Mengapa Orang Membenci Mobil Honda?

Mengapa Orang Membenci Mobil Honda?

Mobil Honda merupakan salah satu merk mobil yang populer di dunia. Desain mobilnya yang manis ditambah dengan kehandalan mesin Jepang serta harga yang terjangkau membuat banyak orang memilih untuk membeli mobil tersebut.

Mobil Eropa dengan trio andalannya, BMW, Benz, dan Audi hampir selalu memiliki desain eksterior yang indah dan menawan. Nah, untuk produsen mobil Asia, apabila kita perhatikan dan bandingkan dengan merk lainnya, memang Honda merupakan merk yang jarang gagal dalam mendesain mobilnya. Sebelumnya kita pernah membicarakan mengenai mobil jelek yang dijual di Indonesia. Tidak ada satupun tipe mobil Honda dalam ulasan tersebut.

Lalu kenapa orang membenci mobil Honda?

Dalam perkembangan dunia mobil khususnya car culture di luar negeri. Entah itu melalui YouTube, forum komunitas mobil ataupun media lainnya, kita akan menemukan stereotype mobil Honda sebagai mobil yang tidak disukai orang. Persepsi ini layaknya sebuah dogma, lama kelamaan bisa menular dan mempengaruhi pandangan orang lainnya.

Apabila kita lihat, simpelnya di Google. Bisa kita dapatkan ratusan atau bahkan lebih gambar meme mengenai sindiran terhadap Honda. Lihat saja hasil pencarian kata kunci seperti “honda meme“.

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas alasan kenapa mobil Honda mendapatkan persepsi yang negatif bagi sebagian kalangan car enthusiast. Mudah-mudahan kita bisa menjaga diri dari pandangan yang negatif tanpa tahu asal muasalnya hehe.

Kita mulai saja.

Sistem Penggerak FWD

Mengapa Orang Membenci Mobil Honda?Front Wheel Drive atau disingkat FWD adalah sistem penggerak mobil dengan menggunakan roda depannya. Umumnya sistem ini banyak ditemukan pada mobil ekonomis dan konvensional. Alasan utamanya karena sistem FWD memungkinkan efiensi tenaga dari mesin yang langsung terhubung dan menggerakkan roda depan mobil. Selain itu membangun mobil FWD tidaklah serumit membangun mobil dengan penggerak roda belakang (RWD) atau penggerak seluruh roda (AWD/ 4WD).

Lalu apa yang salah dengan FWD pada mobil Honda?

Karena FWD identik dengan image ekonomis tadi, ditambah memang kestabilan dan handling mobil FWD memang tidak sebaik mobil RWD atau AWD. Selain itu,  mobil sistem FWD juga tidak bisa melakukan manuver balap seperti drifting.

Bukankah banyak mobil merk lainnya yang menggunakan sistem penggerak FWD?

Betul. Akan tetapi, merk lainnya juga memiliki sederetan mobil performa dengan tipe penggerak RWD atau AWD. Kita lihat saja seperti Toyota Supra, Toyota MR2, Nissan Silvia, Nissan Skyline, Mitsubishi Lan-EVO, dan lainnya. Sedangkan pada Honda kebanyakan mobilnya menggunakan penggerak FWD. Bahkan untuk seri performanya yang populer seperti Civic Type-R, sampai sekarang masih menggunakan sistem penggerak FWD. Memang Honda memiliki NSX dan S2000 dengan sistem penggerak RWD, tetapi jumlahnya yang sedikit dibanding tipe Honda lainnya membuat FWD tetap identik dengan Honda.

Modifikasi yang Ngasal

Mengapa Orang Membenci Mobil Honda?Memiliki mobil keren adalah impian dari sebagian besar penggemar mobil. Bagi anak muda, mobil keren ini identik dengan mobil bergaya modern dan atau bergaya balap. Seperti telah disebutkan sebelumnya Honda memiliki desain eksterior yang modern dan sporty. Ditambah harganya yang cukup terjangkau. Itulah kenapa mobil ini seringkali menjadi pilihan utama para anak muda.

Sebagaimana anak muda, tentunya kebanyakan tidak memiliki pengalaman serta pengetahuan dalam modifikasi yang benar. Selain itu, mereka juga sering terkendala oleh budget yang terbatas. Hal inilah yang membuat mereka sering melakukan modifikasi yang ngasal kepada mobil Honda mereka. Yang paling sering ditemui adalah mengganti muffler (knalpot) dengan knalpot berukuran besar yang membuat mobilnya bersuara seperti mesin pemotong rumput (lawn mower). Ada juga yang memasang rear wing (sayap) berukuran besar layaknya mobil balap sirkuit. Beberapa lainnya mencantumkan stiker decal part performa mobil balap agar terlihat seperti mobil pada game Need for Speed Underground atau film Fast Furious.

Hal inilah yang membuat mobil Honda identik dengan modifikasi tidak karuan. Atau istilah lainnya adalah ricer. Dalam dunia car culture, salah satu stereotype mobil ricer adalah Honda Civic.

Pengemudi yang Kekanak-kanakan

Mengapa Orang Membenci Mobil Honda?Masih menyambung dengan point sebelumnya. Honda yang identik dengan anak muda juga memberikan image yang tidak dewasa (immature) atau kekanak-kanakan pada mobil Honda. Selain mendandani mobil mereka dengan gaya ricer, mereka juga kerap melakukan tindakan atau sikap yang meresahkan.

Tindakan tersebut terutama disebabkan antusiasme jiwa muda yang tidak diiringi pengetahuan dan pengalaman. Contohnya, melakukan burnout sembarangan; tidak dalam kondisi dan timing yang pas, mengemudi ngebut yang tidak mempertimbangkan keselamatan sekitar, menggerung-gerung knalpot sebesar lodongnya, dan aksi-aksi lainnya.

Fanatisme

Mengapa Orang Membenci Mobil Honda?Kecintaan yang berlebihan terkadang membuat orang merasa risih. Apalagi bila menganggap apa yang disukai adalah yang paling hebat sedangkan yang lainnya jelek. Seringkali ditemui para penggemar mobil Honda yang mengagung-agungkan mobil Honda dan merendahkan mobil lainnya.

Fanatisme buta juga menjadi penyebab penggemar mobil Honda kurang disukai oleh car enthusiast lainnya. Seperti misalnya terlalu membesar-besarkan kinerja VTEC tanpa tahu pasti apakah dan bagaimanakah VTEC itu. Inilah yang memunculkan istilah dan meme “VTEC just kicked in yo!”, yang merupakan cemoohan bagi para fanatik Honda.

Anehnya, saya pernah melihat para penggemar mobil Honda yang menggunakan kaos bertuliskan “VTEC just kicked in yo!”. Padahal setau saya, istilah ini merupakan guyonan atau cemoohan orang untuk penggemar mobil Honda. Miris juga melihatnya. Memang awalnya ungkapan tersebut merupakan pernyataan para penggemar Honda yang bangga dengan performa VTEC. Namun, ungkapan tersebut kini telah berubah menjadi sindiran negatif terhadap para fanatik Honda. Kita bisa menemukan berbagai kompilasi video atau meme “VTEC just kicked in yo!” yang berisikan mobil-mobil Honda yang ngebut tetapi malah nabrak atau hancur.

Demikian ulasan kali ini. Buat kalian yang mobil kesayangannya adalah Honda, jangan terlalu berkecil hati. Umumnya olok-olokan terhadap Honda tersebut bersifat guyonan belaka. Para penggemar mobil biasanya suka saling bercanda dan memang guyonan Honda tersebut hanya sebatas kelakar untuk sekedar have fun saja. Sama halnya dengan stereotype mobil Mustang yang sering dibercandakan sebagai mobil yang gemar menabrak orang. Kalopun ada yang menganggap guyonan tersebut sesuatu yang serius, mungkin orang tersebut kurang bijak dan kurang piknik hehe.

Pada kesimpulannya, Honda dibenci oleh sebagian kalangan disebabkan terutama karena driver atau penggunanya. Ya kalaupun kita memang keukeuh tetap ingin membenci, atau diperhalus sedikit; “kurang menyukai”. Maka arahkanlah ke pemiliknya, jangan ke mobilnya. Hate the owner, not the car.

Ada yang mau menambahkan atau berkomentar?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 thoughts on “Mengapa Orang Membenci Mobil Honda?”