mobil drift murah

Mobil Drift Dengan Budget Terjangkau

Drift merupakan salah satu jenis balapan mobil yang sangat populer. Drift atau drifting merupakan teknik bermanuver yang umumnya pada belokan dengan keadaan mobil yang oversteer. Oversteer sendiri merupakan kondisi ketika bagian belakang mobil melintir/ bergeser yang biasanya diakibatkan ban belakang kehilangan daya cengkram. Nah, pada drifting, mobil sengaja dibuat oversteer dengan menggunakan beberapa teknik dan pengemudi mempertahankan kondisi oversteer tersebut dari awal sebelum berbelok sampai keluar dari corner.

Kalo di kita istilahnya sering disebut dengan ngesot, haha.

Drift ini semakin populer dengan adanya beberapa film yang mengangkat tema balap mobil drift seperti Initial D dan Fast and Furious.

Lalu apa yang kita butuhkan untuk melakukan drift?

Jawabannya simpel. Kita membutuhkan mobil dengan layout penggerak roda belakang (RWD). Ini merupakan satu hal wajib yang dibutuhkan untuk drift. Selebihnya seperti gearbox manual, LSD (limited slip differential),  coilover, bucket seat, dan lainnya tidaklah utama, tetapi memang mempermudah drift.

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas beberapa mobil yang bisa digunakan untuk drift (starter cars). Tidak perlu khawatir karena mobil-mobil ini bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Lagipula untuk awal belajar drift, sudah dapat dipastikan kita akan mengalami yang namanya crash alias nabrak. Tentu sayang, beli mobil bagus-bagus kalo dipakai belajar drift, mending yang agak murah dulu aja.

Jadi, buat kalian yang ingin mencoba atau belajar drift bisa memulainya dengan membaca ulasan ini hehe.

Toyota Corolla DX (KE70)

mobil drift murahGenerasi keempat dari seri sedan populer Toyota Corolla ini memiliki tampilan yang kental dengan aura retro klasik. Mesinnya adalah 4K yang merupakan salah satu mesin terbandel dari Toyota. Meskipun demikian tenaga yang dihasilkan sebesar 62hp tentunya kurang menggigit untuk digunakan drift.

Oleh karena itu, mobil ini seringkali diganti mesinnya untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar lagi. Jangan khawatir, karena Corolla DX ini termasuk mobil dengan harga terjangkau yaitu di kisaran 20-25 Juta. Selain itu pilihan mesinnya pun sangat variatif. Mobil ini sudah dikenal dengan berbagai jenis pilihan engine swap, mulai dari 4AGE sampai mesin sangar seperti 2JZ-GTE.

Toyota Cressida

mobil drift murahMobil sedan ini merupakan varian dari Toyota Mark II yang diproduksi tahun 1976 sampai 1996. Berbeda dengan Corolla DX, mobil ini termasuk kategori sedan yang cukup mewah di masanya. Hal ini terlihat dari desain interior serta beberapa fitur elektrikal dan digital seperti pada mirror dan panel-panel.

Keunggulan mobil ini untuk bahan mobil drift adalah harganya yang terjangkau serta hubungannya dengan Toyota Supra MK.III. Cressida memiliki varian yang bermesin sama dengan varian Supra MK.III. Hal ini menjadikan mobil ini relatif mudah untuk dijejalkan mesin sakti dari varian Supra lainnya yaitu JZ engine. Sudah banyak beredar di internet, baik itu dalam bentuk video maupun artikel-artikel dimana orang membangun Cressida bermesin 1JZ atau 2 JZ.

Harga Cressida di pasaran saat ini berkisar 15-25 Juta, tergantung tahun dan kondisinya.

 

BMW E36

mobil drift murahSeperti umumnya mobil Jerman, E36 dibekali dengan layout RWD, rem cakram di seluruh roda, dan tenaga mesin bawaan yang cukup besar. Hal ini menjadikan mobil ini menjadi salah satu pilihan yang baik untuk dijadikan mobil drift starter. Meski pada model 320i tenaganya relatif sama dengan mobil Jepang pada umumnya yaitu 114 hp, E36 memiliki beberapa model lainnya dengan tenaga mesin yang lebih baik. Pada model 320i tenaga mobil ini adalah 148 hpdan yang paling disarankan adalah model 323 yang memiliki tenaga mesin sebesar 168 hp. Tentunya cukup menggigit untuk dibawa ngesot hehe.

Bobot pada mobil Eropa umumnya memang lebih berat dibanding mobil Jepang. Namun hal ini bisa diakali dengan melakukan pengurangan beban mobil (weight reduction) seperti melepas kursi penumpang, karpet-karpet, ban cadangan, door trims dan lainnya. Apabila masih terasa kurang dengan tenaga bawaan mobil ini, kita bisa melakukan swap engine dengan membenamkam mesin performance model M3 dengan tenaga 282 hp. Beberapa orang bahkan ada juga yang mengganti mesinnya dengan mesin Toyota Supra 2JZ.

Harga E36 saat ini adalah 50-60 Juta. Untuk yang kondisinya mulus dan original berada di kisaran 70-80 Juta, tetapi untuk sebuah mobil drift starter yang kelak bakal nabrak tentu kita tidak butuh mobil yang mulus hehe.

BMW E30

mobil drift murahPendahulu dari E36 ini bisa dikatakan mobil yang sudah berumur, dimana masa kejayaannya berada di tahun 80an. Meskipun demikian E30 masih handal dan populer dalam dunia mobil drift. Kebebihannya dibanding E36 adalah mobil ini memiliki desain yang lebih compact serta tentunya harga yang lebih murah. Saat ini E30 berada di kisaran harga 15-25 Juta.

E30 ini merupakan BMW seri 3 pertama yang resmi dijual di Indonesia. Modelnya hanya satu jenis yaitu 318i yang memiliki tenaga mesin sebesar 101-114 hp. Untuk swap engine sama dengan E36 yaitu dengan menggunakan mesin model M3 atau mesin M50.

Volvo 740

mobil drift murahJangan tertipu dengan tampang mobil ini yang ngotak dan terkesan kolot. Volvo 740 sudah dilengkapi dengan sistem turbocharger dan intercooler yang membuatnya menghasilkan tenaga sebesar  152-162 hp. Bahkan dari beberapa keterangan di internet, mesin mobil ini mampu dimodifikasi sampai menembus angka 300+ hp dengan blok mesin (internal) standard.

Untuk keperluan drift mobil ini seringkali menjadi pilihan mobil drift starter untuk awal belajar. Modifikasi swap engine umumnya dengan mengganti mesinnya dengan mesin T5. Harga Volvo 740 berada di kisaran 30-50 Juta.

Nissan Cefiro

mobil drift murahInilah mobil yang menurut saya paling menggoda untuk dijadikan mobil drift starter. Selain itu potensi modifikasinya pun cukup tinggi sehingga untuk jangka panjang pun tetap layak untuk dijadikan mobil andalan.

Mesin bawaannya yaitu RB20E merupakan mesin 6 silinder dengan tenaga sebesar 140 hp. Ini membuat mobil ini memiliki tenaga yang cukup lumayan dan tentunya suara mesin 6 silinder yang lumayan gahar. RB20E merupakan RB engine yang menjadikan mobil ini memiliki hubungan kekeluargaan dengan mobil Nissan yang paling populer, Nissan Skyline GTR. Dengan kelebihannya ini Nissan Cefiro memiliki opsi swap engine yang relatif mudah ke mesin-mesin RB lainnya yang bertenaga serta memiliki potensi modifikasi yang besar. Tidak heran kemudian Cefiro ini mendapat julukan “Baby Skyline” atau “4 doors Skyline“. Sektor kaki-kaki pun dapat menggunakan Nissan Silvia (S13/S14).

Mobil ini termasuk mobil yang berjumlah sedikit. Selain itu, popularitas mobil ini di Indonesia sebagai mobil drift semakin membuat mobil ini jarang ditemukan dalam kondisi yang orisinil. Harganya di pasaran berkisar di 20-40 Juta.

Demikian ulasan kali ini. Ada yang berencana mau membangun mobil drift? Atau mungkin ada yang sudah pernah membangun mobil drift spec? Yuk share di kolom komentar!

Untuk melihat ulasan dan cara penilaian kejuaraan formula drift, bisa dilihat disini. Mulai dari sejarah, cara penilaian, sampai pada sistem pertandingannya kita bahas tuntas.

Untuk ulasan dan bahasan menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *