jalan di Indonesia

Jalan di Indonesia yang Indah dan Pas Untuk Ngebut

Sebelumnya kita pernah membahas jalan di Bandung, sekarang giliran yang lebih luas lagi yaitu jalan di Indonesia.

Mengendarai mobil kesayangan sembari menikmati pemandangan jalan tentunya sangat menyenangkan. Apalagi bila ditambah kondisi cuaca dan jalan mendukung, mengemudi dapat menjadi sebuah pengalaman yang berkesan. Namun, tidak semua jalan di Indonesia mampu memberikan pengalaman tersebut. Tentunya karena kondisi jalan di Indonesia yang seringkali macet dan pemandangan sekeliling pun kebanyakan berupa rumah atau gedung yang padat.

Kali ini kita akan membahas 8 jalan di Indonesia yang memiliki pemandangan yang indah serta pas untuk sesekali sedikit tancap gas.

Tol Semarang – Solojalan di Indonesia

Jalan tol yang mulai dibangun sejak 2009 ini dengan total lintasan sepanjang 72,64 km. Sebagai bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Jawa, sampai saat ini pengembangan dari jalan tol ini masih terus berlangsung.

Dengan jalan yang yang cukup lebar dan kondisi arus lalu lintas yang belum terlalu padat membuat mengemudi di jalan ini menjadi pengalaman yang menyenangkan. Apalagi ditambah dengan suguhan pemandangan alam berupa perbukitan yang asri.

Rasanya sangat menggoda sekali untuk sesekali ngebut di jalan ini hehe.

Tol Salatiga – Bawenjalan di Indonesia

Jalan ini masih merupakan bagian dari jalan tol Semarang Solo. Tepatnya di bagian jalan seksi 3 yang memiliki panjang lintasan sebesar 17,6 km.

Saya sengaja pisahkan jalan ini karena selain memiliki panorama alam yang indah, Tol Salatiga ini juga memiliki gerbang tol yang sempat viral karena keindahan pemandangannya. Gerbang Tol Salatiga menjadi gerbang tol terindah di Indonesia dengan latar gunung Merbabu yang mempesona.jalan di Indonesia

Kelok 9jalan di Indonesia

Jalan ini merupakan salah satu jalan mega konstruksi yang fenomenal di Indonesia. Selain desain konstruksinya yang menawan, keindahan kelok 9 juga terletak pada pemandangan alam sekelilingnya. Jalan yang menghubungkan antar lembah ini terletak di kawasan hutan suaka yang asri dan segar. Panjang jalannya 2537 meter dan tentunya sesuai namanya, memiliki 9 belokan (kelok).

Salah satu ikon kebanggaan dari provinsi Sumatera Barat ini berusia lebih tua dari Indonesia karena dibangun pada masa kolonial Belanda di tahun 1910. Jalan ini semakin nyaman untuk dinikmati setelah melewati beberapa fase pembangunan dan renovasi, termasuk pembangunan jembatan layang sepanjang 959 meter.

Arus lalu lintas di jalan ini tidak terlalu padat, apalagi bila kita pintar (dan beruntung) memilih waktu yang pas. Apabila momennya pas, sedikit menancap gas di jalan ini layaknya seperti ada di sirkuit balap saja hehe.

Kelok 44jalan di Indonesia

Penggemar film balap Initial D tentu tahu dengan jalan leraeng pegunungan Akina. Nah, jalan berikut ini mengingatkan saya dengan jalan tersebut.

Masih di Sumatera Barat, kelok 44 merupakan jalan di lereng perbukitan yang sangat menantang keahlian mengemudi. Bayangkan saja, sesuai namanya, jalan sepanjang sekitar 10 kilometer dengan lebar sempit ini memiliki 44 belokan patah-patah yang tajam. Tidak heran apabila banyak pengemudi atau pengendara yang sering merasa mual apabila melalui jalan ini. Tantangan terbesar mengemudi di jalan ini adalah mengemudi kencang menuruni jalan (downhill) di malam hari. Saya tidak menyarankan hehe.

Sedikit tips untuk mengemudi di jalan yang memiliki banyak belokan patah seperti kelok 44 ini adalah jangan segan-segan untuk membunyikan klakson berulang-ulang begitu akan memasuki belokan patah (siku).

Pemandangan alam di jalan ini menyuguhkan panorama yang berkesan. Di sepanjang jalan atau di rest area kita bisa menikmati pemandangan hijau perbukitan dan pesona danau Maninjau yang menawan. Kelok 44 juga merupakan jalan di indonesia yang menjadi ikon untuk event balap sepeda Tour de Singkarak.

Tol Bali Mandara

jalan di Indonesia

Bila sebelumnya jalan-jalan yang kita bahas terletak di area perbukitan, maka jalan yang satu ini terletak terapung di air. Tol Bali Mandara merupakan jalan di Indonesia yang pertama kali dibangun terapung di atas air laut dan juga memiliki jalur khusus sepeda motor. Karena keunikannya tersebut pengalaman mengemudi di jalan ini menjadi berbeda dengan jalan lainnya. Belum lagi ditambah pemandangan laut dan langit yang biru mempesona.

Jalan sepanjang 12,7 km ini dibangun dengan waktu yang sangat cepat yaitu dimulai pada Maret 2012 dan selesai pada Mei 2013. karena dibangun di atas perairan laut, maka di jalan ini seringkali berhembus angin kencang. Jadi apabila kita mengemudi agak cepat disini harus sedikit berhati-hati dengan hambatan aerodinamis terutama untuk kendaraan yang clearence nya tinggi (tidak ceper). Meski nampaknya karena keindahan panoramanya, membuat kita tidak akan mengemudi cepat melewati jalan ini, kecuali memang bila sedang buru-buru hehe.

HEAT Tembagapura (Ilyas Road)

jalan di IndonesiaJalan yang satu ini juga agak berbeda dengan jalan-jalan sebelumnya. Bila sebelumnya kita membahas jalan dengan tekstur permukaan aspal atau hotmix, nah jalan ini merupakan jalan kerikil (trail road).

HEAT Tembagapura adalah jalan akses menuju area pertambangan Grasberg di Papua yang merupakan tambang emas terbesar di dunia. HEAT sendiri merupakan akronim dari Heavy Equipment Access Trails yang berarti jalan untuk akses peralatan berat. Jalan ini juga dikenal dengan nama Ilyas Road yang diambil dari nama arsiteknya, Ilyas Hamid.

Ilyas Road terletak di ketinggian 2500 sampai dengan 4000 meter diatas permukaan laut. Sangat tinggi bukan? Selain itu, keunikan lainnya adalah medan yang sangat sulit untuk dibuat untuk jalan besar dan lebar yang sanggup menahan beban kendaraan alat berat tambang setiap harinya. Hal inilah yang membuat jalan ini, menurut Freeport Indonesia, pernah diliput oleh National Geographic TV untuk tayangan Megastructures. Meskipun ketika saya coba cari-cari tapi tetap tidak bisa menemukan episode dan season berapa. Apa dihapus? Atau hanya mengada-ada? haha.

Berbicara mengenai jalan ini, saya malah teringat dengan tayangan TV Top gear yang memang beberapa kali menggunakan track serupa yaitu jalan trail pegunungan dalam beberapa episodenya.

Tentunya kita tidak bisa menggunakan jalan ini karena memang penggunaannya khusus untuk keperluan pertambangan.

Tol Cikopo – Palimanan

Jalan yang sering disingkat menjadi Tol Cipali ini memiliki lintasan sepanjang 116 km yang menghubungkan Purwakarta dan Cirebon. Untuk kalian yang memuja kecepatan, jalan tol ini cocok untuk dijadikan track lari bagi mobil kesayangan kalian. Tol Cipali didominasi oleh lintasan lurus dan panjang serta ditambah jalan yang lumayan lebar. Itulah kenapa, tidak lama setelah jalan ini diresmikan, serangkaian kecelakaan terjadi yang diprediksi karena lintasan jalan yang panjang dan lurus membuat banyak pengemudi mengantuk.

Selain lintasan jalan yang menggoda kaki kanan pengemudi yang gemar memacu mobilnya, pemandangan alam di jalan ini pun lumayan menghibur. Alam terbuka yang diselingi beberapa area persawahan nampak mempesona terutama di pagi dan sore hari.

Lingkar Nagreg

Jalan di IndonesiaLingkar Nagreg merupakan jalan one way yang terletak di Kabupaten Bandung. Keunikan dari jalan ini adalah pembangunan jalannya yang membelah kawasan perbukitan sejauh 5 km. Lintasan jalannya didominasi turunan dan belokan disertai beberapa tikungan yang nikmat rasanya untuk digunakan drifting haha.

Di jalan ini juga terdapat terowongan yang memiliki atmosfir seperti di luar negeri. Mengemudi di terowongan apalagi dalam kecepatan tinggi akan menghasilkan suara merdu bagi para penggemar kecepatan. Sayangnya terowongan ini atasnya didesain bolong-bolong, jadi suara yang dihasilkan tidak segahar yang diharapkan.

Karena keunikan dan keindahannya, tidak heran jalan ini menjadi tempat persinggahan favorit para pengemudi untuk melepas lelah sembari menikmati pemandangan jalannya. Oleh karena itu, apabila kita ingin sedikit memacu kecepatan di jalan ini disarankan untuk melaluinya di tengah malam atau dini hari.

Demikian ulasan kali ini. Ada yang mau berbagi pengalaman mengemudinya di jalan-jalan ini?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Jalan di Indonesia yang Indah dan Pas Untuk Ngebut”