7 Mobil Balap Legendaris Dalam Sejarah Otomotif Dunia


Senang mobil balap tentu belum afdol bila tidak mengetahui mobil balap legendaris.

Balap mobil merupakan faktor penting yang menjadikan dunia motorsport berkembang dan populer. Apapun bentuknya, entah itu rally, touring, formula, drag, drift, semuanya memiliki jiwa yang sama. Passion, dedikasi, panasnya kompetisi. Balap mobil mengekspresikan ikatan emosional yang kuat mengenai pria dan mesin.

Bayangkan ada berapa banyak mobil balap yang bertarung dalam colosseum kejuaraan motorsport? Jumlahnya bisa jadi mencapai jutaan. Nah dari semua itu, ada beberapa mobil yang kehadirannya sangat mencolok dan memukau dunia.

Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor. Ada yang karena prestasinya dan performanya yang sangat mendominasi lawan-lawannya. Ada juga yang disebabkan keunikan dan atau inovasi teknologi yang canggih di jamannya. Terakhir, tentu saja dikarenakan nilai sejarah yang kental di dalamnya.

Dalam ulasan ini kita akan membahas 7 mobil balap legendaris dalam sejarah otomotif dunia. Sebenarnya yang masuk dalam kategori legendaris ini masih ada. Tapi biar tidak terlalu panjang kita batasi saja, sisakan untuk komentar hehe.

Sudah siap kan kopinya? Kita mulai saja.

Auto Union Race Cars

7 Mobil Balap Legendaris Dalam Sejarah Otomotif Dunia

“Supercharged 6-liter V16 Silver Arrows”

Bayangkan mobil bermesin supercharger dengan tenaga 520 hp. Widih sangar bukan? Tapi, mobil ini berasal dari tahun 1934!

Inilah mobil balap Auto Union.

Tahun 1936 para pahlawan kita sedang mati-matian mengusir penjajah. Nah, di Eropa sana tepatnya di Jerman, 4 perusahaan yang salah satunya adalah Audi membuat mobil balap dengan spek yang gahar. Dengan konfigurasi 32 valve V16 dilengkapi sistem supercharger, mobil balap Auto Union bisa melesat dengan kecepatan 250 km/ jam.

Mesin mobil ini terletak di belakang dan distribusi berat depan belakang sebesar 40/60. Saat itu, desain suspensinya dianggap sebagai sebuah terobosan mahakarya. Di bagian depan pengemudi duduk di atas as roda sementara bagian belakang menggunakan double wishbone ganda dan suspensi pegas melintang. Desain body mobilnya dibuat dengan cermat di Institut Aerodinamika Jerman untuk memberikan baik pendinginan yang efisien dan efek aerodinamis yang maksimal.

Hanya dalam waktu 2 tahun, yaitu 1935 sampai 1937, mobil balap legendaris ini telah memperoleh 25 kemenangan Grand Prix di Eropa!

Namun, dominasi dan pengembangan mobil ini kemudian terhenti oleh terjadinya Perang Dunia Ke-II.

Yuk dengarkan suara mesin V16-nya yang seger banget di video ini!

Ford GT40

7 Mobil Balap Legendaris Dalam Sejarah Otomotif Dunia

“The Ferrari killer!”

Selain dari prestasinya, Mobil balap ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Ford GT.40 merupakan bukti dan saksi bisu ambisi Ford dalam mengalahkan dominasi Ferrari di Le Mans.

Pada tahun 1960, Ferrari sangat mendominasi dalam kejuaraan balap endurance Lemans 24 hour. Bayangkan saja, Ferarri sudah menjadi pemenang berturut-turut selama 6 tahun dari 1960 sampai 1965!

Ketika itu Henry Ford II sudah sejak lama menginginkan Ford untuk bisa berpartisipasi dalam kejuaraan bergengsi, Le Mans. Pada 1963, ia mendengar bahwa Ferrari berminat untuk menjual perusahaannya. Ford pun tertarik dan kemudian kabarnya menghabiskan uang jutaan dollar untuk inspeksi pabrik serta legalitas negosiasi. Namun, ketika Enzo Ferarri mendengar bahwa Ford nantinya akan melarang Ferrari berpartisipasi dalam kejuaraan Indy 500. Ferarri pun marah dan membatalkan proses akuisisi tersebut. Ford pun ikut kecewa dan geram akan aksi pembatalan tersebut.

Ford kemudian dengan penuh ambisi memerintahkan divisi racing nya untuk membuat mobil yang dapat mengalahkan dominasi Ferarri dalam Le Mans. Bekerja sama dengan Lotus, Lola, dan Cooper, tak lama kemudian lahirlah Ford GT40 dengan membawa misi dendam dari Ford.

Bukan hanya sekedar gertakan sambal belaka, Ford GT40 kemudian sukses mengalahkan Ferrari dan menjuarai Le Mans. Bukan hanya sekali, tapi 4 tahun berturut-turut! Mobil ini sukses menjalankan misi balas dendam majikannya dari tahun 1966 sampai 1969.

Sebuah cerita yang sangat emosional dan menginspirasi!

Dalam video berikut kita bisa melihat betapa lincah dan memukaunya mobil ini di track!

Chaparral

7 Mobil Balap Legendaris Dalam Sejarah Otomotif Dunia

“The leaders in aerodynamics and downforce”

Chaparral merupakan mobil balap yang dikembangkan oleh Hap Sharp and Jim Hall pada 1963 sampai 1970. Keduanya merupakan pembalap Formula 1 Amerika.

Dari beberapa tipe yang dikembangkan, yang paling terkenal dan legendaris adalah Chaparral 2E dan Chaparral 2J. Padahal keduanya tidak pernah memenangkan kejuaraan hehe.

Lho lalu kenapa bisa jadi mobil balap legendaris?

Kedua mobil tersebut berhasil memukau dunia dengan inovasi tekhnologinya yang unik dan briliant! Chaparral 2E dan 2J memiliki terobosan dalam sistem ground effect dan aerodinamis mobil.

Chaparral 2E merupakan satu-satunya mobil yang menggunakan wing alias sayap belakang segede gambreng. Besar banget! Udah kayak jemuran baju hehe. Sayap ini sudah dihitung sedemikian rupa untuk memiliki efek downforce sehingga membantu mobil tetap stabil dalam belokan kecepatan tinggi. Uniknya, sayap ini bisa dikendalikan dari ruang pengemudi. Ketika pada lintasan lurus, sudut sayap ini bisa berubah sehingga mengurangi drag atau hambatan udara. Canggih bukan? Fitur ini banyak kita jumpai di supercar jaman now hehe.

Chaparral 2J lebih ekstrim lagi. Mobil ini berbentuk seperti vacuum cleaner karena memang sebuah vacuum cleaner raksasa! Chaparral 2J memiliki dua buah kipas besar yang berfungsi menyedot mobil sehingga merapat ke permukaan jalan. Downforce yang dihasilkan sangat besar bahkan pada kecepatan yang lambat. Luar biasa! Karena tekhnologi ini, Chaparral 2J mampu melesat sangat cepat pada belokan.

Sayangnya kedua mobil ini dilarang alias banned sebelum mencapai pengembangan optimalnya. Bila terjadi kerusakan atau tabrakan, serpihan komponen dari sayap besar dan kipas vacuum cleaner dinilai berbahaya bagi mobil lainnya.

Mau lihat betapa uniknya mobil ini, yuk kita lihat di video ini!

Porsche 962

7 Mobil Balap Legendaris Dalam Sejarah Otomotif Dunia

“One of the most successful race cars in all time.”

Seperti sebelumnya pernah disebutkan, ajang kompetisi balap merupakan ekspresi ikatan emosional yang kuat antara pria dan mesin. Ibaratnya balap kuda, mobil adalah kuda tunggangan dengan karakter dan jiwa yang berbeda-beda.

Nah salah satu “kuda” tangguh di jamannya adalah Porsche 962. Mobil ini telah melewati berbagai jenis kejuaraan dan berhasil meraih berbagai kesuksesan. Rentang waktunya pun cukup panjang. Porsche 962 sangat mendominasi dalam berbagai ajang motorsport dunia di era 80an. Bahkan pada pertengahan 90an pun mobil yang bisa dibilang “kuda tua” ini masih mampu berkompetisi dan meraih kemenangan! 10 tahun setelah diciptakan, pada tahun 1994 Porsche 962 berhasil menjadi juara Le Mans untuk ketiga kalinya.

Deretan kemenangan menjadikan mobil ini sebagai mobil balap legendaris dalam sejarah dunia motorsport. Berikut beberapa diantara kejuaraan yang dimenangkan Porsche 962.

  1. World Sportscar Championship tahun 1985 dan 1986.
  2. IMSA GT Championship empat kali berturut-turut dari tahun 1985 sampai 1988.
  3. All Japan Sports Prototype Championship lima kali berturut-turut dari tahun 1985 sampai 1989.
  4. Supercup Series empat kali berturut-turut dari tahun 1986 sampai 1989.
  5. Interserie Championship enam kali berturut-turut dari tahun 1987 sampai 1992.
  6. Le Mans tiga kali yaitu 1986, 1987, dan 1994

Gimana banyak banget kan? Luar biasa!

Tidak heran, dengan prestasinya yang memikat tersebut, mobil ini wajib masuk ke dalam daftar mobil balap legendaris dunia.

Dalam video berikut kita bisa lihat mobil yang sekarang harganya jutaan dollar ini.

Audi Sport Quattro S1

7 Mobil Balap Legendaris Dalam Sejarah Otomotif Dunia

“The speed, the sound, the flames…the beast!”

Ah mobil yang sudah sangat melegenda. Pasti beberapa diantara kalian sudah menantikan Audi Sport Quattro S1 dalam list ini.

Mobil ini merupakan salah satu legenda dalam dunia balap rally dunia. Bukan hanya dari sisi performa dan prestasinya saja, nilai sejarahnya pun sangat kental dalam sejarah rally dunia.

Audi Quattro merupakan mobil yang merubah rally dengan layout AWD dan turbocharger.

Sebelumnya rally didominasi dengan mobil penggerak roda belakang alias RWD. Ketika itu, sistem 4WD dinilai terlalu kompleks dan berat untuk rally. Apalagi bila ditambah dengan sistem turbocharger. Namun Quattro membuktikan sebaliknya. Mobil ini mampu mengalahkan dan mendominasi lawan-lawannya dalam berbagai pertandingan.

Mau tau berapa tenaga dari Quattro S1?

600 hp! Kebayang kan mengemudikan mobil sebrutal itu dalam kondisi track rally yang dikenal sebagai track ekstrim. Ngeri bos!

Hebatnya lagi, karena Quattro S1 dinilai terlalu cepat, FIA kemudian memutuskan untuk membuka kelas/ group rally baru untuk menempatkan mobil ini. Ya betul, Quattro merupakan penyebab munculnya group rally brutal yang legendaris, Group B. Disinilah kemudian monster-monster rally dengan spek ganas bertempur yang melibatkan berbagai kecelakaan dan bahkan kematian. Pesona rally ketika itu saking thrilling-nya sampai mampu mengungguli popularitas formula 1!

Lihatlah betapa buasnya monster ini berlaga di Group B rally di video berikut. Belum ditambah suara mesin dan turbo yang membuat bulu kuduk merinding!

Mazda 787B

7 Mobil Balap Legendaris Dalam Sejarah Otomotif Dunia

“The legendary rotary hero.”

brappp brappp brappp brappp brappp brappp brappp

Suara itu pasti terbayang ketika mendengar kata Mazda 787B. Suara mesin rotary yang khas memang memikat dan menjadi ciri utama dari mobil ini. Sama halnya dengan Quattro S1, mobil ini juga termasuk mobil yang sangat populer dalam balap mobil dunia.

Bukan hanya keunikan dari mesin rotarynya saja, 787B menjadi mobil balap legendaris karena prestasinya dalam memenangkan Le Mans 1991. Mobil ini merupakan mobil Jepang pertama yang memenangkan kejuaraan dunia Le Mans yang sangat bergengsi. Selain itu, mobil ini sempat menjadi mobil Jepang satu-satunya yang berhasil kejuaraan tersebut. 787B disebut sebagai pahlawan Jepang dan kebanggaan Asia.

Sampai setelah sekian lama, yaitu 27 tahun kemudian, barulah pada 2018 Toyota berhasil menjuarai Le Mans dengan mobil Toyota TS050 Hybrid.

Keunikan mesin dan prestasi inilah yang membuat Mazda 787B menjadi pujaan dunia. Padahal awalnya, mobil ini termasuk underdog alias tidak begitu dijagokan untuk bisa menang. Hal ini dikarenakan mesin rotary yang memang dikenal kurang reliable.

Namun, mobil ini mampu membuktikan kebalikannya. Mesin rotary 787B terdiri dari 4 rotor yang mampu memuntahkan tenaga 700 hp. Hal ini sangat besar mengingat bobot mobil ini hanya 800 kg! Sebenarnya mobil ini sanggup mencapai power sebesar 930 hp dan redline 10.500 RPM. Namun setup ini tidak digunakan ketika balapan untuk menjaga kestabilan dan ketahanan mesin.

Jarak yang ditempuh ketika mobil ini menjuarai 24 hour Le Mans 1991 adalah 362 laps yang berarti sejauh 4932,2 Km!

Mau mendengarkan indahnya suara rotary dari 787B? Ada di video berikut ini.

McLaren MP4/4

7 Mobil Balap Legendaris Dalam Sejarah Otomotif Dunia

“The most dominant car F1 has ever seen.”

Berbicara mengenai dominasi pada balap mobil, tentu mobil ini merupakan raja dari kategori ini. McLaren MP4/4 merupakan mobil yang paling sukses dalam sejarah kejuaraan Formula 1 sampai saat ini.

Betapa tidak, mobil ini berhasil menjuarai 15 dari 16 pertandingan pada kejuaraan Formula 1 1998. Hampir tidak terkalahkan! Menang, menang, menang terus menerus!

Bukan hanya itu saja. Mobil ini menjadi mobil balap legendaris karena salah satu sejarah yang paling dikenal dalam Formula 1. Persaingan sengit rekan 1 tim antara Ayrton Senna dan Alain Prost. Keduanya termasuk dalam jajaran pembalap Formula 1 yang fenomenal.

Meskipun keduanya merupakan rekan 1 tim, tetapi keduanya bersaing habis-habisan. Bayangkan saja dari 16 pertandingan, 15 pertandingan diisi oleh kemenangan mereka berdua! Hampir sering terjadi bila Senna finish pertama, maka Prost runner-up ke 2 nya. Ataupun sebaliknya. Pada akhir kejuaraan total point keduanya adalah 90 dan 87 points. Hanya selisih 3 point! Persaingan dan dominasi yang benar-benar brutal!

Satu-satunya pertandingan yang tidak dimenangkan oleh McLaren MP4/4  adalah ketika pertandingan di Monza, Italy. Tapi inipun tetap menjadi sejarah yang berkesan. Ketika itu Ferrari berhasil memenangkan pertandingan yang notabene dilangsungkan di kandangnya sendiri. Apalagi ditambah kemenangan tersebut terjadi 4 minggu setelah kematian pendirinya, Enzo Ferrari.

Nilai sejarah yang tinggi masih melekat di mobil ini sampai sekarang! Bisa kita lihat penampakannya di video berikut.

Demikian ulasan kali ini. Seperti telah disebutkan di awal, masih ada mobil balap legendaris lainnya. Ada yang mau menambahkan atau sekedar berkomentar? Mobil balap legendaris mana yang paling kalian sukai?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *