Teknik Mengemudi: Left Foot Braking


Teknik mengemudi left foot brakingTeknik mengemudi kali ini adalah mengerem dengan kaki kiri. Terdengar simpel bukan?

Tapi kenyataannya tidak.

Teknik mengemudi ini termasuk teknik yang sulit untuk dilakukan karena bertentangan dengan ingatan otot (muscle memory) kita. Apabila kita sudah terbiasa mengerem dengan kaki kanan, dan kaki kiri terbiasa dengan pedal kopling maka rem dengan kaki kiri akan sulit dilakukan. Apalagi bila pengereman dilakukan dalam kecepatan tinggi atau ketika belokan tajam.

Lalu buat apa sebenarnya teknik ini dilakukan?

Left foot braking seringkali digunakan dalam balap mobil profesional terutama pada balap rally. Teknik ini membatasi penggunaan kaki kanan yang di khususkan hanya untuk pedal gas dan kaki kiri bertugas untuk melakukan pengeraman atau menekan pedal kopling. Dengan demikian menghemat waktu yang dibutuhkan apabila kaki kanan pindah dari pedal gas ke pedal rem, singkatnya akselarasi bisa lebih cepat dilakukan karena kaki kanan selalu ada di pedal gas.

Selain itu teknik mengemudi ini juga dikenal untuk lebih mengontrol transfer beban mobil, karena seperti kita ketahui rem dan akselarasi akan mempengaruhi transfer beban mobil kita. Pada mobil bermesin turbo, Left Foot Braking juga berfungsi untuk mengurangi turbo lag karena pedal gas bisa terus dikontrol dengan kaki kanan.

Pada awal mencoba teknik ini, kita akan seringkali menginjak rem terlalu dalam. Bahkan saya sendiri pernah sampai mobil berhenti total di tengah jalan haha.

Seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, teknik ini membutuhkan waktu untuk dipelajari (tepatnya terbiasa). Mungkin seperti ibarat belajar menulis dengan tangan kiri. Membutuhkan waktu agar tulisan kita rapih dan tidak acak-acakan. Meskipun demikian teknik ini cukup seru untuk dipelajari, jadi jangan berhenti mencoba. Bisa karena biasa, benar kan?

Apabila mobil kita bertransmisi matic, teknik ini sepertinya bisa lebih cepat di adaptasikan karena kaki kiri tidak akan pusing mengingat kopling dan rem. Kaki kiri bisa fokus di rem, dan kaki kanan di pedal gas. Tapi ya itu mungkin, saya tidak tahu juga, karena mobil saya manual hehe.

Demikian ulasan kali ini. Untuk teknik mengemudi lanjutan (advance/ performance driving) lainnya, bisa kita lihat disini.

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya bisa juga dilihat di Instagram kita.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *