Teknik Mengemudi: Rev Matching Downshift


Rev Matching DownshiftRev matching adalah teknik menyesuaikan putaran gigi/ transmisi dengan putaran mesin (rpm) yang biasanya digunakan ketika menurunkan gigi (downshift). Oleh karena itu teknik ini juga kadang disebut dengan istilah rev match downshift.

Langsung saja kita ulas cara melakukan rev match downshift ini.

Apabila kita misal sedang melaju di gigi 3 dan akan turun ke gigi 2, kita akan melakukan Rev Matching dengan cara sebagai berikut.

  1. Biasanya ketika turun gigi kita akan terlebih dahulu menekan rem terutama apabila kita akan berbelok. Meskipun ini tidak selalu mesti dilakukan, misalnya pada jalan lurus/ tidak berbelok.
  2. Tekan kopling sampai penuh dengan kaki kiri.
  3. Tepuk (tap) pedal gas dengan kaki kanan sambil memasukkan gigi 2
  4. Lepaskan pedal kopling.

Cukup simpel, bukan?

Besaran tepukan (tap) pada pedal gas tergantung dari kecepatan laju kendaraan yang nantinya apabila sudah sering di praktekkan ini akan diketahui secara feeling hehe.

Kecepatan melepaskan pedal kopling tergantung dari jenis kopling mobil kita. Apabila kopling racing maka pedal kopling bisa dengan agak cepat dilepaskan tetapi apabila stock/ standar maka sebaiknya lepaskan/ angkat kopling dengan perlahan.

Apabila kita akan turun gigi sebanyak 2 tingkat, misal dari gigi 4 ke gigi 2, maka rev matching pun dilakukan dua kali. bruumm- brummmmm, mungkin seperti itulah nanti suaranya haha.

Lalu apakah fungsi rev matching?

Teknik ini dapat mengurangi beban pada transmisi sehingga lebih awet, mempermulus & memperstabil laju kendaraan, dan mengurangi/ mencegah transfer beban ke depan mobil sehingga mobil bisa melaju kembali dengan maksimal ketika sehabis belokan.

Apabila kita perhatikan, mobil-mobil balap di track/ sirkuit sebelum berbelok pasti akan terdengar suara menggerung. Nah itu sedang melakukan rev matching. Memang melakukan rev matching downshift sebelum berbelok akan membuat mobil kita layaknya seperti mobil-mobil di track balap haha. Belum ditambah sensasi suaranya yang menggemaskan hehe.

Teknik ini merupakan teknik dasar dari teknik lanjutannya yaitu Heel and Toe. Nanti tentu akan kita bahas juga.

Untuk teknik mengemudi lanjutan (advance/ performance driving) lainnya, bisa kita lihat disini.

Ada yang lagi belajar atau malah sudah terbiasa melakukan rev matching?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *