Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Dari sekian banyak modifikator mobil Jepang, ada beberapa diantaranya yang wajib kita ketahui. Nama besar mereka sudah mendunia berkat keuletan, ketrampilan, serta kualitas hasil karya mereka. Para modifikator atau tuner ini bukan lah pemain baru dalam dunia otomotif Jepang. Mereka telah lama berkutat dengan mesin beroda empat, melewati beberapa era bahkan sebelum jaman keemasan JDM sampai sekarang.

Skill dan pengalaman mereka yang terasah kemudian mampu menghasilkan karya project car yang memikat para enthusiast. Peran para modifikator mobil juga sangat vital dalam dunia car culture Jepang. Mengapa? Karena yang namanya modifikasi dan aftermarket part tentunya merupakan pondasi yang penting dalam budaya otomotif.

Sebelumnya, kita pernah juga mengulas mengenai modifikator seperti RWB (RAUH-Welt BEGRIFF), TRA Kyoto Rocket Bunny, dan Liberty Walk.

Tetapi, ketiganya merupakan modifikator yang lebih mengarah pada eksterior alias bodykit/aero. Kasarnya, yaa lebih ke visual alias fashion. Bukan ehem, tuner sejati hehe.

Nah, dalam ulasan kali ini kita akan membahas para modifikator mobil Jepang yang legendaris. Mereka memodifikasi mobil dari berbagai aspek performa. Bukan hanya mesin saja tetapi juga handling/ suspensi sampai pada aero. Mobil-mobil karya mereka tentunya merupakan mobil spek racing yang juga kebanyakan digunakan pada ajang balap profesional.

Kita mulai saja. Sudah siap kopinya?

RE-Amemiya

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Buat kalian yang seneng dengan mesin rotary, pasti sudah ga asing dengan nama ini.

RE-Amemiya merupakan modifikator mobil rotary yang sangat legendaris. Workshop ini dirintis oleh Isami Amemiya sejak tahun 1974. Lama sekali bukan? RE-Amemiya memang merupakan pioneer alias yang pertama kali menjadi modifikator spesialis rotary engine dunia!

Pengalaman dan kemampuannya tentu sudah tidak diragukan lagi. Berbagai mobil hasil karyanya mendapat pujian dunia otomotif. Mobil-mobilnya pun sering berlaga dan mendominasi dalam berbagai kompetisi balap profesional. Sebut saja seperti All-Japan Grand Touring Car Championship (JGTC), Super GT Cup, atau Kejuaraan Drift D1GP.  Karya modifikator mobil ini yang paling terkenal adalah mobil andalan RX-7. Mobil-mobilnya juga masuk ke dalam video game Gran Turismo. Meskipun namanya tetap dinamai Mazda.

Dengan segala prestasinya, nama Amemiya kemudian menjadi sangat populer dan seringkali disebut sebagai “Rotary Guru” oleh media. Dalam culture mobil Jepang, Amemiya-san menjadi idol para enthusiast terutama rotary lovers!

Tapi bukan hanya dari prestasi, skill dan pengalamannya saja. Amemiya-san memiliki daya tarik dari pembawaannya yang low profile dan humble. Dengan bentuk kepala bulat, kumis putih dan wajah bapak-bapak (sekarang sih kakek-kakek) yang polos. Melihatnya sama seperti melihat tokoh kartun Jepang haha.

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

RE-Amemiya ada di 2 lokasi yaitu toko di Chiba dan juga workshop kecil di Tokyo. Selain modifikasi, RE-Amemiya juga memproduksi dan menjual berbagai part aftermarket performa. Mulai dari sparepart mesin, aero, suspensi, sampai part-part interior.

Oya, tau kan arti RE dari RE-Amemiya?

Betul sekali, itu merupakan singkatan dari Rotary Engine.

Buat kalian yang menyukai rotary engine, ada beberapa modifikator mobil rotary lainnya yang bisa kalian cek. Sebut saja yang juga cukup populer seperti Knight Sports dan FEED (Fujita Engineering).

Mau cuci mata lihat foto-foto workshop RE-Amemiya? Bisa kita lihat disini.

Top Secret

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Sebelum kita membahas Top Secret. Marilah kita awali mengenai legenda dari foundernya, Kazuhiko “Smokey” Nagata. Kisah yang menjadi legenda dalam dunia motorsport ini menjadi salah satu alasan Smokey dan Top Secret menjadi buah bibir para enthusiast dunia.

Dirumorkan sebagai anggota Midnight Club, Kazuhiko Nagata menyenangi top speed. Ia menyukai mobil yang mampu melesat cepat di jalan tol perkotaan. Ia pun memiliki keinginan untuk melakukan highway speeding di berbagai tempat di dunia serta memecahkan rekor dunia kecepatan di jalan umum.

Kisah yang paling terkenal adalah pada 1999 ketika ia membawa Supra 1000 hp kepunyaannya dari Jepang ke Inggris. Ia ingin mencapai 320 km/jam di jalan tol kota A1 disana. Di tengah malam selepas hujan, diawali dengan burnout yang membuatnya dipanggil “Smokey” ia pun kemudian melesat dengan cepat. Hasilnya? Smokey berhasil mencapai 317 km/ jam pada kondisi jalan basah!

Tak lama kemudian polisi Inggris berusaha ‘mengejar’ dan menyuruhnya berhenti. Smokey kemudian ditangkap, dipenjara semalam serta di denda 3,6 juta. Pada 1999 tentu itu sangat mahal! Bukan hanya itu saja, esoknya ia diusir dari Inggris dan di banned tidak boleh menyetir di jalan Inggris selama 1 bulan!

Sebuah kisah pemburu top speed yang fenomenal!

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Top Secret adalah perusahaan setelah Smokey berhenti bekerja di Trust. Trust itu perusahaan yang dibawahnya ada merk terkenal “GReddy”. Nah, Smokey bekerja disana sebagai mekanik tetapi pada malam hari ia diam-diam bekerja untuk mobilnya dan juga mobil-mobil orang lain. Setelah ketahuan, pemiliknya tidak memecatnya dan memperbolehkannya, asal Smokey tidak bilang ke karyawan lainnya mengenai proyeknya itu.

Setahun kemudian, ia keluar dan membuat perusahaan sendiri bernama Top Secret yang artinya ya itu tadi hehe.

Salah satu karyanya yang paling populer tentunya Supra yang ia gunakan untuk memecahkan rekor dunia di Inggris. MK4 kepunyaannya ini bukan sembarangan Supra, mesinnya diganti mesin V12 Toyota Century dengan sistem twin-turbo!

Berhubung sudah agak kepanjangan, ulasan lengkap mengenai Kazuhiko “Smokey” Nagata dan Top Secret, kapan-kapan kita ulas lagi lebih mendetil.

Spoon Sport

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Honda enthusiast ayo berkumpul!

Spoon tentu sudah tidak asing lagi. Beberapa kadang kita lihat dalam bentuk stiker menghiasi Honda Jazz atau Civic hehe.

Perusahaan modifikator mobil yang didirikan Ichishima Tatsuru saat ia berumur 33 tahun. Kecintaannya pada Honda berawal dari pekerjaannya sebelumnya sebagai driver test mobil Honda. Mobil pertama karya Spoon adalah Civic gen-3 hatch dengan mesin ZC. Mereka melakukan modifikasi suspensi, bodyweight, transmisi serta mesin yang menghasilkan 230 hp lighweight civic dengan transmisi close ratio. Lahirlah sebuah hatchback yang sangat gesit dan fun to drive!

Pada 1988 Spoon ikut serta pada All-Japan Grand Touring Car Championship dan memperoleh respon yang postif dari berbagai kalangan. Bayangkan saja, Honda-nya sendiri ketika itu tidak ikut serta pada ajang kejuaraan bergengsi tersebut.

Honda yang terkesima dengan Spoon kemudian menawari kerjasama berupa penyediaan sparepart (sponsorship) dengan imbalan data-data mobil pada balap untuk penelitian. Kerjasama ini terus berlanjut sampai akhirnya Honda dan Spoon menjadi partnership resmi.

Hasil karya Spoon baik itu modifikasi mobil maupun aftermarket part sudah teruji dalam berbagai kejuaraan balap profesional. Mereka pun seringkali mengetes mobil mereka yang memiliki ciri khas warna biru kuning di track-track terkenal seperti Macau, Tsukuba, dan bahkan Nurburgring.

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Ketika Honda membuat mobil JDM legendaris Civic EK9 Type R dan memperoleh berbagai pujian dari dunia otomotif, Spoon merasa ‘panas’. Mereka yang telah lama dikenal sebagai modifikator mobil racing Honda merasa tertantang untuk membuatnya lebih memukau. EK9 Type R kemudian mereka modifikasi habis-habisan. Hasilnya adalah 260 hp Type R yang mampu melesat sampai 11.000 RPM dengan bobot 900 kg!

Pada 2001, Spoon membuat toko atau workshop tuning bernama Type-One. Workshop ini merupakan visi dari Ichishima, bagaimana sebuah modifikasi itu dilakukan.

Type-One menyediakan jasa modifikasi mobil Honda dengan profesional dengan perhitungan engineering yang presisi dan matang. Jadi bukan sekedar tempel2 sparepart performa saja. Tetapi semuanya diperhitungkan dan dimodifikasi dengan sangat seksama untuk mencapai spek balap yang optimal.

Punya Honda dan mau modif yang dijamin berkualitas? Bawa saja ke Type-One. Di Jepang tapi hehe.

Foto-foto workshop Spoon Type-One bisa dilihat disini.

Rocky Auto

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Artikel ini tidak akan lengkap dengan kehadiran modifikator mobil satu ini.

Rocky Auto merupakan modifikator mobil vintage JDM yang terkenal di dunia, didirikan oleh Watanabe Yoshiya pada Juli 1987. Mobil vintage JDM ini tepatnya mobil-mobil Nissan dan Toyota. Sebut saja seperti mobil legendaris Hakosuka, Kenmeri, Skyline klasik, Fairlady Z, dan 2000GT.

Semua hasil karyanya sangat memukau. Keren dan bening-bening!

Belum ditambah dapur pacunya. Mesin mobilnya ada yang masih menggunakan mesin stok bawaan seperti misal mesin S20. Tentunya mesin tersebut sudah di rebuild alias dibersihkan, dimodifikasi dan dituning menjadi lebih optimal. Sebagian lainnya telah berganti jiwa ke mesin-mesin modern yang sangar. Di dalam mobil klasik yang elegan tersebut terdapat mesin-mesin brutal seperti 2JZ, RB25, RB26, RB30, V8 1UZ, VQ35, dan mesin-mesin performa tinggi spek balap lainnya!

Dalam build style, Watanabe-san memang dikenal sebagai modifikator mobil yang balanced. Ia menyenangi originalitas serta menghargai history dari sebuah mobil. Tetapi ia juga menyenangi modifikasi yang inovatif dan menantang. Misalkan saja ada sebuah GTR Hakosuka koleksinya yang ia benamkan mesin Toyota V8 1UZ! Tentu bagi para purist, ini adalah hal yang disayangkan. Tetapi Watanabe-san mempertimbangkan inovasi terbaru dengan menghadirkan mobil iconic klasik Hakosuka dengan V8 Jepang.

Lagipula, ia masih memiliki beberapa koleksi Hakosuka lainnya yang jauh lebih original hehe.

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Workshop Rocky Auto yang terletak di Okazaki, Jepang, merupakan tempat yang wajib dikunjungi para vintage JDM lovers. Tempat ini merupakan surga mobil-mobil legendaris klasik JDM. Rocky Auto memiliki jumlah koleksi mobil klasik JDM terbesar di Jepang. Yang berarti tentunya, terbesar di dunia! Dari total puluhan mobil yang ada disana, setiap mobilnya telah atau sedang dibangun dengan tampilan dan modifikasi yang membuat orang berdecak kagum.

Bukan hanya dari jumlah koleksi mobilnya dan modifikasinya saja, workshop Rocky Auto memiliki interior ruangan serta pemandangan lainnya yang menakjubkan. Kesemuanya menjadikan tempat ini contoh sukses bagaimana sebuah workshop mobil klasik dibuat.

Pokoknya dijamin betah berlama-lama disana!

Artikel yang memuat kumpulan foto-foto workshop Rocky Auto bisa kita lihat disini.

Tec-Art’s

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Tau hachiroku kan? Mobil JDM yang terkenal dalam pop culture terutama lewat serial Initial D.

Nah, Tec-Art’s ini merupakan modifikator mobil spesialis Toyota Corolla AE86 alias Hachiroku. Workshop yang terletak di Saitama, Tokyo ini sudah lama dikenal sebagai tuner spesialis yang sudah malang melintang membangun berbagai Hachiroku.

Bahkan, mobil drift-king, Keiichi Tsuchiya juga dibangun disini!

Mobil legendaris maha suhu drift yang menjadi inspirasi dari Initial D lahir di workshop Tec-Art’s. Hachiroku kepunyaan Tsuchiya-san ini dibenamkan mesin 7AGE. Perpaduan antara mesin 7AFE (block) dan 4AGE (head). Dengan full Tec-Art’s piston berkompresi tinggi serta modifikasi lainnya, mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 200 hp. Angka tersebut sebenarnya masih bisa ditambah, tetapi Tec-Art’s mempertimbangkan kehandalan dan kestabilan mesin. Selain itu, Hachiroku tersebut sekarang juga merupakan mobil road legal Tsuchiya-san.

Meskipun demikian, jiwa sebenarnya dari Hachiroku berada pada mesin iconic, 4AGE.

Tec-Art’s sangat handal dalam mesin iconic Corolla ini. Mau 16v atau 20v. Semuanya sudah khatam luar kepala di tangan Tec-Art’s. Founder-nya sendiri, Kamata-san lebih menyukai 16v karena ia merasa inilah mesin yang merupakan nyawa sejati dari Hachiroku. Mereka dapat memodifikasi mesin 4AGE 16V dan memeras seluruh potensi powernya. Salah satu karyanya adalah 4AGE yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 240 hp! Perlu dicatat mesin ini masih NA alias tanpa forced induction. Selain itu 4AGE tersebut mampu mencapai high revving 10,000 RPM. Sedap bukan!

Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap

Tapi tidak hanya untuk keperluan performa atau balap. Tec-Art’s dapat melayani berbagai permintaan customer, termasuk diantaranya Hachiroku versi ECO.

Mobil versi hemat bensin ini sanggup berjalan dengan konsumsi bahan bakar 14,2 km per liter nya! Luar biasa bukan. Jangan salah, mobil ini tetap memiliki akselarasi yang gesit dan handling yang sangat nyaman untuk harian. Fun to drive! Hal tersebut dicapai melalui rebuild mesin, modifikasi serta tentunya tangan sakti Kamata-san dalam mapping ECU.

Dengan berbagai pengalaman serta kehandalannya Tec-Art’s, baik itu produk dan member-nya sangat dihormati dalan scene JDM Jepang. Terutama tentunya oleh para Hachiroku enthusiast.

Demikian ulasan kali ini. Sebenarnya masih banyak lagi modifikator mobil yang handal di Jepang. Sebut saja seperti Mine’s Motor Sports, Yashio Factory, J’S Racing, Powerhouse Amuse, dan Super Tuning Esprit. Tapi kita cukupkan saja, kalo kita bahas semua tar kepanjangan malah jadi ngantuk bacanya hehe.

Yang mana nih modifikator mobil Jepang favorit kalian?

Ada tambahan atau komentar?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 thoughts on “Modifikator Mobil Jepang yang Jago Bangun Mobil Balap”