5 Mobil Sedan Turbo yang di Jual di Indonesia

Salah satu teknologi dalam mesin mobil untuk mendongkrak tenaga adalah turbocharger yang sering disingkat menjadi turbo.

Memiliki mobil handal yang bisa berlari kencang tentunya menjadi dambaan bagi setiap penggemar mobil terutama bagi yang doyan dengan sensasi mengemudi dalam kecepatan tinggi.

Untuk menghasilkan sebuah mobil yang bisa lari layaknya seekor cheetah hehe, ada banyak faktor yang perlu diperhitungkan yaitu diantaranya berat mobil, keseimbangan, cengkraman ban (grip), aerodinamis, dan tentunya tenaga mesin.

Turbo adalah salah satu metode forced induction yang mendongkrak tenaga mesin melalui pasokan udara yang dikompresi sehingga menghasilkan udara bertekanan tinggi yang kemudian disalurkan ke ruang pembakaran mesin. Turbin turbo memiliki sumber daya penggerak yang berasal dari gas buang kendaraan.

Selain turbocharger, sistem forced induction lainnya adalah supercharger dan nitrous oxide system (NOS). Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai turbocharger bisa dilihat disini.

Nah, di ulasan sebelumnya kita pernah membahas daftar mobil murah dengan turbo yang bisa didapatkan mulai dari harga 20juta-an. Kali ini kita akan membahas versi mahal nya, yang tentunya bisa didapatkan secara resmi di dealer mobil di Indonesia.

Subaru WRX STi

Mobil Turbo - Subaru STi

Subaru adalah pendatang yang tergolong baru di Indonesia. Produsen mobil ini memiliki nama besar yang disegani dalam dunia otomotif yang didapatkan dari sejarah kemenangannya di kejuaraan rally dunia (WRC).

Subaru WRX STi merupakan model tercepat yang ditawarkan oleh Subaru. Dengan mesin boxer berkapasitas 2.5 L yang dipersenjatai sistem turbocharger membuat mobil ini memiliki tenaga sebesar 296 hp. Dengan sistem timing valve menggunakan teknologi Dual AVCS (Active Valve Control System), Subaru menjanjikan torsi yang lebih besar,  peningkatan tenaga pada kecepatan tinggi serta efisiensi bahan bakar. AVCS ini semacam VVTi lah kalo di Toyota.

Akselarasi WRX STi untuk mencapai 0-60 Mph (96 Kph) membutuhkan waktu hanya 4,7 detik dengan kecepatan maksimalnya dapat mencapai 256 Kph.

Karena pada awalnya mobil ini juga ditujukan untuk kejuaraan rally, WRX STi memiliki handling dan keseimbangan yang luar biasa. Boxer engine dengan layout mesin horizontal membuat mobil ini mampu dengan mulus berbelok meski dalam kecepatan tinggi. Desain chassis dan body serta gripnya memungkinkan untuk dapat kembali berakselarasi dengan cepat setelah keluar dari tikungan.

Mobil Turbo - Subaru STi Putih

Layaknya mobil rally, tampilan mobil ini sangat sporty dan tegas. Berbeda dengan mobil cepat dengan harga setara lainnya yang kebanyakan memiliki desain yang lebih eksklusif dan mewah, WRX lebih compact dan menonjolkan sisi sport. Sehingga dengan harga kisaran 690 juta, apabila kita bandingkan misal dengan tampilan elegan ala BMW terbaru atau FT-86, mobil ini akan terlihat kurang ‘wah’ bagi beberapa orang. Apalagi untuk orang yang awam, mendengar merk Subaru dan harga 690 juta, besar kemungkinan orang tersebut akan memiringkan kepalanya- keheranan hehe.

WRX STi memiliki versi rare yaitu model langka bernama Subaru Impreza 22B STi. Mobil ini dibuat untuk merayakan kemenangan dalam kejuaran rally dunia serta ulang tahun Subaru yang ke-40. 22B ini diproduksi pada tahun 1998 dengan jumlah hanya sebanyak 424 unit. Maka tidak heran, satu unit 22B pernah dilelang dan laku kurang dari 30 menit dengan harga senilai 1,2 Milyar Rupiah.

BMW 320i Sport F30

Mobil Turbo - BMW F30

 BMW sudah cukup lama hadir di Indonesia dengan popularitas yang tinggi terutama pada mobil sedannya yang menawarkan performa serta kenyamanan dalam mengemudi.

Seri 3 BMW (F30) masuk ke dalam kategori mobil entry level luxury yang berarti satu tingkat dibawah level mobil eksekutif. Pada kategori ini F30 bersaing dengan rekan-rekan senegaranya asal jerman, yaitu Audi dengan Audi A4 dan Mercedes-Benz dengan C Class nya.

Seperti para pesaingnya, F30 merupakan mobil dengan performa mesin yang handal disertai kenyamanan serta kemewahan dengan harga yang “terjangkau”. Target segmen mobil ini memang adalah untuk kelas atas yang sebenarnya bisa sanggup untuk membeli mobil di atas kelas mobil ini.

F30 merupakan seri 3 yang pertama kali memiliki sistem turbocharger pada mesinnya. Dengan penambahan turbo, tenaga yang dihasilkan adalah sebesar 184 hp dengan torsi yang dihasilkan mencapai 270 Nm (1.250 – 4.500 rpm). Dengan tenaga tersebut mobil ini memiliki akselarasi 0-100 Kph dalam waktu 7,3 detik dan kecepatan maksimum 235 Kph.

Tidak sedikit kalangan yang mencibir atau kecewa dengan angka tersebut karena varian diatasnya yaitu 328i yang notabene memiliki mesin yang sama, N20B20 memiliki tenaga sebesar 241 hp. Perbedaan 60 hp tersebut dinilai karena BMW sengaja meng-detune mesinnya sehingga mendorong konsumennya yang menyukai kecepatan untuk membeli 328i yang memang harganya hanya selisih 130 juta dari 320i yang berharga 620 juta.

Meski demikian, tenaga 184 hp sebenarnya cukup untuk menjadikan mobil ini memiliki kecepatan yang handal dalam aktifitas berkendara sehari-hari.

Mobil Turbo - BMW F30 Hitam

Untuk sektor eksterior tidak perlu diragukan lagi F30 memiliki desain yang sporty dan mewah. Dengan body yang lebar dan panjang serta lekukan-lekukan cantik membuat mobil ini akan menjadi pusat perhatian di jalanan. Headlamp corona ring dan lampu belakangnya yang menggunkan teknologi LED akan terlihat sangat elegan dan eye-catcher ketika digunakan di malam hari.

Di sektor handling dan suspensi, keduanya mendukung sepenuhnya pada kenyamanan berkendara, dalam artian manuver-manuver dalam setiap belokan tetap terasa nyaman dan stabil bagi pengendara.

Audi A4 (B9)

Mobil Turbo - Audi A4

Audi A4 merupakan mobil sedan kelas entry level luxury yang telah diproduksi semenjak 1994 dengan generasi terakhirnya saat ini adalah generasi ke-5 (B9) yang diproduksi dari tahun 2015.

Di Indonesia mobil ini terbilang cukup jarang ditemui apabila dibandingkan dengan pesaingnya seperti BMW dan Mercedes-Benz.

Ada dua varian yang dikeluarkan di Indonesia yang dibedakan terutama dari mesin dan layout penggerak. Yang pertama adalah varian 2.0 TFSI dengan tenaga 187 hp dan layout FWD, dan yang kedua adalah varian 2.0 TFSI dengan tenaga 249 hp dan layout quattro yang merupakan sistem AWD dari Audi. TFSI sendiri yang berarti Turbocharged Fuel Stratified Injection singkatnya merupakan sistem turbocharger buatan Audi yang digabungkan dengan sistem direct injection bahan bakar. Akselarasi 0-100 Kph membutuhkan waktu sebanyak 7,8 detik dengan kecepatan maksimal 240 Kph.

Bersaing dengan sedan entry level luxury lainnya yaitu BMW 3 series dan Mercedes-Benz C class, mobil ini memiliki pricing diatas para pesaingnya yaitu 990 juta untuk varian FWD dan 1,2 milyar untuk varian quattro. Pricing tersebut lebih bisa di sejajakan dengan BMW 5 series dan Benz E Class.

Meskipun demikian, Audi A4 memiliki beberapa kelebihan dibanding para pesaingnya diantaranya adalah dari tekhnologi interiornya. Audi A4 ini memiliki Apple CarPlay dan Android Auto, yang berintegrasi dengan layanan iOS atau Google seperti maps, voice command, call, music, dan hotspot tethering. Singkatnya sih mobil dengan fitur tablet/ smartphone. Selain itu sistem multimedia tersebut atau disebut dengan MMI (Multi Media Interface) sudah dipersenjatai dengan chipset Tegra buatan NVidia.

Mobil Turbo - Audi A4 Merah

Untuk tampilan luar, A4 sebenarnya kurang menggigit dibanding dua pesaing utamanya. Bodynya nampak konservatif dan datar. Apabila diurutkan, BMW 320i jauh lebih sporty plus luxury, lalu kedua Benz C250 dan terakhir ya Audi A4 ini.

Meski demikian A4 memiliki keunggulan dalam tipe lampu signal nya (lampun sein) yang sudah menggunakan tipe dynamic. Dynamic signal ini tidak seperti lampu sein biasa yang hanya kedap kedip saja, tetapi lampu kedip dengan cahaya yang mengalir (sweeping) dari ujung ke ujung.  Lampu ini memberikan kesan yang futuristik dan eye catching di malam hari.

Mercedez-Benz C250 AMG (W205)

Mobil Turbo - Benz C250

Mendengar kata Mercedez-Benz atau biasa disebut mobil mersi di Indonesia, tentunya identik dengan mobil sedan mewah yang biasanya dikendarai oleh kalangan pejabat atau bos.

Apabila dibandingkan dengan pesaing utamanya di Indonesia yaitu BMW, terkadang orang bilang bahwa BMW itu enak nyetir sendiri, kalo mersi enaknya disupirin haha.

Tidak heran karena mobil ini memang menawarkan image yang eksklusif dan elegan. Tetapi jangan salah, selayaknya mobil entry level luxury buatan eropa tentunya mobil ini juga dibekali tenaga besar yang memungkinkan pengendara menikmati pengalaman mengemudi kecepatan tinggi.

C250 (W205) merupakan generasi ke empat dari seri C Class yang pertama kali diperkenalkan pada Desember 2013. Di Indonesia seri C Class ini ditawarkan dengan beberapa varian yaitu C200 Avantgarde dan C250 AMG yang merupakan versi rakitan lokal. Selain itu ada juga versi CBU alias import dari Jerman yang diantaranya C250 Estate Exclusive, C250 Estate AMG, Dan C300 AMG Coupe.

Mercedes-AMG GmbH atau lebih dikenal dengan AMG merupakan divisi dari Mercedes-Benz yang memiliki spesialisasi untuk memproduksi varian mobil mewah dengan performa tinggi.

Akan tetapi Mercedes-Benz C250 AMG sebenarnya bukan termasuk kepada seri AMG. Melainkan hanya branding dengan tambahan beberapa fitur/ aksesoris eksterior tanpa sama sekali menyentuh sektor performa. Semacam versi TRD untuk Toyota di Indonesia.

Mobil Turbo - Benz C250 Putih

Mobil yang dijual seharga 879 juta (off the road) ini di bekali dengan mesin berkapasitas 2.0L yang dilengkapi sistem turbocharger. Power yang dihasilkan cukup besar yaitu 207 hp dengan torsi 350 Nm. Akselarasi untuk mencapai 0-100 Kph dibutuhkan waktu sebanyak 6,6 detik dengan kecepatan maksimumnya adalah 250 Kph.

Design mobil ini diambil dari design S-Class dengan sentuhan sport dan compact. Hal tersebut membuat C250 AMG memiliki perpaduan imej antara kemewahan dan kecepatan.

Honda Civic Mk.10 (Civic Turbo)

Mobil Turbo - Civic Turbo

Akhirnya Honda memproduksi mobil komersil dengan mesin turbo.

Sepengetahuan saya, Honda hampir selalu memproduksi mobil komersilnya dengan mesin tanpa forced induction alias mesin naturally aspirated (NA). Kalopun Honda membuat mesin dengan turbocharger, kebanyakan ditujukan khusus untuk kejuaraan balap mobil seperti Formula 1 atau Le Mans.

Mobil komersil Honda dengan turbo yang saya tahu adalah Honda Legend Mk.1 yang merupakan varian JDM dan Acura RDX. Hanya dua tipe mobil saja, yang itu pun sangat limited karena keduanya hanya dipasarkan terbatas di regional tertentu.

Hadirnya Honda Civic dengan menggunakan mesin turbo membawa angin segar bagi dunia otomotif khususnya pecinta mobil Jepang. Karena seperti kita ketahui, Civic merupakan salah satu sedan Jepang yang paling populer di seluruh dunia.

Honda membuat Civic dengan ‘Eropa’ ada di benak mereka. Dengan kata lain, konsep dari civic ini adalah untuk menyaingi mobil sedan Eropa dengan harga ‘Asia’. Maka tidak heran, mobil ini sering mendapat tempat di kategori mobil terbaik performance per value/ price.

Versi turbo muncul di generasi terakhir Civic saat ini yaitu genereasi ke-10 yang diproduksi pertama kali pada tahun 2016. Meski kapasitas mesinnya turun menjadi 1.5L, dengan sistem turbocharger tenaga yang dihasilkan meningkat menjadi 174 hp dan torsi 220 Nm.

Tidak seperti mesin VTEC sebelumnya,  mesin VTEC turbo ini tidak memiliki raungan khas VTEC di putaran rpm atas. Meski demikian mesin ini memiliki torsi besar pada putaran rendah dan menengah yang membuat mobil ini cukup lincah untuk berkendara harian. Akselarasi di 0-100 kmh yang membutuhkan waktu tercepat 6,8 detik, semakin menunjukkan bahwa mobil ini menyenangkan untuk diajak lari.

Mobil Turbo - Civic Turbo Hitam

Selain sektor mesin, Civic terbaru juga mengalami perubahan yang cukup drastis di tampilan luar. Mobil ini memiliki body yang lebih panjang, lebih lebar dan lebih rendah dari generasi Civic sebelumnya. Desain tajam yang dipadukan dengan gaya eksklusif yang sekilas seperti Honda Accord, membuat mobil ini semakin terasa sporty dan elegan. Bagian belakang terkesan lebih pendek sehingga nampak seperti mobil hatchback/ liftback.

Dengan harga kisaran 480 juta, Honda Civic tetap mempertahankan reputasinya sebagai salah satu pilihan terbaik kategori performance per value.

Sampailah kita di akhir ulasan kali ini. Mudah-mudahan kedepannya semakin bertambah lagi varian mobil-mobil turbo yang di jual resmi di Indonesia. Dari lima mobil diatas, yang mana nih mobil favorit kalian?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *