power shifting

Teknik Mengemudi: Power Shifting

Kembali ke teknik mengemudi, kali kita akan membahas mengenai power shifting.

Teknik ini hanya bisa dilakukan di mobil dengan transmisi manual. Sesuai dengan namanya yaitu shifting alias mengoper gigi, tentu tidak bisa dilakukan di mobil matic hehe.

Power shifting merupakan teknik memindahkan gigi dengan sama sekali tanpa melepaskan pedal gas. Jadi pedal gas tetap ditekan penuh ketika memindahkan gigi. Perpindahan gigi disini adalah menaikkan gigi misal dari gigi 1 ke 2, 2 ke 3, dan seterusnya. Karena inilah, power shifting juga terkadang disebut dengan istilah full-throttle shift.

Penjelasan detilnya sebagai berikut.

  1. Ketika mobil melaju pada gigi 1, pedal gas ditekan penuh sampai RPM mendekati redline. Siapkan tangan kiri pada persneling dan kaki kiri pada pedal kopling.
  2. Dengan kaki kanan tetap menekan pedal gas. Tekan penuh kopling dengan kaki kiri, masukkan gigi ke 2. lepaskan kopling. Lakukan perpindahan gigi tersebut dengan cepat.
  3. Lakukan hal yang sama pada perpindahan selanjutnya yaitu gigi 2 ke 3 dst.

power shifting

Perlu menjadi catatan, pada saat melakukan power shifting, sebaiknya lakukan perpindahan gigi sebelum peak power atau ketika sesaat sebelum RPM mendekati redline. Hal ini dilakukan karena ketika pedal gas terus ditekan maka dikhawatirkan terjadi over rev, alias putaran RPM melebihi limit pada redline. Apalagi bila perpindahan gigi dilakukan dengan lambat.

Keuntungan dari teknik ini adalah menghemat waktu dalam pergantian gigi sehingga power mesin bisa digunakan seoptimal mungkin. Biasanya teknik ini digunakan pada drag atau pada kondisi jalan lurus.

Penggunaan teknik power shifting kerap menjadi perdebatan karena banyak yang menilai teknik ini bisa berisiko merusak sistem transmisi mobil. Memang apabila teknik ini dilakukan dengan tidak tepat semisal ketika power shifting kurang pas memasukkan gigi atau melakukan perpindahan gigi dengan lambat. Oleh karena itu saya sendiri tidak menyarankan untuk melakukan teknik ini terlalu sering. Ya sesekali sih bolehlah hehe.

Beberapa kalangan berpendapat power shifting ini dilakukan pada mobil balap karena sistem kopling mobil balap (racing clutch) memang didesain untuk pemakaian berat. Selain itu memang yang namanya mobil balap, penggantian sparepart adalah hal yang sangat biasa dilakukan. Singkatnya, rusak ya ganti baru.

Teknik lain sebagai alternatif dari power shifting adalah speed shifting atau kadang juga disebut quick shifting.

Apakah speed shifting itu?

Speed shifting adalah shifting normal yang dilakukan dengan cepat haha.

Perbedaan power shifting dengan speed shifting hanyalah sepersekian detik. Apalagi bila mobil kita sudah dimodifikasi dengan short shifter, yang merupakan modifikasi untuk memperpendek jarak perpindahan antar gigi pada persneling.

Untuk teknik mengemudi lanjutan (advance/ performance driving) lainnya, bisa kita lihat disini.

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *