wisatawan. Tapi tentunya bagi para enthusiast, kita akan prefer mengunjungi ‘kuil’ yang berbeda bukan? hehe.

TRA-Kyoto

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Mungkin bagi beberapa orang nama ini masih asing. Tapi begitu mendengar Rocket Bunny, pasti sudah pada tau kan. Nah, TRA Kyoto atau tepatnya foundernya, Kei Miura yang menciptakan dan menjual Rocket Bunny.

Workshop yang sudah seringkali menjadi tempat liputan berbagai media otomotif dunia ini terletak di daerah pesisi luar Kyoto. Tepatnya sekitar 3,5 Km dari Stasion Okobu. Meskipun popularitasnya yang melesat berkat Rocket Bunny, TRA Kyoto tidak banyak berubah dari awal didirikan. Bahkan, workshop ini tidak memiliki plang nama!

TRA Kyoto bisa disebut sebagai modifikator gaya overfender Jepang yang seangkatan dengan Liberty Walk dan RWB. Meskipun sayangnya, yang lebih terkenalnya adalah salah satu produknya yaitu Rocket Bunny.

Bahkan Liberty Walk pun juga merupakan client atau pelanggan dari Kei Miura. Beberapa part dari desain Liberty Walk didesain dan dibuat oleh TRA Kyoto. Misalnya seperti over-fender kit untuk Murcielago dan Aventador. ataupun part untuk body-kit M3.

Selain itu, ada 20 perusahaan lebih di Jepang yang juga menggunakan jasa TRA Kyoto sebagai modifikator professional.

Kansai Service

Kansai Service sebelumnya dikenal sebagai HKS Kansai, namanya telah diubah menjadi Kansai Service untuk menjernihkan kebingungan antara mereka dan HKS. Sebenarnya lokasi mereka masuk ke Provinsi Nara, ya deket perbatasan lah dengan Kyoto.

Kansai Service telah mendapatkan reputasi yang baik untuk dianggap sebagai salah satu tuning shop teratas dari wilayah Kansai. Mereka erat dengan HKS karena dibesarkan dan berkembang di sirkuit HKS. Kansai Service ini sudah lama dikenal sebagai tuner yang handal dan mampu membangun mobil yang sehat, tampilan sedap dipandang dengan performa yang top! Apabila kita berkunjung kita akan mendapati berbagai macam mobil konsumen yang sedang ditangani semisal GT-R, LanEvo, Acuru NSX 2nd Gen, STI, dan lainnya.

Phoenix Power


Workshop ini sudah lama dikenal di Osaka sebagai workshop spesialis tuning engine. Sesuai namanya, mereka spesialis dalam modifikasi mesin dengan power yang besar! Kei Miura pun merupakan sudah sejak lama merupakan salah satu kerabat dekat dan customer setia mereka.
http://www.phoenixs.co.jp/phoenixs
Sotoyashiki-37-2 Sako, Kumiyama, Kuse-gun, Kyoto 613-0031, Japan
Google Maps

K2 Gear


Suka Subaru? Tempat ini cocok untuk kalian penggemar Subaru.
K2 Gear, yang berbasis di Osaka, Jepang adalah spesialis dalam pengembangan dan pembuatan suku cadang kinerja untuk kendaraan Subaru. Mereka menawarkan modifikasi dan part yang mencakup seluruh aspek mobil seperti performa, braking, aero, dan aksesori untuk Subaru Impreza, Legacy, dan lainnya.
3-chōme-7-4 Imafukuhigashi, Jōtō-ku, Osaka, 536-0002, Japan
Google Maps

TRIAL


Mau cuci mata lihat berbagai mobil sport JDM? Liat berbagai part performa, velg, dan asesoris mobil ternama? Datang saja ke TRIAL. Mereka adalah toko sekaligus workshop yang menjual berbagai part serta juga mobil sport JDM. TRIAL juga merupakan distributor resmi dari RECARO, bakalan ngiler ngeliat berbagai macam jok RECARO dipajang dengan indahnya!
https://www.trial.co.jp
87-1 Tanjō, Mihara-ku, Sakai, Osaka 587-0011, Japan
Google Maps

Gunma

Mount Haruna

Gunung Haruna. Akhirnya ada juga spot wisata Jepang di ulasan ini yang bukan workshop, bukan tempat kopdar, sirkuit ataupun jalan street racing.

Lho lalu ada apa di gunung Haruna ini?

Bukit Akina.

Mungkin ada yang pernah dengar nama ini? Kalo kalian pecinta Initial D pasti tahu. Bukit Akina merupakan markas utama dari tokoh utama Initial D, Takumi Fujiwaru. Si tukang antar tahu jago drift itu setiap subuhnya dia pergi lewat bukit akina ini sambil ngepot-ngepot bawa tahu pesanan. Bukit Akina juga berulang kali menjadi setting tempat pertarungan para pembalap di Initial D.

Nah, bukit Haruna ini diadaptasikan dari gunung Haruna. It’s Akina in real life!

Disini ada berbagai spot yang memang bentuknya sama dengan apa yang digambarkan pada Initial D. Dijamin merinding melihatnya. Seakan-akan benar-benar pertarungan balap di Initial D itu menjadi sejarah nyata yang pernah terjadi!

N-Style Custom


Workshop JDM terutama menyediakan bodykit ala JDM retro seperti widebody dan fender flares.
https://nstylecustom.com  –  http://n-stylecustom.com
443 Ōninba, Itakura, Ōra-gun, Gunma 374-0104, Japan
Google Maps

Motegi – Tochigi

Yang ini kita gabungkan juga. Motegi adalah kota, sedangkan Tochigi adalah Provinsinya. Berbicara wisata Jepang, mungkin area ini tidak terlalu sepopuler kawasan lainnya. Motegi adalah kota kecil seluas 172 km². Provinsinya sendiri Tochigi, 55% areanya adalah berupa hutan atau perbukitan. Tapi jangan salah, kalo berbicara tentang spot wisata Jepang untuk petrolhead, disini ada beberapa spot yang layak untuk kita kunjungi!

Honda Collection Hall

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Fans Honda pasti bakal super excited disini. Honda Collection Hall adalah museum yang berisikan all about Honda. Mulai dari sejarahnya sampai tentunya ke produk-produknya. Koleksi mobilnya sangatlah lengkap, mulai dari era awal Honda berdiri sampai saat ini. Belum ditambah mobil-mobil JDM iconic seperti Civic Type-R, Integra, dan NSX dalam bentuk yang super mulus dan original!

Kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan mobil-mobil balap Honda yang penuh sejarah, berbagai koleksi motor-motor Honda sampai bahkan koleksi Asimo!

Disini kita akan teringat kembali dengan slogan “Power of Dreams” dari Honda. Seluruh koleksi disini menggambarkan perjalanan panjang Honda dalam mewujudkan mimpinya.

Honda Collection Hall terletak di dalam area sirkuit “Twin Ring Motegi”, jadi kita bisa sekaligus jalan-jalan lihat sirkuit. Tiketnya? hanya 125 ribu saja, kita sudah bisa masuk sirkuit dan untuk masuk ke museumnya itu gratis! Tempat ini juga sangat nyaman dan santai karena memang terletak jauh dari keramaian sehingga ya tidak padat alias sepi.

Mahojin Super Car Museum

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Tochigi mungkin boleh dibilang tidaklah sepopuler kawasan lainnya untuk wisata. Tapi lain halnya dengan petrolhead. Selain museum Honda tadi, disini kita juga bisa mengunjungi Mahojin Super Car Museum.

Tentu kita pernah melihat supercar classic atau retro, entah itu di video Youtube ataupun artikel Internet. Supercar era ini memiliki aura yang berbeda dibandingkan dengan supercar modern. Untuk para fans-nya, supercar classic ini jauh lebih sedap dipandang dan elegan!

Nah, buat kalian yang memang addicted dengan supercar era 60-90 ini, dijamin kalian disini bakal terus tersenyum dan tidak mau beranjak kemana-mana. Mahojin Supercar Museum memiliki koleksi mobil supercar classic yang super kinclong dan orisinil!

Jaguar XJ12, XJS V12, XJR-15, BMW M1, Koenig Specials Porsche 911 Turbo, Ferrari 246GT Dino, 365 GTB Daytona, 512BB, USDM Acura NSX, Maseratis Bora, Merak, Mistral, Lamborghini Countach, Miura, Alfa Romeo Montreal, Corvette, Isuzu Bellette GTR, Mitsubishi Galant GTO, Lotus Europa, Datsun 240Z, Lotus Seven, 2000GT, Hakosuka GT-R, Aston Martin DB7, Bugatti EB110, dan masih banyak lainnya!

Apabila kita perhatikan, Mahojin Super Car Museum ini terlihat seperti stasiun kereta. Memang museum ini dulunya adalah stasiun kereta Tochigi. Ketika akan dihancurkan, lebih dari 4000 orang membuat petisi untuk tetap mempertahankannya. Tiket masuknya hanya sekitar 150 ribu saja. Tentu sangat worth it dengan pengalaman melihat langsung berbagai supercar retro yang mempesona.

Hiroshima

Kota ini merupakan salah kota Jepang yang paling dikenal di dunia. Ingat Hiroshima, ingat bom atom. Hiroshima merupakan kota pertama di dunia yang pernah merasakan betapa dahsyatnya sebuah bom atom! Wisata Jepang disini kemungkinan besar pasti pergi ke tempat sejarah mengenai bom ini. Ada Peace Memorial Park yang didalamnya terdapat Genbaku Dome, sebuah bangunan yang peninggalan bom atom yang masih dijaga untuk mengenang event mengenaskan tersebut.

Bagaimana dengan Wisata Jepang ala Petrolhead? Mungkin tidak banyak yang tahu. Selain bom atom, Hiroshima ini juga dikenal sebagai kota kelahiran salah satu produsen mobil Jepang kelas dunia, Mazda.

Mazda Museum

Daftar Lengkap Tempat Wisata Jepang Untuk Petrolhead!

Mazda Motor Corporation didirikan di Hiroshima pada tahun 1920. Mereka masih mempertahankan kantor pusat perusahaannya di kota asalnya. Selain kantor pusat tersebut, Mazda memiliki sebidang besar lahan pesisir yang isinya laboratorium penelitian dan pengembangan, pabrik, dan fasilitas pengiriman. Nah disana juga ada museum perusahaan dan sebagian dari pabrik disediakan untuk dilihat publik.

Meskipun Mazda tidak sebesar Toyota, mereka masih memproduksi lebih dari satu juta mobil per tahun dan merupakan pemain inovatif di industri otomotif Jepang. Sebagai contoh, pada tahun 1991 Mazda menjadi perusahaan Jepang pertama dan satu-satunya yang memenangkan Le Mans Grand Prix.

Untuk mengunjungi Museum Mazda, kita harus booking dulu melalui telepon atau email. Ini terutama karena fasilitas museum dan sebagian pabrik tadi hanya dapat dilihat dengan tour guide.

Di dalam museum kita dapat melihat sejarah Mazda, teknologi mobilnya dan juga prospek untuk pengembangannya di masa depan. Mau lihat mobil legendaris 787B? Jangan khawatir, kita bisa dapat melihatnya langsung dipajang di museum ini.

Tour Kemudian akan dilanjutkan ke jalur perakitan mobil, di mana pengunjung dapat melihat berbagai model mobil yang berbeda diproduksi. Di akhir tour ada toko yang menampilkan barang-barang Mazda. Tour ini memakan waktu total 90 menit.

326POWER


Produsen aftermarket part Jepang yang lengkap meliputi velg, suspensi, BBK, bodykit, aerokit, sampai pada clothing. 326POWER memiliki karakter street style dan aggressive stance yang sangat kental. Mereka juga memiliki perwakilan distributor di Inggris.
http://www.326power.co.jp  –  https://326power.uk
877-1 Saijocho Taguchi, Higashihiroshima, Hiroshima 739-0036, Japan
Google Maps

Gifu

Kota Gifu merupakan Ibukota dari Provinsi Gifu. Letaknya di atas Nagoyasekitar 42km atau 43 menit perjalanan. Kemungkinan kota ini tidak terlalu sering menjadi wisata Jepang. Kota ini termasuk kota kecil yang berpopulasi sekitar 500 ribu orang. Isinya pun kebanyakan desa-desa kecil dengan rumah traditional.

Untuk wisata Jepang petrolhead, kota ini menyimpan beberapa spot workshop yang menarik. Diantaranya adalah MotorFIX yang piawai dalam Corolla dan Bee Dragon sebagai spesialis VIP style.

MotorFIX

Suka corolla retro? Wajib berkunjung kesini kalo kalian lagi di sekitar Gifu. MotorFIX merupakan spesialis corolla klasik yang sudah piawai memodifikasi berbagai jenis Corolla seperti E70, KE70, TE71, dan AE70. Selain mesin ori stock, berbagai mesin sudah sering mereka swapkan bagi pelanggan yang haus kecepatan. Sebut saja seperti 4AG, 4AG 20v, 4AGZE, 2JZ NA, 1UZ, dan 3SGE.
http://www.motorfix.jp
429-14 Ishigai Gifu, 501-1106 Japan
Google Maps

Bee Dragon

Workshop yang menjadi salah satu modifikator VIP style yang terkenal di Jepang. Karya-karya mereka seringkali menjadi inovator dan pendobrak untuk style VIP di Jepang. Buat kalian penggemar bippu, dijamin terpukau melihat mobil-mobil Bee Dragon ini. Oya selain VIP, mereka juga merupakan spesialis dalam Kei-car.
http://www.beedragon.co.jp
Hirao, Tarui, Fuwa District, Gifu 503-2111, Japan
Google Maps

Popular Japan Circuit

Ok untuk bagian ini agak berbeda berhubung isinya sirkuit jadi kita satukan saja ya. Jepang merupakan negara produsen otomotif dengan car culture yang sangat kental. Tentunya di negara ini ada sirkuit yang jumlahnya cukup banyak, kalo ga salah sih jumlahnya sampai belasan. Yang mana yang pas untuk wisata Jepang petrolhead? Yuk kita lihat.

Suzuka Circuit (Suzuka)


Sirkuit internasional Jepang yang sudah sangat populer di dunia. Dari sisi sejarah, sirkuit ini banyak merekam sejarah fenomenal motorsport dunia. Sebut saja seperti persaingan antara Ayrton Senna dengan Alain Prost. Atau pertandingan dramatis di 1976 antara Niki Lauda dan James Hunt untuk memperebutkan gelar juara dunia Formula 1.

Suzuka juga dikenal sebagai sirkuit dengan berbagai fasilitas yang menyenangkan para pengunjung atau pembalap. Pada sirkuit ini juga terdapat taman hiburan kayak Dufan. Hal ini dimaksudkan bukan hanya sebagai sarana rekreasi, tetapi agar anak-anak bisa melihat dan mengenal balap mobil sejak dini. Selain itu, Suzuka juga dilengkapi dengan water park, hotel, restaurant, pemandian air panas, sekolah mengemudi, racing theater, dan area camping keluarga. Pokoknya lengkap!

https://www.suzukacircuit.jp
7992 Inoucho, Suzuka, Mie 510-0295, Japan
Google Maps

Ebisu Circuit (Nihonmatsu, Fukushima)


Sirkuit ini tentu sudah tidak asing bagi para pecinta drift. Pernah liat video drift wall tap atau drift sambil loncat? Nah Ebisu terkenal dengan dua aksi akrobatik itu. Jadi buat kalian yang suka sama drifting, wajib datang kesini. Ebisu Circuit merupakan markas besar para pecinta drift di Jepang. Sirkuit ini memang dibuat dan didesain untuk drifting! Setiap harinya tempat ini dipenuhi mobil-mobil drift dan berbagai event seperti Drift Matsuri pun diadakan disini.

Ebisu sebenarnya merupakan komplek yang terdiri dari 7 sirkuit. Ada yang untuk jenis touge, untuk pemula, untuk latihan harian dan untuk kompetisi. Mau coba ngepot disini? Tentu bisa! Ada penyewaan mobil-mobil drift yang siap gas!

http://www.ebisu-circuit.com
1番地 Sawamatsukura, Nihommatsu, Fukushima 964-0088, Japan
Google Maps

Fuji Speedway (Mount Fuji, Shizuoka)


Wisatawan umumnya datang ke Gunung Fuji untuk melihat gunung tertinggi di Jepang yang memang sudah lama menjadi objek wisata terkenal. Tapi bagi para petrolhead, kita akan jauh lebih tertarik mengunjungi kaki gunungnya ketimbang naek ke atas. Kenapa? Di kaki gunung Fuji ini terdapat sebuah sirkuit yang sangat terkenal, Fuji Speedway.

Selain Suzuka, Fuji Speedway telah lama menjadi center dari motorsport Jepang. Berbagai macam kejuaraan diadakan disini, mulai dari Formula, Super GT, berbagai one make racing, Superkart, Drifting dan lainnya. Sirkuit ini juga seringkali menjadi venue untuk berbagai festival mobil seperti Nismo Festival, BMW Motorsport Festival, 86 Festival, dan lainnya.

https://www.fsw.tv
694 Nakahinata, Oyama, Sunto District, Shizuoka 410-1307, Japan
Google Maps

Tsukuba Circuit (Shimotsuma, Ibaraki)


Sirkuit ini juga merupakan sirkuit Jepang yang populer di Jepang maupun dunia. Tapi Tsukuba agak berbeda dengan Suzuka dan Fuji Speedway yang keduanya identik dengan perhelatan motorsport resmi atau profesional. Tsukuba ini lebih ke ajang kontes adu gengsi para tuner dan garage workshop Jepang!

Inilah yang menjadikan Tsukuba menjadi sirkuit yang spesial. Time attack untuk mencapai best lap di Tsukuba telah menjadi barometer pencapaian bergengsi bagi para tuner Jepang. Apalagi setelah majalah mobil Jepang yang terkenal, Best Motoring seringkali menjajal test mobil disini. Para tuner pun kemudian menjadikan Tsukuba sebagai tempat kompetisi untuk meraih ranking tertinggi dalam time attack lap.

https://www.tsukuba-circuit.jp
Japan, 〒304-0824 Ibaraki, Shimotsuma, Muraoka, 乙159
Google Maps

Demikian ulasan kali ini. Panjang sekali bukan artikelnya? Ya namanya juga Jepang, yang notabene negara produsen mobil dengan car culture yang besar. Jadi spot wisata Jepang ala petrolheadnya pun memang bejibun. Pastinya masih banyak lokasi lainnya yang belum masuk, kita sisakan saja untuk kolom komentar ya.

Buat kalian yang ada kesempatan ke Jepang atau memang sudah berencana kesana, ulasan ini bisa membantu untuk mengetahui tempat-tempat wisata Jepang bagi petrolhead. Tapi, sebelumnya jangan lupa untuk menggali lebih dalam, terutama untuk cara/akses masuk ataupun mungkin biayanya (semisal museum atau sirkuit).

Ada tambahan atau komentar? Mana saja nih yang jadi favorit yang ingin kalian kunjungi?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *