Cara Mengemudi

Teknik Mengemudi Mobil Tingkat Lanjutan

teknik mengemudi

Bagi para pecinta mobil, mengemudi mobil kesayangan adalah salah satu hal yang menyenangkan. Tentunya asal kondisi jalan juga mendukung alias lancar dan tidak macet hehe.

Semakin besar akses kendali kita terhadap jalannya mobil maka akan semakin mengasikkan. Oleh karena itu sebagian besar pecinta mobil lebih menyukai transmisi manual dibandingkan transmisi otomatis (matic) yang dinilai membosankan.

Proses mengemudi dengan transmisi manual memang lebih rumit dibanding matic. Namun bagi saya sendiri semakin banyak proses yang dilibatkan maka semakin besar juga ‘komunikasi’ kita dengan mobil, semakin terasa mobil dan kita menjadi satu bagian.

Memang agak sulit dijelaskan dengan kata-kata hehe.

Keasikan itu akan semakin bertambah dengan beberapa cara atau teknik mengemudi yang merupakan teknik mengemudi tingkat lanjutan (advanced/ performance driving).

Teknik tersebut memang seringkali digunakan pada balap mobil profesional. Meskipun demikian untuk mengemudi harian pun teknik tersebut sangat bisa digunakan karena memang fungsi intinya adalah untuk memuluskan laju kendaraan dan beberapa diantaranya juga dapat membuat transmisi lebih awet (meskipun ada juga yang kebalikannya haha).

Sebagian dari teknik mengemudi lanjutan tersebut hanya bisa dilakukan di transmisi manual. Sebagian lainnya membutuhkan tipe layout mobil khusus seperti drifting yang membutuhkan layout RWD atau AWD.

Seperti skill lainnya, “mengetahui” tidak sama dengan “menguasai”. Dibutuhkan praktek yang berulang-ulang sampai kita menjadi terbiasa dan mahir.

Baiknya untuk awal mencoba teknik mengemudi lanjutan dilakukan pada situasi jalan yang agak lenggang sehingga tidak membahayakan diri sendiri ataupun pengguna jalan lainnya. Untuk kalian yang di Bandung, saya sudah pernah membuat ulasan mengenai jalan yang pas untuk dipakai untuk tancap gas. Kalo pengen lebih aman dan nyaman sih ya maen ke track macam sentul, cuman ya siap-siap juga keluar duit.

Saya sendiri tidak menguasai seluruh teknik mengemudi lanjutan, karena saya bukan pembalap profesional haha. Tapi ya sedikit-sedikit belajar akan menambah keasikan dalam mengemudi mobil. Terutama pada saat jalan lenggang di malam hari hehe.

Sudah siap kopinya? Silahkan klik link dibawah.

Teknik/ Cara Mengemudi Lanjutan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Teknik Mengemudi Mobil Tingkat Lanjutan”