Mobil Murah Gaya Rally Klasik Terbaik


Pasti udah pada tau kan rally itu apa? Berbeda dengan balapan mobil umumnya yang dilakukan di sirkuit, rally dilakukan di jalan umum (public road). Kita bisa melihat mobil-mobil melaju super kencang di jalan yang seringkali melewati daerah terjal atau offroad seperti lumpur, pasir dan salju. Lintasan jalannya pun penuh dengan belokan-belokan tajam dan tanjakan-turunan yang membuat mobil jemping dengan gagahnya.

Hal inilah yang menjadikan balap mobil rally menjadi sangat seru untuk ditonton. Para pecinta rally seringkali menganggap rally ini sebagai balap mobil paling menantang dibanding balap mobil lainnya.

Dibutuhkan ketangguhan mobil, konsentrasi serta skill driver yang tinggi untuk rally. Satu lagi tak boleh ketinggalan, dibutuhkan juga nyali yang besar mengingat balapan ini rentan dengan kecelakaan dikarenakan lintasannya yang ekstrim.  Bahkan salah satu kelas rally yang legendaris yaitu Group B dihentikan (banned) karena banyak mengakibatkan kecelakan fatal dan kematian.

Nah, siapa yang mau punya mobil rally?

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas mobil-mobil yang cocok untuk gaya rally klasik yang keren. Selain itu, tentunya juga bisa didapatkan dengan harga murah. Mobil-mobil ini kita pilih bukan sekedar dari bentuknya saja, tapi juga memiliki hubungan dengan mobil rally di ajang balap rally dunia.

Mengubah mobil-mobil ini menjadi bergaya rally sebenarnya cukup simpel. Jurus utamanya adalah sticker full body ala rally, sticker nomor mobil, dan jangan lupa fog lamp segede gambreng khas rally.

Mau lebih kental lagi aura rally nya? Bawa mobilnya berdua sama temen, terus dua-duanya pake helm, haha.

Kalo mau tidak sekedar “bergaya” rally, ya tentu mobilnya harus di swap mesin, rombak sektor kaki-kaki, interior (jok racing, roll-bar, weight reduction), dan lainnya.

Sudah siap kopinya? Kita mulai saja.

Daihatsu Charade

Mobil Murah Gaya Rally Klasik Terbaik

Mobil hatchback kotak ini memiliki bentuk yang kecil dan compact. Desain bodynya sangat kental dengan aura klasik rally. Jangan salah, mobil ini memiliki sejarah motorsport yang tinggi. Charade pernah ikut dalam ajang kompetisi rally group B yang kita bahas sebelumnya. Dalam group B, ada dua mobil charade yang ikut bertanding yaitu Charade 926 Turbo dan Charade DeTomaso 926R.

Harga Daihatsu Charade ini sangat terjangkau, bahkan mirip-mirip harga motor. Kita bisa menemukan beberapa mobil yang dijual dengan harga 10-12 juta. Kisaran harga umumnya berada di range di 10-25 juta. Mobil ini juga memiliki varian turbo. Charade turbo pernah kita bahas sebelumnya disini.

Untuk sedikit motivasi, kita bisa mengintip Charade keren yang dimodifikasi gaya rally serta diswap mesin Honda B18 pada artikel Speedhunters. Pasti ngiler, hehe.

Mitsubishi Eterna

Mobil Murah Gaya Rally Klasik Terbaik

Eterna ini adalah Mitsubishi Galant generasi ke 6, tepatnya sebelum Galant lele keluar. Untuk mendongkrak penjualannya di Indonesia mobil ini dinamakan Eterna, sesuai dengan nama versi JDM-nya.

Sama seperti sedan Mitsubishi pada tahun 90-an, Eterna memiliki badan yang bongsor dengan lekukannya yang tegas menambah kesan sporty dan maskulin. Selain dari bentuknya, performa mobil ini pun sudah diakui ketangguhannya. Hal ini dibuktikan dengan dua penghargaan bergengsi yaitu Car of the Year Japan pada 1987 dan Motor Trend’s Import Car of the Year pada 1989.

Ada varian unik pada Eterna yaitu varian GTi-16V yang mesinnya dimodifikasi oleh AMG. Ya betul, AMG yang sekarang menjadi divisi balap (performance) resmi dari Mercedes-Benz. Pada cover mesin mobil ini tertulis “Tuned by AMG“. Selain itu varian ini juga memiliki body-kit khusus, interior full leather, dan velg alloy.

Kasta tertinggi dari Galant yaitu varian VR-4 pertama kali diperkenalkan pada generasi Eterna ini. VR-4 juga dibuat untuk diikutsertakan dalam ajang kompetisi bergengsi rally dunia Group A. Tenaga mobilnya berasal dari mesin turbocharger 4G63T dengan power sebesar 240 hp. Mesin ini kemudian juga digunakan oleh Tommi Mäkinen dengan Lancer Evolution yang berhasil meraih 4 kali juara berturut-turut dalam kejuaraaan rally dunia (WRC). Hal inilah kemudian yang membuat nama Eterna semakin populer dalam dunia otomotif rally.

Harga mobil ini masih cukup terjangkau. Saat ini Eterna berada di kisaran harga 18-35 juta.

Volkswagen Golf Mk.1

Mobil Murah Gaya Rally Klasik Terbaik

Pasti tau kan mobil antik VW Beetle? Nah untuk melanjutkan kejayaan beetle, VW membuat sebuah mobil keluarga lainnya yaitu VW Golf.

Usaha VW pun berbuah hasil manis, VW Golf yang pertama diperkenalkan pada tahun 1975 kemudian menjadi salah satu mobil dengan penjualan terbaik di Eropa. Sebuah majalah otomotif terkenal asal Inggris, What Car? menobatkan VW Golf sebagai car of the year pada tahun 1981.

Varian sport dari Golf yaitu Golf GTI juga mendapat respon yang baik dalam dunia otomotif ketika itu. Banyak kalangan yang menganggap Golf GTI Mk.1 sebagai mobil hatchback pertama di dunia dengan performa mobil sport (hot hatch).

Desain mobil ini sangatlah simpel dan sleek dengan lampu bulat yang menambah kesan retro. Dalam ajang rally mobil ini turut berkompetisi dalam ajang rally dunia Group A. Saat ini harga pasarannya di Indonesia sekitar 30-45 juta.

BMW E30

Mobil Murah Gaya Rally Klasik Terbaik

Meskipun sudah berumur lebih dari 30 tahun semenjak diperkenalkan pada 1982, BMW E30 masih menjadi idola para car enthusiast. Mobil ini masih terus eksis dipergunakan dalam berbagai kejuaraan balap mobil. Entah itu drifting, touring, dan tentu saja rally.

Seri performa dari BMW E30 yaitu M3 E30 telah banyak menorehkan prestasi yang membuat mobil ini layak diacungi jempol. Dalam kejuaraan touring car M3 E30 telah memenangkan Deutsche Tourenwagen Meisterschaft, British Touring Car Championship, European Touring Car Championship, Australian Touring Car Championship, dan World Touring Car Championship pada 1987. Mobil ini juga berhasil memenangkan kecepatan waktu pada Guia Race, 24 Hours Nürburgring, dan Spa 24 Hours.

Pada rally, mobil ini turut berkompetisi pada Group A pada tahun 1987 sampai 1990. Mesinnya menggunakan mesin S14B23 yang telah dimodifikasi sehingga memiliki power sebesar 280-300 hp.

Di Indonesia, E30 hanya terdapat satu tipe yaitu 318i yang memiliki tenaga mesin sebesar 101-114 hp. Untuk swap engine dapat menggunakan mesin model M3 atau mesin M50. Harganya kini rata-rata berkisar di 25-50 juta, tergantung dari tahun dan kondisi.

Salah satu artikel menarik mengenai M3 E30 yang telah dimodifikasi untuk rally bisa dilihat disini. Modifikasinya penuh totalitas dan luar biasa beningnya, hehe.

 Toyota Starlet

Mobil Murah Gaya Rally Klasik Terbaik

Kembali pada mobil Jepang, kali ini giliran Toyota Starlet. Mobil yang populer di kalangan anak muda pada tahun 90-an ini memang tidak lekang dimakan zaman. Sebagaimana mobil hatchback, Starlet memiliki bentuk yang compact dan lumayan sporty. Bentuknya yang membulat membuat mobil ini seringkali disebut Starlet kapsul, sedangkan pendahulunya yang kotak dinamakan Starlet kotak.

Di Indonesia, Starlet kapsul dikenalkan dengan tiga varian yaitu XL, SE, dan SE-G. Ada juga varian turbo (GT) yang masuk melalui importir umum, meskipun jumlahnya sangat terbatas. Varian turbo ini dipersenjatai dengan mesin 4E-FTE yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 135 hp. Para pecinta Starlet yang doyan ngebut seringkali melakukan swap engine dengan mesin ini yang bernilai sekitar 17 jutaan, atau 25 jutaan untuk yang halfcut. Untuk swap engine halfcut, tentunya kita juga bisa mendapatkan tambahan-tambahan seperti dashboard, speedometer, kap mesin, headlamp, dan bumper depan.

Mobil ini, baik itu Starlet kotak maupun Starlet kapsul, sudah tidak asing dalam dunia rally. Pada ajang rally dunia, Starlet berhasil memenangkan juara kelas A5 di Acropolis Yunani.

Saat ini harganya berkisar di 30-50 juta untuk Starlet kapsul dan 20-35 juta untuk Starlet kotak.


Fiat Uno

Mobil Murah Gaya Rally Klasik Terbaik

Mobil Fiat bagi orang awam akan identik dengan kesan “jadul”. Tentunya bagi pecinta mobil, apalagi pecinta mobil Itali/ Eropa akan menganggapnya sebagai mobil antik. Tapi jangan salah, menurut para pemakainya Fiat Uno ini memiliki performa lebih dibandingkan Toyota Starlet. Baik itu dari performa mesin maupun handling dan kestabilan pada kecepatan tinggi. Tidak heran karena namanya juga mobil Eropa. Meskipun demikian, sama halnya dengan mobil Eropa lainnya, sparepart serta perbaikannya agak sulit dibanding mobil Jepang.

Di Indonesia, Fiat Uno ini beredar dalam dua generasi. Generasi pertama diproduksi tahun 1983-1989, sedangkan generasi kedua atau Fiat Uno II diproduksi 1989-1995. Sama seperti Starlet, Uno juga memiliki varian turbo dengan jumlah yang terbatas di Indonesia. Kabarnya hanya sekitar 40-50 unit saja. Entah ada berapa sekarang yang masih hidup.

Untuk rally, mobil ini cukup populer digunakan pada ajang rally di Eropa dan Amerika Latin. Harga jualnya saat ini sangat terjangkau yaitu kisaran 10-25 juta.

Mazda 323/ Familia (BD, BF)

Mobil Murah Gaya Rally Klasik Terbaik

Mobil selanjutnya adalah Mazda 323 generasi keempat (BD) yang diproduksi pada 1980-1985 dan generasi kelima (BF) pada 1985-1989. Di Indonesia, kedua mobil ini masuk dengan varian hatchback yang kini keberadaanya sudah semakin langka ditemui. Mazda 323 BD dan BF memiliki desain yang sekilas mirip dengan VW Golf Mk.1. Perbedaannya yang paling terasa yaitu pada lampu depan yang berbentuk kotak.

Meskipun terkesan mobil kuno tetapi jangan salah, dulunya mobil ini begitu diperkenalkan pada tahun 1980 langsung memenangkan penghargaan Car of the Year Japan. Selain itu, mobil ini pun sempat mengikuti balap rally dunia. 323 versi turbo berkompetisi pada WRC Group A pada tahun 1984. Ketika itu Mazda mengklaim mobil tersebut memiliki power sebesar 250 bhp.

Saat ini harga pasaran 323 BD dan BF ini berkisar di 10-17 juta. Menggiurkan bukan?

Demikian ulasan kali ini. Yang mana nih mobil favorit kalian?

Meminang mobil dengan gaya rally tidaklah sesulit yang dibayangkan bukan? Dengan kocek 10-15 juta rupiah pun kita sudah bisa berburu mobil-mobil diatas. Ada yang mau menambahkan atau berkomentar?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *