Yuk Kita Lihat Panduan Dan Tips Mobil COVID-19 Ini!

Tips kesehatan COVID mungkin sudah cukup banyak, bagaimana dengan tips mobil COVID-19? Dalam ulasan kali ini kita akan membahas panduan dan tips seputar mobil saat pandemi COVID-19. Seperti yang kita ketahui, seiring dengan himbauan dan juga kesadaran masyarakat untuk stay home saat ini. Tentunya semakin sedikit mobil di jalanan, dan semakin banyak mobil yang menjadi pajangan di garasi atau depan rumah.

Buat saya sendiri penggunaan mobil di saat seperti ini sedikit lebih berisiko. Memang jalanan menjadi lenggang dan menggiurkan untuk membawa mobil kesayangan tancap gas. Tetapi untuk beraktifitas atau keperluan lainnya di luar sepertinya ngga deh.

Begini, misal kita keluar pake mobil karena ada hal urgent, misal kantor atau belanja bahan makanan ke supermarket. Nah meski kita sudah safety dengan masker atau bahkan sarung tangan. Droplet COVID sangat bisa menempel di badan kita. Entah itu di lengan, baju, celana dan lainnya. Itulah kenapa banyak anjuran, sampai rumah ganti-cuci baju dan mandi.

Nah, masuk mobil yang notabene tempat kecil tertutup, kita memiliki resiko si droplet itu jatuh dan terhisap. Apalagi dengan angin AC yang menyala. Saya pikir sepertinya sedikit lebih safe bila kita naik motor. Droplet ketiup angin dan kita pun tidak di dalam tempat tertutup.

Kembali, lain cerita bila kita keluar dari rumah, masuk mobil tancap gas menikmati mengemudi sambil manasin mobil dan balik lagi ke rumah.

Back to topic, dalam ulasan ini panduan dan tips mobil COVID kita bagi menjadi dua bagian. Maitenance atau tips menyimpan mobil dan tips mengemudi mobil saat pandemi COVID-19.

Kita mulai saja. Siapkan kopinya.

Menyimpan Mobil

Mobil yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat mudah terjangkit penyakit. Komponen mobil terdiri dari ribuan part dan sebagian besar diantaranya harus rutin terus dioperasikan. Apabila diam dalam waktu lama, maka part-part tersebut bisa berkarat, macet, seal kering, dan lainnya yang kemudian mengundang masalah yang lebih besar lagi.

Oleh karena itu, mobil yang disimpan dalam waktu lama perawatannya tidak jauh berbeda alias sama saja dengan mobil yang digunakan. Berikut beberapa tips mobil COVID saat pandemi saat ini.

Isi Bensin
Pastikan bensin terisi dengan hampir penuh. Idealnya adalah tetap menyisakan udara atau sekitar dua pertiga dari kapasitas tangki.

Bensin yang terisi penuh mencegah karat pada part terkait bahan bakar dan mesin. Bensin juga akan menguap dan lebih cepat pada negara dengan iklim tropis/ panas. Selain itu, tentunya kita harus memastikan mobil siap digunakan dengan bensin tersedia untuk antisipasi hal-hal yang urgent.

Aki
Ini adalah salah satu part yang sering dikeluhkan pada mobil yang tidak digunakan. Dalam beberapa minggu, daya listrik aki akan melemah.

Kita dapat merawat aki dengan rajin memanaskan mobil. Lebih baik lagi bukan hanya sekedar manaskan idle tetapi dibawa keluar sekedar keliling komplek. Selain itu bila kita mau kita bisa invest beli charger aki. Harganya sekitar 700rb-2juta. Ada juga sih yang kecil portable 100-200ribu, tapi saya agak ragu.

Bila memang kita yakin akan jarang bgt keluar menggunakan mobil, maka bisa sekalian saja lepas kabelnya.

Isi Angin Ban
Seiring waktu tekanan angin ban bisa menyusut. Pastikan angin semua ban terisi dan lebih baik lagi tambahkan tekanan sekitar 5-10psi. Ubah rutin posisi parkir mobil, majukan atau mundurkan sedikit. Ban yang terlalu diam tidak bergerak lama-lama bisa mempengaruhi bentuknya, apalagi bila tekanan udaranya tidak sempurna.

Turunkan Rem Tangan
Rem tangan yang terlalu lama digunakan berminggu-minggu dapat membuat kampas rem lepas dari platnya. Hal ini dikarenakan karena terlalu lama menempel, kampas rem menjadi lengket pada tromol.

Rutin Mencuci Mobil
Jangan mentang-mentang tidak dipakai, mobil dibiarkan begitu saja tertutup debu dan kotoran. Apalagi mobil yang disimpan di luar. Mencuci mobil rutin membantu melindungi dan merawat cat mobil kita.

Menggunakan Mobil

Yuk Kita Lihat Panduan Dan Tips Mobil COVID-19 Ini!

Seperti sudah disebutkan di awal, penggunaan mobil di saat seperti ini lebih baik dihindari. Lebih baik pakai motor. Terkecuali ada yang urgent atau sekedar keluar memanaskan dan balik lagi ke rumah.

Berikut beberapa tips mobil COVID mengemudi saat pandemi saat ini.

Ikuti Himbauan Pemerintah
Ok kembali apabila tidak ada yang bener-bener urgent, tidak perlu pakai mobil. Mobil kapasitas 4-5 orang hanya boleh digunakan maksimal 3 orang. Sedangkan untuk mobil kapasitas 8 orang, maksimal digunakan 4 orang. Penumpang di belakang, tidak boleh ada yang di depan.

Cuci Tangan dan Bawa Hand Sanitizer
Pengemudi dan seluruh penumpang harus mencuci tangan sebelum masuk mobil. Bila tidak bisa mencuci tangan, maka harus menggunakan hand sanitizer. Begitupun saat keluar dari mobil, cuci tangan kembali atau gunakan sanitizer. Bukan hanya cuci tangan, sebaiknya setelah digunakan mobil disemprot dengan disinfektan.

Gunakan Masker
Tetap gunakan masker di dalam mobil, apalagi mobil itu ruangan kecil tertutup. Apalagi ditambah dengan udara angin dari AC. Selain itu masker juga melindungi tangan kita untuk menyentuh hidung dan mulut kita.

Bersihkan Bagian Mobil yang Sering Disentuh
Beberapa bagian mobil merupakan titik yang paling sering disentuh. Semua komponen pengemudi yaitu setir, tuas-tuas, rem tangan, perseneling. Bagian lainnya adalah tombol audio, power window, AC, handle pintu, dan, sabuk pengaman.

Bersihkan bagian ini sebelum dan sesudah menggunakan mobil. Pembersihan bisa menggunakan cairan cleaner sesuai dengan materialnya, terutama kulit. Untuk vinil dan plastik, bisa menggunakan air dan shampoo. Gosok dengan sikat gigi kemudian dengan kain microfiber.

Disinfektan Interior Mobil
Secara berkala kita harus membersihkan interior mobil kita, apalagi setelah beberapa kali digunakan keluar untuk beraktifitas. Hati-hati dengan penggunaan disinfektan yang mengandung bahan alkohol tinggi karena ini bisa merusak interior terutama bahan kulit. Gunakan chemical khusus disinfektan/ fogging untuk interior mobil. Atau opsi lainnya kita bisa bersihkan manual dengan menggunakan sabun bayi atau shampoo.

Demikian ulasan kali ini.

Corona virus saat ini telah menginfeksi 3,2 juta penduduk dunia dengan kematian sebanyak 234 ribu orang. Tetapi, memang terkadang stay dirumah bukanlah satu-satunya pilihan. Ada saatnya kita harus keluar untuk hal yang urgent semisal urusan kantor yang tidak bisa dikerjakan dari rumah atau membeli makanan dan obat-obatan.

Oleh karena itu, bukan saja kita harus melindungi merawat mobil kita yang sekarang jarang digunakan. Kita juga harus dapat melindungi diri dan keluarga kita saat mengemudi keluar rumah dengan mobil.

Bagaimana nih menurut kalian tips mobil COVID-19 ini? Ada tambahan atau komentar? Stay safe ya semuanya. Mudah-mudahan kita selalu diberikan perlindungan dan kesehatan, mudah-mudahan COVID-19 ini cepat berlalu…

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *