Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Car Meet atau kopdar mobil adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar mobil. Disinilah para enthusiat mobil berkumpul sambil tentunya membawa mobil kesayangannya masing-masing. Bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama tentu menyenangkan. Apalagi, kegemaran mobil bukanlah sesuatu yang umum. Tidak seperti misalnya hobi travelling atau film. Itulah kenapa ajang car meet selalu menjadi hal yang berkesan.

Tentunya bila car meet-nya dihadiri oleh orang-orang yang open minded. Bukan juga berisikan aktifitas-aktifitas seperti menghina mobil build orang lain, menggerung-gerung mobil berlebihan, burnout sembarangan, kontes adu ceper dengan mobil yang dinaiki belasan orang. Dalam opini pribadi saya, ini kekanak-kanakan alias RICE (radically immatured car enthusiast).

Car meet yang nikmat ya cars and coffee. Parkir dan menikmati pemandangan build mobil-mobil, mengobrol santai sambil ngopi, hehe. Itupun tidak perlu juga terlalu lama, 1-2 jam cukup. Terlalu kelamaan malah ga jelas, mending secukupnya sehingga lebih berkesan.

Kapan-kapan kita bikin car meet sendiri kali ya? hehe

Back to topic.

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas mengenai car meet di Jepang. Lebih spesifiknya tempat car meet. Tempat ini menjadi faktor yang vital dalam scene mobil di Jepang. Kenapa? Akan kita bahas dibawah hehe.

Sudah siap kopinya? Kita mulai saja.

Car Meet di Jepang

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Umumnya, di Indonesia acara car meet atau sering disebut kopdar dihadiri oleh satu komunitas tertentu. Misal satu jenis/ model mobil tertentu, atau satu club atau komunitas tertentu. Kecuali, pada car meet dalam sebuah event/ acara mobil. Baru deh diisi berbagai komunitas.

Di Jepang sana tidaklah demikian.

Yang menjadi kunci dalam car meet di Jepang adalah tempat. Ada beberapa tempat yang memang menjadi tempat para enthusiast berkumpul. Siapapun, mobil apapun, club/ komunitas manapun. Apabila mereka mau car meet atau kopdar ya kesanalah mereka.

Jadi tidak menyebar atau random seperti disini. Komunitas mobil A biasanya nongkrong disini, kalo mobil B di sebelah sana. Club C kopdar mingguan di jalan X, Club D di belakang mall Z, dan lainnya.

Di Jepang, komunitas mobil atau club manapun kalo car meet ya ke X. Anak mobil atau enthusiast yang bukan anggota club/ komunitas ya klo mau nongkrong ya tetap juga ke X.

Jadi berkumpul semua. Datang, parkir, keluar menikmati kopi dan obrolan santai dan pergi sesukanya. Menarik bukan?

Terus janjiannya gimana?

Lah ga perlu janjian. Karena memang tempat tersebut tempat car meet, setiap malam terutama di weekend pastilah ada juga yang kesana. Ya biasanya yang janjian atau arrange meeting, misal club atau komunitas. Atau janjian sama temen. Tapi ya ngumpulnya di kembali di tempat yang sama. Kebayang kan?

Tempat tersebut juga umumnya adalah tempat parkir umum (Parking Area/ PA). Jadi tentunya terbuka untuk siapapun. Ya datang dan parkir aja disitu.

Inilah salah satu kunci scene mobil Jepang begitu kuat. Kita bisa belajar juga nih kayak gini, jangan mencar-mencar, jangan ‘tersembunyi’ hehe.

Daikoku PA

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Inilah tempat yang sudah tidak asing lagi bagi para enthusiast dunia. Tempat car meet di Jepang yang menjadi semacam kuil untuk para enthusiast melakukan ritual berkumpul. Daikoku PA sudah lama dikenal sebagai salah satu pesona car scene Jepang!

Area parkir ini merupakan salah satu tempat car meet favorit para enthusiast di Jepang. Bahkan tidak berlebihan bila disebut sebagai tempat car meet legendaris. Daikoku PA sudah sangat populer dan menjadi surga para penggemar mobil. Mulai dari mobil sport, mobil antik, mobil retro, mobil supercar, exotic, luxury, kei car, bosozoku style, dan segala macam jenis mobil hadir disini.

Seperti sebelumnya sudah kita sebutkan. Kopdar mobil di Jepang tidak berisikan para enthusiast satu jenis/ tipe mobil saja. Di Daikoku PA, dan tentunya tempat car meet lainnya akan dipenuhi oleh berbagai jenis mobil. Semua boleh dan bebas datang dan pergi sesuka hati.

Daikoku PA terletak di prefecture (provinsi) Kanagawa, Yokohama. Tempat ini cukup mudah dijangkau. Dari bandara internasional Haneda di Tokyo, kita bisa pergi ke Daikoku PA melalui toll dalam waktu 20 menit. Jaraknya sekitar 20 km. Nama jalan toll nya, Metropolitan Expressway Bayshore Route. Dari Bandara Haneda ke Daikoku lintasannya panjang dan lurus terus, sedap bgt lah kalo mau ngebut top speed hehe.

Kita juga akan melewati atau menyebrangi lautan. Daikoku PA ini berada di pulau kecil. Entahlah itu pulau asli atau buatan. Pokoknya dia terpisah dari pulau utama. Jadi sekeliling daratannya adalah laut.

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Tempat car meet ini merupakan tempat parkir rest area tol. Sekelilingnya merupakan kawasan industri peti kemas dan pelabuhan. Jadi sekitarnya itu ya peti kemas, gudang logistik, kantor ekspedisi, dan lainnya. Cocoklah buat tempat kopdar karena kalo ‘agak’ bising ya santai saja karena bukan area umum atau pemukiman.

Waktu berkumpulnya? Di akhir pekan, tempat ini sudah dipastikan penuh terisi mobil-mobil para enthusiast. Bahkan tidak hanya malam hari, pada waktu pagi atau sorepun seringkali tempat ini dipenuhi para enthusiast.

Saking populernya Daikoku PA, besar kemungkinan tempat kopdar ini sudah sering kita lihat di berbagai media otomotif mobil dunia. Baik itu di artikel, liputan, video, maupun post di Instagram.

Mengenali Daikoku PA cukup mudah. Lihatlah background-nya. Dalam background akan ada pilar-pilar dan jalan layang yang melingkar-lingkar. Dalam beberapa angle, kita juga dapat menemukan truck-truck logistik dan bus yang parkir. Nah kalo nemu video atau foto car meet di Jepang dengan background tersebut, itulah Daikoku PA.

Tatsumi PA

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Tempat car meet Jepang favorit selanjutnya adalah Tatsumi PA. Jaraknya bila dari Daikoku PA adalah 29 km atau sekitar 30 menit perjalanan melalui tol. Sedangkan dari Bandara Internasional Haneda jaraknya sekitar 16 km atau 20 menit melalui tol.

Berbeda dengan Daikoku PA yang area parkirnya cukup luas, Tatsumi PA luasnya lebih kecil. Tempat parkir ini memang diperuntukkan untuk singgah istirahat sebentar. Ada toilet serta beberapa vending machine makanan minuman untuk orang yang ingin sebentar istirahat melepas lelah.

Posisinya pun berada tepat di pinggir jalan tol. Mirip-mirip seperti paddock dalam Formula 1 atau balap mobil. Ini lah salah satu keistimewaan dari Tatsumi PA. Apabila kita melewatinya, akan terlihat jelas mobil-mobil yang sedang parkir berjejer. Tentunya menjadi pemandangan yang memukau bila kita sedang di tol lalu kita melihat ada mobil-mobil keren yang sedang parkir.

Selain itu posisi Tatsumi PA berada sangat dekat dengan Wangan Loop C1 yang terkenal. Tempat dimana para penggemar kecepatan memacu mobilnya memutari jalan tol Tokyo dalam sebuah lingkaran. Loop ini memungkinkan kita memacu mengelilingi lintasan melingkar yang 1 kali putarannya 14 km. Ya muter-muter sepuasnya. Kalo di kita kan ga ada tol yang looping begini. Harus keluar dulu tol, bayar, terus masuk tol lagi hehe.

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Nah, karena posisi tersebut, Tatsumi PA ini juga seringkali dijadikan tempat para enthusiast untuk berkumpul sebelum atau sesudah melakukan wangan loop. Ya mungkin pemanasan ngopi-ngopi bentar dan ngecek kondisi mobil sebelum tancap gas. Tempat car meet ini juga sering dijadikan tempat mengistirahatkan mobil setelah menjajal Wangan Loop.

Jadi, berbeda dengan Daikoku PA dimana enthusiast bisa berjam-jam nongkrong disana. Pada Tatsumi PA orang lebih cepat datang dan pergi. Benar-benar seperti paddock!

Perbedaan lainnya, di Daikoku mobil-mobil lebih variatif dan banyak juga mobil-mobil unik. Di Tatsumi PA, mobil-mobilnya umumnya lebih mengarah pada driving dan speed.

Pemandangan sekeliling Tatsumi PA adalah kawasan gedung-gedung tinggi. Bila di malam hari, lampu-lampu dari gedung-gedung tersebut akan memberikan atmosfir malam Jepang yang mengesankan. Belum ditambah hadirnya mobil-mobil keren yang sedang parkir!

Jadi, kalo kita menemukan foto/ video car meet Jepang di tempat parkir yang kecil, pinggir jalan tol dengan background gedung-gedung bertingkat. Yep, itulah Tatsumi PA!

Odaiba DECKS

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Masih sama seperti dua tempat sebelumnya yaitu tempat parkir, tetapi ini agak berbeda. Odaiba ini merupakan salah satu tempat wisata dan hiburan. Di area ini kita bisa menjumpai berbagai tempat rekreasi, museum, tempat makan, dan juga shopping mall. Letaknyapun sangat mendukung karena berada di pinggir laut alias pantai.

Tapi jangan salah, di dalam tempat wisata yang penuh keceriaan ini ada salah satu tempat car meet Jepang yang populer!

Tempat parkir di Odaiba DECKS merupakan salah satu tempat para enthusiast berkumpul dan melakukan event gathering. Letaknya pun agak tersembunyi karena terletak di basement. Pasti pernah nonton film Fast Furious Tokyo Drift kan? Nah, ada scene yang sangat populer dimana car meet dan adu drift terjadi di basement bangunan. Nah, buat kalian yang bermimpi untuk merasakan car meet bergaya Tokyo Drift tersebut, kita dapat rasakan di Odaiba DECKS.

Mobil-mobil sport yang keren dan memukau akan terlihat parkir dengan indahnya. Suasana basement ditambah raungan knalpot yang bergema semakin membuat car meet disini terasa syahdu.

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Oya, tempat car meet ini cukup dekat dengan Tatsumi PA yaitu sekitar 4 km atau 10 menit saja! Jadi, kalo kita pergi dari Haneda Internasional Airport ke Tatsumi PA, kita akan melewati Odaiba DECKS ini.

Yang disayangkan, melakukan car meet di tempat ini lebih sulit dibandingkan dengan Daikoku PA atau Tatsumi PA. Keduanya memang berada di area tol atau area industri yang jauh dari keramaian orang.

Letak Odaiba DECKS yang berada di kawasan rekreasi dan perbelanjaan menjadikan polisi cukup aktif dalam menjaga area ini. Tentunya ini ditujukan dengan pertimbangan keamanan, ketertiban dan kenyamanan pengunjung lainnya.

Polisi Jepang memang tidak seagresif atau segalak polisi di kita hehe. Tetapi, begitu mereka melihat banyak kerumunan mobil yang akan melakukan car meet atau gathering, mereka akan menutup/ membatasi akses masuk Odaiba DECKS. Jadi mereka tidak mengusir, hanya saja banyak mobil yang tadinya mau ikut masuk ke basement alhasil jadi tidak bisa.

Akihabara/ UDX Building PA

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Ada yang suka Anime? Pasti tau dengan Akihabara. Tempat ini bisa dibilang sebagai surga dari penggemar anime dunia. Akihabara merupakan distrik atau kawasan perbelanjaan elektronik. Di area ini kita bisa menemukan segala macam jenis elektronik dan tentunya juga manga & anime.

Lalu apa hubungannya dengan mobil dan car meet?

Akihabara ini sebagai basecamp para otaku penggemar anime, juga menjadi tempat favorit car meet mobil itasha. Mobil Itasha merupakan mobil yang dimodifikasi dengan tema anime. Bisa hanya sekedar sticker atau bisa juga sampai interior.

Tempat favoritnya adalah di jalan yang ada bangunan hotel Bellesalle Akihabara. Disinilah setiap malamnya mobil-mobil itasha melakukan car meet untuk memamerkan karya-karya kebanggaan mereka!

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Tapi jangan salah, tidak sedikit juga mobil non-itasha ikut berkumpul disini. Tapi ya, itu tadi dominannya memang mobil itasha.

Selain jalan diatas, di Akihabara ini ada satu lagi tempat yang menjadi basecamp para mobil itasha enthusiast. Tempatnya berada di tempat parkir gedung UDX. Dibandingkan spot di jalan tadi, jumlah mobil itasha lebih banyak lagi disini. Memang di lantai 3 gedung UDX ini terdapat Tokyo Anime Center yang menjadi toko terbaik untuk anime & manga di Akihabara.

Meskipun kembali, tetap saja kita bisa juga menjumpai mobil-mobil non itasha. Tempat parkir gedung inimemang cukup sering juga digunakan untuk car meet para enthusiast. Berbagai macam mobil, mulai dari Skyline GT-R sampai mobil supercar seperti Mclaren atau Ferrari tentunya hadir dalam car meet tersebut.

Umihotaru PA

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Tempat car meet Jepang favorit ini tidak kalah keren dan unik. Bayangkan saja, lokasinya berada di tengah lautan!

Ya bukan lautan lah, tapi tepatnya di tengah teluk yaitu Teluk Tokyo (Tokyo Bay). Jadi, di Tokyo Bay itu ada jalan tol panjang yang melintasi teluk dan menghubungkan daratan. Namanya Tokyo Bay Aqua Line. Panjangnya sekitar 17 km! Jembatan tol yang lurus panjang 17 km ini rasanya nikmat sekali kalo kita pakai gaspol hehe.

Nah Umitohara PA ini merupakan tempat parkir istirahat di tengah-tengah Tokto Bay Aqua Line. Jadi kebayang kan, kalo kita lagi ikut car meet disini, kita sedang ada di tengah-tengah teluk. Sekelilingnya ya air laut yang luas!

Tempat Kopdar Mobil atau Car Meet Favorit di Jepang

Jadi, kalo kita menemukan foto atau video car meet yang serasa di kapal laut, bisa dipastikan itu di Umitoharu PA.

Tempat ini cukup luas dan terdiri dari beberapa tingkat. Tingkat atas dan basement. Akses ke tempat car meet ini dari Daikoku Pa tidak terlalu sulit karena melewati tol. Tidak jarang memang Umitoharu dijadikan tempat pelarian para enthusiast apabila Daikoku PA di-shutdown oleh polisi.

Demikian ulasan kali ini. Car meet tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu hal yang berperan besar dalam culture mobil. Sama halnya seperti tuner mobil dan club street racing yang pernah kita bahas sebelumnya. Adanya kopdar atau car meet ini membuat atmosfir mobil semakin terasa.

Kembali, apabila kita bandingkan dengan car meet disini yang terkesan masing-masing. Rasanya kita butuh tempat-tempat yang memang dijadikan sebagai tempat car meet untuk siapapun, jenis mobil apapun, club manapun. Memang kendalanya di kita lahan umum area parkir terutama di kota besar sangatlah terbatas.

Gimana nih, mana tempat car meet Jepang yang paling keren menurut kalian?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *