10 Wagon JDM Keren yang Jago Ngebut


Wagon merupakan jenis body style mobil yang terdiri dari 2 box. Box pertama adalah ruang mesin dan box keduanya adalah sisanya, dari kaca depan driver sampai ke belakang. Hampir mirip dengan mobil hatchback yang juga terdiri dari 2 box. Akan tetapi pada wagon, karakter utamanya adalah bagian atap belakangnya lebih panjang.

Kalo masih ga kebayang, googling aja deh hehe.

Model mobil ini sering juga disebut dengan istilah estate atau station wagon.

Nah, pada masanya jenis mobil ini termasuk mobil populer yang menjadi pilihan sebagai mobil keluarga. Tentunya karena desainnya yang memungkinkan untuk area penumpang dan bagasi yang leluasa. Namun pada awal tahun 2000 datanglah era SUV yang kemudian membuat wagon kini hanya ada segelintir saja.

Meskipun dikenal sebagai mobil keluarga atau mobil ekonomis, beberapa diantaranya ternyata memiliki spek yang ganas. Para produsen membenamkan mesin performa andalan mereka ke dalam mobil keluarga ini. Bukan hanya itu saja, spek lainnya seperti suspensi, handling, bahkan sampai steering wheel pun didesain untuk ngebut alias balap!

Pada ulasan kali ini kita akan membahas 10 wagon JDM dengan spek buas layaknya mobil sport performa. Bukan hanya dari spek, desain mobilnya yang kini semakin jarang alias rare tentunya menjadi nilai tambah visual yang memikat dari mobil-mobil ini.

Berhubung jumlah mobil yang kita akan bahas ada cukup banyak, jadi kita tidak akan terlalu detil membahasnya satu-persatu. Tar kepanjangan artikelnya hehe.

Sudah siap kopinya? Kita mulai saja.

Nissan Avenir GT4

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Avenir berasal dari bahasa prancis yang artinya masa depan. Pada 1990, Nissan membuat mobil ini untuk meneruskan Bluebird Wagon yang telah lama diproduksi. Berbeda dengan kebanyakan wagon lainnya yang biasanya merupakan varian dari sedan, Avenir ini dibuat khusus untuk model wagon.

Varian tersangar dari Avenir adalah GT4 yang dibekali mesin turbo SR20DET 2.0L dengan tenaga 210 hp! Selain itu GT4 juga memiliki layout AWD yang dilengkapi dengan sistem AWD andalan Nissan, ATTESA.

Toyota Crown Wagon

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Pasti sudah kenal dengan sedan luxury dari Toyota ini. Crown ini sudah lama memiliki varian wagon dari awal generasi pertamanya.

Spek mesin terbuas dimiliki Crown Wagon pada generasi ke-11 yang diproduksi 1998-2003. Mesin sakti JZ menjadi dapur pacu mobil keluarga luxury yang juga disebut Crown Estate Athlete.

Bukan hanya pada varian utama sedannya, Toyota juga membenamkan mesin 6 silinder 2.5L 1JZ-GTE pada Crown Wagon. Hasilnya, mobil keluarga mewah berlayout RWD ini memiliki tenaga sebesar 280 hp!

Mitsubishi Legnum VR4

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Legnum merupakan varian wagon dari Galant generasi ke-8 yang diproduksi 1996-2006. Mobil ini menggantikan varian liftback 5 pintu yang hadir pada 2 generasi sebelumnya. Nama Legnum sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya “Kekuatan yang royal/megah”.

Tidak tanggung-tanggung, Mitsubishi mengeluarkan varian VR4 pada Legnum ini. Mesin 6A13 DOHC 2.L V6 24 Valve yang dibekali twin-turbo sanggup memuntahkan 280 hp pada kondisi stock alias dibatasi aturan pemerintah. Mobil ini mampu melesat 0-100km/jam selama 5,9 detik dengan top speed mencapai 240km/jam!

Selain itu layout AWD mobil ini dilengkapi dengan Active Yaw Control (AYC) yang sama dengan Evo IV. AYC ini fungsinya sama dengan LSD yaitu pengaturan transfer torsi pada ban tetapi dikontrol secara elektronik. Versi Super VR4 Legnum juga dilengkapi jok depan Recaro dan steering balap Momo. Waduh, mobil keluarga yang siap untuk balap!

Toyota Altezza Gita

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Altezza merupakan varian JDM dari Lexus IS generasi pertama yang diproduksi pada 1998-2005. Sebagaimana halnya Lexus, mobil ini memiliki konsep mobil compact dengan tampilan eksekutif.

Gita merupakan varian wagon yang muncul hanya pada Altezza generasi pertama ini. Pada Lexus, Gita dipasarkan dengan nama Lexus IS Sportcross. Mesin 2JZ-GE menjadi dapur pacu dari Altezza Gita. Meskipun bukan versi turbo, 2JZ-GE yang berkapasitas 3.0L ini tetap memiliki tenaga yang lumayan besar yaitu 220 hp!

Honda Accord Wagon SiR

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Honda Accord generasi ke enam memiliki varian mobil keluarga yang dinamakan Accord Wagon SiR. Awalnya pada 1999-2001, mobil ini hanya dipasarkan dengan layout FWD. Honda kemudian mengeluarkan varian AWD pada 2000-2001.

Mesin yang digunakan pada mobil keluarga ini merupakan mesin yang langka. Mesin H23A DOHC VTEC kepunyaannya hanya digunakan ekslusif untuk mobil ini saja. Jadi, tidak ada mobil Honda lain yang menggunakan mesin yang sama. H23A kepunyaan Accord Wagon SiR ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 200 hp.

Subaru Legacy

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Sejak 1989 sampai saat ini, Subaru Legacy telah diproduksi pada 6 generasi dengan model sedan atau wagon. Meskipun saat ini, varian wagonnya telah digantikan dengan model crossover SUV.

Mobil ini merupakan salah satu mobil keluarga dengan spek buas. Sejak awal kelahirannya, dari generasi pertamanya telah memiliki varian wagon yang mumpuni. Mesin boxer EJ20 yang dilengkapi turbo kepunyaannya memiliki tenaga sebesar 200 hp. Selain itu mobil ini juga dilengkapi dengan air suspensi.

Pada generasi ke-2 dan ke-3, Subaru Legacy wagon diupgrade dengan sistem twin-turbo yang membuat tenaganya menjadi 276 hp! Itupun sebenarnya masih kondisi stock yang di-detune. Generasi ke-4 memiliki power 282 hp dengan transmisi 6 speed serta rem 6 pot Brembo. Generasi ke-5, powernya masih sama, tetapi mobil keluarga ini kini dilengkapi suspensi Bilstein, STi Exhaust, dan velg BBS. Sedap bukan?!

Toyota Caldina

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Caldina diproduksi pada 1992-2007 dengan 3 generasi. Meneruskan Toyota Carina dan Toyota Corona Wagon, mobil ini diproduksi hanya dengan 1 jenis model saja yaitu wagon.

Toyota tidak main-main dalam membuat mobil keluarga ini. Speknya buas!

Pada generasi ke-2, Toyota Caldina dilengkapi dengan mesin turbo 3S-GTE dengan tenaga 260 hp! Sistem penggeraknya pun menggunakan sistem AWD yang sama dengan mobil legendaris Celica GT-Four.

Meskipun masih mengunakan mesin yang sama, pada generasi ke-3 Caldina muncul edisi spesial bernama N (Naruse) Edition. Caldina N-Edition ini dilengkapi berbagai part balap performa seperti sport ABS, upgrade suspensi, strut bar, LSD, dan jok racing Recaro.

Nissan Stagea

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Untuk menyaingi Subaru Legacy yang merupakan wagon dengan spek tenaga yang dahsyat, Nissan menghadirkan Stagea. Mobil ini terdiri dari dua generasi dimana keduanya memiliki mesin-mesin layaknya mobil sport!

Keseluruh generasi dari mobil keluarga yang diproduksi pada 1996-2007 ini dibekali mesin 6 silinder dengan tentunya varian turbocharger. Pada generasi pertamanya, Nissan membenamkan mesin dari Nissan Skyline kepada Stagea. RB25DET berkapasitas 2.5L dengan turbo ini mampu memuntahkan tenaga 230-276 hp!

Perusahaan Jepang spesialis tuning mobil Nissan bernama Autech kemudian membuat varian bernama Stagea 260RS Autech. Mobil ini menggunakan mesin Nissan GTR, RB26DETT twin-turbo! 260RS juga memiliki transmisi 5 speed manual dan sistem AWD ATTESA E-TS dari GTR R33. Bukan itu saja, Autech melengkapinya juga dengan LSD, rem Brembo, velg BBS 17 inchi, serta upgrade pada handling dan suspensi. Ngeri bener!

Nissan Stagea ini sudah sering di swap body depannya (bumper, kap mesin dll) dengan Nissan GTR R34. Hasilnya, menjadi Nissan GTR R34 Wagon hehe.

Generasi ke-2 dari Stagea juga tidak kalah hebatnya. Mesinnya merupakan V6 dengan kapasitas besar mulai dari 2.5L, 3.0L, dan 3.5L. Varian mesin VQ25DET V6 Turbonya memiliki tenaga 276 hp yang merupakan spek pembatasan (detuned). Varian dengan mesin VQ35DE berkapasitas 3.5L memiliki tenaga maksimal 300 hp!

Lancer Evo IX Wagon

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Lancer Evolution, sebuah nama yang sudah identik dengan kecepatan, ketangguhan serta handling yang memikat. Mobil ini sudah lama dikenal dengan mobil sedan 4 pintu yang dibesarkan pada kompetisi rally dunia. Nah, dari keseluruhan generasi Evo, ada satu-satunya varian yang berbeda yaitu varian wagon. Betul, Lancer Evolution Wagon!

Evo Wagon ini hadir pada generasi ke-9 alias Evo 9 pada 2006-2007. Mobil ini terdiri dari 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual. Pada versi manual hadir mesin Evolution 4G63 MIVEC dengan turbocharger yang memuntahkan 276 hp! Seperti biasa, tenaga ini merupakan versi pembatasan alias detuned. Versi matic menggunakan mesin 4G63 Non MIVEC dengan ukuran turbo yang lebih kecil. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan akselarasi pada putaran bawah.

Toyota Mark ll Blit

10 JDM Wagon Keren yang Jago Ngebut

Mobil ini merupakan versi wagon dari Toyota Mark II generasi ke-9 (X110). Meski terlihat culun terutama bagian depannya, tapi mobil ini memiliki spek yang sangar! Sama halnya dengan versi sedan RWD-nya, Mark II Blit juga memiliki varian dengan mesin 1JZ-GTE. Power dari mesin ini mencapai 276 hp pada kondisi stock! Untuk layout penggeraknya terdapat 2 pilihan yaitu RWD dan AWD.

Demikian ulasan kali ini. Sebenarnya masih ada lagi beberapa wagon JDM kencang lainnya yang belum dibahas seperti Impreza Wagon, Civic Aerodeck VTI, atau Mazdaspeed Protegé. Belum ditambah mobil keluarga modern keluaran terbaru seperti Subaru Outback, Mazda6 wagon, atau Subaru Levorg.

Gimana, ada yang tertarik memiliki mobil keluarga yang keren dan kencang? Mana nih yang menjadi wagon favorit kalian?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *