Mobil Turbo Murah Mulai Dari 20 Juta-an

Mau mobil turbo murah?

Turbocharger atau sering disingkat dengan turbo, adalah tekhnologi pada mesin untuk mendongkrak tenaga melalui pasokan udara yang dikompresi sehingga menghasilkan udara bertekanan tinggi yang kemudian disalurkan ke ruang pembakaran mesin. Turbin turbo memiliki sumber daya penggerak yang berasal dari gas buang kendaraan.

Mendengar kata mobil turbo, tentu dalam benak kita akan terpikirkan sebuah mobil yang mampu melaju kencang disertai suara siulan khas turbo yang tentunya berharga mahal. Mobil sedan turbo yang dijual komersil saat ini semisal Subaru STi, BMW, atau Civic generasi terbaru rata-rata berkisar diatas 400juta rupiah.

Tapi jangan salah, dengan budget yang terbatas pun kita bisa lho memiliki mobil dengan mesin turbo. Bahkan dimulai dari harga 20 juta-an!

Gak percaya?

Disini kita akan mengulas mobil-mobil turbo tersebut dengan batasan rentang harga 20-100 juta.

Ulasan ini hanya membahas mobil-mobil yang umum alias dapat dengan cukup mudah ditemukan sehari-sehari atau di jumpai di lapak jual-beli mobil. Selain itu,  kita tidak akan membahas mobil turbo diesel, apalagi yang berjenis truk haha.

Beberapa mobil dalam daftar ini termasuk ke kategori mobil swap engine, alias mobil standard yang telah di ganti mesinnya menjadi menjadi bermesin turbo. Tentunya mobil tersebut adalah dari tipe mobil yang cukup umum/ sering di swap engine dengan harga jual di kisaran 100 juta.

Daihatsu Charade Turbo

Mobil turbo murah

Harga           : 20-25 Juta
Kapasitas    : 1.0L
Power          : 70 hp

Disertai dengan turbo, charade turbo hanya memiliki power output sebesar 70hp. Tetapi jangan salah, dengan berat mobil yang ringan, mobil ini bisa melaju mencapai kecepatan 170km/ jam. Selain itu, dengan penampilan retro yang bercampur dengan aura sporty rally klasik menjadikan mobil mungil ini sangat manis dan menarik apabila dirawat dengan baik. Kelebihan lainnya adalah mobil ini dikenal dengan harga sparepartnya yang murah dan komsumsi besin yang irit.

Volvo 740, 940, 960 Turbo Intercooler

Mobil turbo murah

Harga           : 30-50 Juta
Kapasitas    : 2.3L
Power           : 152 – 162 hp

Ini sebenarnya tiga mobil dengan tipe yang berbeda, tapi saya satukan saja biar ga telalu panjang hehe.

Jangan salah, meski mobil-mobil ini berbentuk kotak yang bagi sebagian orang mungkin terkesan ‘tua’, akan tetapi Volvo telah melengkapi mesin mereka dengan turbo dan intercooler. Sistem turbo tersebut membuat mobil ini memiliki power output sebesar 152 – 162 hp (tergantung tipe). Tentunya dengan angka tersebut menjanjikan power yang lumayan besar apalagi untuk mobil yang sudah berumur.

kelebihan lainnya adalah mobil ini terkenal dengan kenyamanannya untuk dikendarai, tidak heran dulu di masanya mobil ini seringkali digunakan oleh kalangan pejabat atau bos. Tampilan interior dan eksterior nya pun termasuk cukup antik yang diminati para penggemar mobil klasik.

Mobil turbo murah

Salah satu yang menarik lainnya dari mobil-mobil ini adalah ketika pertama dipasarkan, mobil ini di iklan kan dengan membanding-bandingkannya dengan mobil-mobil sport seperti Lotus, Ferrari, dan Lamborghini

Audi A3 Mk. 1

Mobil turbo murah

Harga           : 70-90 Juta
Kapasitas    : 1.8L
Power          : 148 hp

Buat kalian yang suka dengan sedan kecil hatchback, Audi A3 ini bisa jadi pertimbangan. Dibekali dengan mesin 1.8L yang dilengkapi dengan turbo, mobil kecil ini termasuk mobil yang cukup lincah untuk melaju kencang dengan tenaga sebesar 148 hp.

Dibuat untuk bersaing dengan VW Golf, Audi mendesain A3 generasi pertama ini dengan tampilan eksterior yang compact dan sporty.

Volvo S40, S60, S70, S80

Mobil turbo murah

Harga            : 50-100 Juta
Kapasitas     : 2.0L, 2.3L
Power           : 158-161hp, 247 hp (T5)

Kembali, empat mobil ini merupakan empat tipe yang berbeda, akan tetapi saya satukan lagi saja ya biar tidak kepanjangan hehe.

Sebelumnya disebutkan Volvo seri 700 dan 900 dulu seringkali digunakan sebagai kendaraan para pejabat dan bos perusahaan. Nah sama halnya dengan seri S ini, hanya saja mobil ini tergolong lebih muda yaitu di era 2000an.

Hal tersebutkan menguatkan bahwa seri S40-S80 ini merupakan mobil yang kencang dengan kenyamanan serta keamanan yang terjamin. Semakin tinggi serinya, semakin tinggi juga performa dan kenyamanannya, dalam hal ini S80 merupakan seri paling ekslusifnya.

Dibuat dengan tema luxury atau eksekutif, mobil ini memiliki tampilan yang gagah dan eksklusif. Mesin dengan sistem turbo membuat mobil ini memiliki tenaga sebesar 158-161 hp (tergantung seri). Untuk S60 dan S70 di Indonesia seringkali beredar varian T5 yang merupakan varian dengan power yang lebih besar lagi yaitu mencapai 247 hp dengan harga dibawah 100 juta.

Mobil eksklusif disertai power 240hp dengan harga 100 juta tentunya sangat menggiurkan bukan?

Toyota Starlet (Swap: Starlet GT Turbo 4EFTE)

Mobil turbo murah

Harga           : 75-100 Juta
Kapasitas    : 1.3L
Power          : 135 hp

Ah Starlet Turbo, tentunya sudah pasti ada dalam daftar ulasan ini.

Toyota Starlet yang sudah di swap mesinnya ke mesin Toyota Starlet GT Turbo, terkadang ditemukan di jual dengan harga dibawah 100 juta. Ya kalo pun diatas 100, di atas dikit lah, tar bisa nego-nego cantik haha.

Buat kalian yang ingin simpel, dalam artian tidak ingin repot membangun mobil sendiri, pilihan ini bisa dipertimbangkan. Selain itu, biasanya Starlet yang sudah di swap engine ini sudah di modifikasi oleh pemilik sebelumnya baik di sektor eksterior, velg, mapun interior. Sehingga apabila kita sabar mencari (dan lucky) kita bisa mendapatkan mobil yang sudah ganteng dan siap ngebut hehe.

Starlet ini memiliki sistem turbo dengan tenaga sebesar 135 hp, tidak terlalu besar memang, tetapi dengan bobot mobil yang ringan menjadikan besaran power tersebut cukup untuk membuat mobil ini berlari lincah.

Selain itu, potensi dari mesin 4EFTE ini masih bisa ditingkatkan sampai 200 hp+. Cuman ya, siap-siap keluar lagi duit hehe.

Mitsubishi Galant (Swap: Galant VR4 6A13TT)

Mobil turbo murah

Harga           : 100 Juta-an
Kapasitas    : 2.5L
Power          : 276 hp

Mitsubishi Galant ini banyak disukai salah satunya karena body nya yang maskulin dan sporty. Terkadang kita bisa menemukan mobil ini yang sudah di swap ke mesin twin turbo 6A13TT kepunyaan Galant VR.

Harganya memang jarang yang dibawah 100 juta, meski demikian apabila kita sabar menanti dan beruntung kadang ada juga kok yang dibawah 100 juta (BU kayaknya). Seringnya memang diatas 100 juta, tetapi atas dikit ga banyak-banyak hehe.

Galant VR swap ini memiliki tenaga yang besar yaitu 276 hp dengan potensi upgrade bisa mencapai 400 hp+. Dijamin puas ngajak lari mobil ini di jalan tol hehe.

Demikian ulasan kali ini, mudah-mudahan bisa menjadi pertimbangan untuk mendapatkan sebuah mobil turbo dengan harga yang cukup terjangkau. Barangkali ada yang ingin menambahkan?

Atau berbagi pengalaman dengan mobil-mobil turbo ini?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *