Sentuhan Yamaha Dalam Dunia Mobil


Dalam ulasan kali ini kita akan membahas peran Yamaha dalam dunia mobil.

Sebelumnya kita telah membahas kolaborasi Yamaha dan Toyota dalam membuat mobil-mobil dengan mesin berperforma tinggi. Sebut saja misalnya Toyota 2000GT yang legendaris atau Lexus LFA yang memiliki suara raungan mesin layaknya mobil formula 1.

Tapi jangan salah, kolaborasi Yamaha dalam dunia mobil bukan hanya dengan rekan senegaranya saja. Yamaha dalam dunia mobil telah cukup lama dikenal sebagai partner beberapa produsen kelas dunia lainnya.

Mau tau kan mobil apa saja yang diproduksi dengan sentuhan Yamaha tersebut?

Kita mulai saja ulasannya.

Ford Taurus SHO

Sentuhan Yamaha Dalam Dunia Mobil

Berawal dari kontrak kerjasama dengan Ford pada tahun 1984, Yamaha mengembangkan mesin SHO yang berarti Super High Output. Mesin ini terdiri dari dua varian yaitu generasi pertama dengan konstruksi V6 dan generasi kedua V8. Generasi pertama memiliki kapasitas sebesar 3.0 dan 3.2L dengan tenaga sebesar 220 hp dan torsi 200-215 lbft pada 4000-4800 rpm. Generasi kedua dengan konstruksi V8 memiliki kapasitas sebesar 3.4L dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 235 hp dan torsi 230 lbft pada 4800 rpm.

Awalnya mesin ini dikabarkan dirancang untuk dibenamkan pada mobil sport mid-engine dengan kode prototipe bernama GN34, akan tetapi proyek tersebut dibatalkan. Beberapa tahun kemudian mesin tersebut akhinya muncul pada Ford Taurus SHO yang merupakan versi performa dari Ford Taurus yang diproduksi tahun 1988-1999. Dua generasi awal Taurus SHO menggunakan mesin SHO V6 sedangkan generasi ketiga merupakan satu-satunya generasi yang menggunakan versi V8. Ford kemudian melanjutkan kembali generasi Taurus SHO ini pada tahun 2010 tetapi telah beralih menggunakan mesin ecoboost.

Ford Fiesta

Sentuhan Yamaha Dalam Dunia Mobil

Nama Ford Fiesta tentu sudah tidak asing lagi. Dengan angka penjualan sebanyak 16 juta unit dari tahun awal produksinya di 1976, Fiesta menjadi salah satu mobil Ford yang populer.

Sama seperti SHO, Yamaha juga memiliki andil dalam mengembangkan Ford Fiesta. Generasi ke-4, 5 dan 6 dari mobil ini memiliki mesin yang dikembangkan bersama Yamaha yaitu mesin Sigma.

Sigma merupakan mesin 4 silinder segaris yang pertama diproduksi pada tahun 1995. Di awal masa produksinya mesin ini diperkenalkan dengan nama Zetec SE, terkadang juga disebut dengan Zetec S. Pada pengembangan selanjutnya Ford kemudian merubah nama mesin sigma menjadi Duratec dengan edisi terakhirnya yaitu Duratec Ti-VCT.

Generasi ke 7 dari Fiesta yang mulai diproduksi tahun 2017 telah beralih menggunakan mesin ecoboost.

Ford Puma

Sentuhan Yamaha Dalam Dunia Mobil

Ford Puma merupakan mobil compact coupe yang diproduksi oleh Ford Europe dari tahun 1997 sampai 2002. Sama seperti Ford Fiesta, mobil ini menggunakan mesin sigma yang tepatnya generasi Zetec SE 16V dengan 4 opsi kapasitas mesin 1.4L, 1.6L, 1.7L, dan 1.7L VCT. Tenaga yang dihasilkan berkisar 90 hp sampai 153 hp tergantung dari varian kapasitas mesin. Kasta tertinggi dari Ford Puma ini adalah varian Ford Racing Puma (FRP) dengan mesin 1.7L VCT yang hanya diproduksi sebanyak 500 unit.

Pada tahun 2008 Ford mendesain mobil rally dari Ford Puma untuk diikutsertakan pada ajang kejuaraan British Rally Championship. Mesin Zetec SE pada Ford Puma Rally tersebut telah dimodifikasi untuk bisa menyemburkan tenaga kuda sebesar lebih dari 200 hp pada putaran rpm tinggi yaitu 9000 rpm.

Volvo XC90

Sentuhan Yamaha Dalam Dunia Mobil

Dari Amerika sekarang kita beralih ke produsen mobil asal Swedia, Volvo.

Yamaha dalam dunia mobil juga terlibat dalam pembuatan mesin gahar, B8444S. Mesin berkapasitas 4.4L ini memiliki konstruksi V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 311 hp. B8444S dibuat di Jepang oleh Yamaha dengan desain dari Volvo.

XC90 merupakan crossover premium dari Volvo yang diproduksi tahun 2002 sampai dengan tahun 2014. pada tahun 2005, Volvo menambahkan mesin B8444S sebagai salah satu varian mesin dari XC90.

Volvo S80

Sentuhan Yamaha Dalam Dunia Mobil

Masih dalam kelas mobil premium Volvo, S80 merupakan sedan eksekutif yang diproduksi dari tahun 1998 sampai 2016. S80 terdiri dari dua generasi yaitu generasi pertama pada tahun 1998-2006 dan generasi kedua pada tahun 2006-2016.

Mesin hasil kerjasama dengan Toyota, B8444S juga dibenamkan pada mobil ini. Setelah pertama dikenalkan di Volvo XC90 di tahun 2005, pada tahun selanjutnya yaitu 2006, generasi kedua dari S80 memiliki opsi varian mesin B8444S.

Dengan mesin gahar V8 bertenaga 311 hp menjadikan S80 dapat melaju cukup kencang di jalanan. Tetapi tenang saja, pada tahun 2007, mobil ini mencetak rating tertinggi dalam uji kecelakaan oleh Institute for Highway Safety (IIHS). Angka penilaian keamanan pada uji kecelakaan tubrukan dari depan, samping, dan belakang membuat S80 mendapatkan penghargaan Top Safety Pick dari IIHS.

Noble M600

Sentuhan Yamaha Dalam Dunia Mobil

Bagaimana bila mesin V8 kolaborasi Yamaha-Volvo, B8444S ditambahkan sistem turbocharger?

Hasilnya adalah Noble M600.

M600 adalah mobil supercar yang dibuat oleh perusahaan otomotif asal Inggris, Noble. Dengan B8444S yang ditambahkan dengan forced induction berupa dua buah Garrett Turbocharger, mobil ini mampu melesat dengan tenaga maksimal 660 hp. Noble juga melengkapi M600 dengan pilihan mode boost setting yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Mode road setting dengan tenaga 450 hp, track setting 550 hp, dan race setting 660 hp.

Tayangan TV otomotif, Top Gear telah tiga kali menayangkan M600 dalam acara mereka. Dalam salah satu tayangannya, mobil ini berhasil mengalahkan Pagani Zonda F Roadster dan Bugatti Veyron dalam hitungan waktu menjajal track Top Gear.

Lotus Elise SC dan Lotus Exige S

Sentuhan Yamaha Dalam Dunia Mobil

Dua mobil ini kita satukan saja karena keduanya sebelumnya sudah sempat kita sedikit bahas.

Seperti pernah kita bicarakan pada ulasan kolaborasi Yamaha dan Toyota. Mesin 2ZZGE selain digunakan pada mobil Toyota juga digunakan oleh produsen mobil lainnya.

Lotus Elise SC dan Lotus Exige S adalah sport car yang menggunakan 2ZZGE yang dilengkapi dengan sistem supercharger. Keduanya memiliki kisaran tenaga sebesar 218 sampai 260 hp.

Lotus merupakan perusahaan otomotif asal Inggris yang memproduksi mobil sport dan mobil balap. Sebelumnya perusahaan ini sempat dimiliki oleh perusahaan otomotif Malaysia, Proton. Meskipun demikian, semenjak Juni 2017 lotus telah berpindah tangan ke Geely. Perusahaan otomotif asal Cina yang memiliki Volvo tersebut juga membeli hampir setengah saham Proton (49,9%).

Gimana, cukup aktif juga kan Yamaha dalam dunia mobil? Itu semua belum termasuk beberapa mobil konsep dari Yamaha sendiri. Tapi karena memang masih konsep dan belum resmi diproduksi jadi kita tidak tampilkan disini hehe.

Demikian ulasan kali ini. Ada yang mau menambahkan atau berkomentar?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *