Kegiatan Karantina Car Enthusiast – Dijamin Gak Bosen!

Bagaimana dengan kegiatan karantina kalian? Setiap orang berbeda-beda. Ada yang tidur seharian, ada yang main hp (dikombinasikan dengan tidur seharian), ada yang masak atau belajar bikin kue, buat gambar, binge-watching film, dan lainnya.

Bagaimana dengan kaum car enthusiast atau para petrolhead?

Masa-masa stay home awal-awal pasti menyenangkan. Tidak perlu dipungkiri lah, pasti awal-awal kita senang membayangkan bisa dirumah, ga sekolah, ga ngampus, ga ngantor. Ya kan?

Seharian dirumah mau ini mau itu. Sama halnya kita pas jaman kecil ketika orang tua ada perlu pergi menginap di luar. Main game seharian, undang teman ke rumah, begadang, makan-makan. Pokoknya bebas merdeka!

Tapi yaaa, itu awal-awal. Lama-lama? Mulai bosan, mulai hampa dan terus semakin bosan dan semakin hampa haha.

Kegiatan Karantina Car Enthusiast – Dijamin Gak Bosen!

Dipadukan dengan hadirnya bulan puasa, yang tentunya untuk yang menjalankan puasa ini menjadi combo maut. Stay home plus puasa. Haus, lapar, lemes, dan bosan bercampur bisa membuat kita enek bahkan stress. Belum lagi hadirnya PSBB alias semi lockdown di beberapa kota saat ini. Semuanya menjadikan masa-masa stay home atau karantina menjadi masa-masa yang suram.

Tapi tenang, sebenarnya yang kita butuhkan adalah pengalih perhatian. Dengan begitu kita tidak fokus dengan kebosanan (dan kelaparan kehausan akibat puasa hehe).

Apa pengalih perhatiannya?

Tentunya aktifitas atau kegiatan karantina yang menyenangkan yang membuat kita lupa sejenak dengan kondisi saat ini. Tak terasa bedug magrib pun tiba hehe.

Dalam ulasan kali ini kita akan bahas berbagai kegiatan karantina yang mengasikkan untuk para car enthusiast. Ulasannya kita coba buat selengkap mungkin. Kalo ada yang kurang ditunggu bgt tambahannya.

Kita mulai saja, siapkan kopinya biar enak bacanya hehe.

Menonton Film Mobil

Sebagai car enthusiast tontonan mobil rasanya wajib ada di list kegiatan karantina. Sebagian besar event kejuaraan mobil seperti Formula 1 memang di cancel. Tapi ini lah saat yang tepat untuk kita browsing-browsing lagi film mana saja yang kelewat belum ditonton atau malah untuk ditonton ulang.

Menonton film adalah kegiatan menyenangkan yang lazim dilakukan orang saat di rumah. 1 film bisa tak terasa menghabiskan waktu sekitar 1,5-2 jam. Untuk film, saya sendiri lebih senang download atau nyetok film biasanya di Idws, warez-bb, atau forum-forum internet lainnya.

Berikut beberapa film mobil yang wajib ditonton saat karantina atau stay home.

Film: Rush, The Fast and the Furious: Tokyo Drift, Initial D (Live-action), Ford v Ferrari, Wheelman, Baby Driver, Death Race, Need For Speed, Transporter, Italian Job, 2 Fast 2 Furious, Drive.

Series: Top Gear, The Grand Tour, Initial D, Wangan Midnight, Drive To Survive (F1 Series), Hyperdrive, Counting Cars, Car Masters, Rust Valley Restorers.

Dokumenter: Senna, A life of Speed: The Juan Manuel Fangio Story, Apex: The Story of the Hypercar, Truth in 24, American Factory, Williams, McLaren, The 24 Hour War, Urban Outlaw, Road, TT3D: Closer to the Edge (Bonus: Tentang motor sih ini Isle of Man, tapi pasti suka cobain klo belom hehe).

Menonton Top Gear dan The Grand Tour

Kegiatan Karantina Car Enthusiast – Dijamin Gak Bosen!

Keduanya merupakan series atau acara TV yang sudah disebutkan di atas. Sengaja dipisahkan karena dua ini memang spesial dan banyak sessionnya.

Berbicara Top Gear disini merujuk pada Top Gear Inggris yang dulu, dibawakan oleh trio presenternya yang terkenal, Jeremy Clarkson, Richard Hammond, dan James May. Acara TV ini merupakan acara bertema motorsport paling populer di seluruh dunia. Bahkan di negara asalnya yaitu Inggris, acara ini menjadi semacam tontonan wajib yang selalu ditunggu-tunggu warganya termasuk kalangan yang bukan pecinta mobil.

Hal tersebut dikarenakan tayangan TV ini memang sangat menghibur dan seru untuk diikuti. Penyajiannya bukan sekedar review mobil yang membosankan melainkan dikemas apik dengan ide-ide unik yang brilian, segar dan sekaligus jenaka.

Menonton Top Gear bisa menjadi salah satu kegiatan karantina para car enthusiast. Buat kalian yang sudah nonton, pasti paham dan mengerti acara ini tetap segar meski ditonton beberapa kali. Terutama challenge-challenge gokilnya yang selalu membuat penontonnya takjub dan tertawa!

The Grand Tour sendiri bisa dibilang adalah Top Gear ‘lama’ yang pindah channel/ saluran TV dari BBC ke Amazon.

Bermain Game Mobil

Kegiatan Karantina Car Enthusiast – Dijamin Gak Bosen!

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar car enthusiast itu cowo dan sebagian besar cowo menikmati video game. Entah itu suka banget atau suka sekadar menikmati. Bermain video game adalah salah satu kegiatan karantina yang ampuh untuk menghabiskan waktu. Bahkan kabarnya PS4, terutama yang bekas, harganya naik dikarenakan adanya pandemi corona!

Game mobil ada beberapa jenis. Ada game racing yang dikombinasikan cerita seperti Need For Speed, ada yang berupa simulasi racing seperti Gran Turismo, Forza Horison, Dirt Rally, iRacing, Project Cars, F1. Ada juga yang berupa simulasi manager seperti Motorsport Manager.

Saya sendiri memainkan Need For Speed Heat. Meskipun sudah tamat, karena ceritanya kependekan. Tetapi masih lumayan lah untuk gaspol iseng2 sambil mengoleksi mobil di garasi. Untuk simulasi racing membutuhkan steering wheel yang memang saya tidak punya dan belum tertarik beli hehe. Tanpa steering wheel bermain game simulasi racing sangat tidak menyenangkan karena mobil sulit untuk dikontrol dengan baik.

Untuk simulasi manager tim balap, saya menyarankan Motorsport Manager dimana kita bisa hanyut dalam game sebagai seorang manager tim F1. Oya, bila kalian tertarik bermain online bisa semakin menambah seru pengalaman bermain game mobil.

Bermain Mobil Remote Control

Mobil remote control merupakan salah satu opsi kegiatan karantina lainnya. Bermain mobil remote control sangat menyenangkan, terbukti ini menjadi hobi serta alasan munculnya berbagai komunitas dan kejuaraan mobil remote control.

Ada dua jenis mobil remote control. Yang menggunakan baterai dengan tenaga dinamo dan yang menggunakan methanol dengan tenaga dari mesin. Jenis mobilnya pun ada tiga. Mobil untuk balap sirkuit, mobil untuk drifting dan terakhir mobil off-road.

Kalian tidak perlu khawatir akan bosan bila bermain sendirian, karena banyak yang kita bisa lakukan dengan mobil ini. Misal kita bisa membuat sirkuit atau lintasan, latihan drifting, latihan teknik-teknik seperti parkir, donut dan lainnya. Bukan hanya itu saja, mobil ini bisa juga dimodifikasi baik secara performa maupun secara tampilan! Untuk mobil off-road kita bisa menggunakannya di pekarangan rumah atau lapangan dekat rumah.

Tentunya modifikasi tampilan dan teknik bermain RC selalu kalian bisa padukan dengan video buatan sendiri layaknya mobil beneran!

Bermain Tamiya

Kegiatan Karantina Car Enthusiast – Dijamin Gak Bosen!

Siapa sih yang ga kenal Tamiya? Mobil mainan ini sempat menggila alias mewabah berkat film kartun Dash! Yonkuro pada era 90-an. Sampai saat ini pun Tamiya masih memiliki fanbase yang loyal dan aktif memainkan mobil mini 4WD ini.

Tidak perlu ditanya keasikan bermain tamiya. Meskipun sendrian kita bisa tetap menikmati mainan ini, entah itu membalapkan dua tamiya dalam track ataupun merangkai dan memodifikasinya. Modifikasi mobil ini sangat banyak seperti dinamo, chasis, gear, ban dan sebagainya. Kita juga tentunya bisa bermain bersama saudara atau anak dirumah yang semakin menambah keseruan bermain Tamiya.

Untuk harga track saat ini satu set mulai dari 200rb-an. Begitupun dengan mobilnya saat ini harganya sekitar 200rb.

Belanja Part dan Asesoris Mobil (Online)

Dari tadi nonton dan main terus, sekarang waktunya belanja haha. Waktu stay home dan karantina di rumah bisa kita gunakan untuk browsing-browsing online mencari part dan asesoris untuk mobil tercinta.

Tentunya ini bukan hal yang sebentar. Biasanya kita sebelum memutuskan membeli tentu akan memilih dahulu dan melihat-lihat review entah itu ulasan artikel atau video.

Sebaliknya saat ini juga bisa kita jadikan momen untuk menjual part-part mobil kita yang tidak terpakai lagi. Lumayanlah daripada tidak terpakai dan menuh-menuhin rumah mening dijual jadi duit hehe.

Work on Your Car!

Kegiatan Karantina Car Enthusiast – Dijamin Gak Bosen!

Sekarang giliran kegiatan karantina yang agak produktif lah. Ya mungkin tidak terlalu produktif juga haha. Momen stay home merupakan momen yang pas untuk kita menghabiskan waktu dengan mobil kesayangan kita.

Banyak yang bisa kita lakukan, misal kita bisa me-wax mobil agar cat selalu terjaga mengkilap. Ada codet baret yang mengganggu pemandangan yang selama ini ingin kita poles tetapi belum sempat? Inilah waktunya. Gosok-gosok terus sekalian olahraga hehe.

Kita juga bisa membersihkan detiling interior, atau ruang mesin agar semakin kinclong. Sudah belanja online dan pesanan sudah sampai? Saatnya kita ngoprek dan memasangkan part-part/ asesoris yang kita sudah beli!

Jalan-Jalan Sebentar Keliling Kota

Stay home dan karantina ini menjadikan jalanan yang biasanya padat menjadi lenggang. Momen ini pas sekali untuk membawa mobil untuk sekedar keliling-keliling dan sedikit tancap gas hehe. Mobil pun jarang digunakan dan butuh yang namanya dipanasin dibawa keluar. Ajaklah ia jalan-jalan!

Apalagi bila tadi, kita sudah work our car. Sudah bersih-bersih sudah pasang part/asesoris baru. Beuh nikmatnya!

Jalan-jalan sebentar menurut saya tidaklah menyalahi aturan. Kita masuk mobil, keluar rumah, keliling-keliling, dan balik lagi ke rumah. Tidak berinteraksi dengan orang, tidak pergi ke tempat keramaian. Lagipula kembali mobil butuh dipanaskan bergerak bukan sekedar panas idle.

Jadi bila kalian diberhentikan karena PSBB dan ditanya oleh petugas, utarakan seperti di atas dan bilang mau belanja kebutuhan ke supermarket hehe.

Kegiatan Karantina Lainnya Untuk Car Enthusiast

Kegiatan Karantina Car Enthusiast – Dijamin Gak Bosen!

Masih mau ide lainnya untuk kegiatan karantina? Berikut kegiatan lainnya yang para petrolhead bisa coba saat stay home atau karantina COVID19.

  • Membuat diorama diecast mobil
  • Mempelajari dan latihan basic maintenance mobil
  • Menggambar dan mendesain mobil
  • Menulis cerita bertema mobil atau balap mobil
  • Browsing iklan-iklan mobil
  • Menonton video YouTube mobil
  • Membuat blog dan menulis tentang mobil (seperti saya hehe)

Demikian ulasan kali ini.

Situasi saat ini dimana kita harus stay home dan karantina ga bisa kemana-mana tentu tidak menyenangkan. Kita harus pintar-pintar menyibukkan diri dengan kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian kita. Bila tidak, kejemuan dan kebosanan malah berbahaya bagi kesehatan fisik maupun mental kita.

Kembali kita juga harus terus bersabar dan bersyukur. Di saat seperti ini banyak saudara-saudara kita yang bingung cari uang, di-PHK, usahanya rugi, dsb. Banyak juga saudara-saudara pahlawan medis kita yang sedang berjuang di garis depan. Dan banyak juga saudara kita lainnya yang terserang terjangkit COVID19.

Bukan maksud ceramah nih, tapi memang begitulah adanya. Jadi, stay safe be patient and terus berdoa mudah-mudahan ujian corona ini lekas berlalu.

Bagaimana nih menurut kalian, ada yang mau berbagi pengalaman kegiatan karantinanya? Ada tambahan atau komentar?

Kalian juga bisa lihat panduan dan tips mobil saat pandemi disini. Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *