7 Wanita Cantik dalam Dunia Balap Mobil

Dunia mobil selama ini di dominasi kalangan pria, karena memang para penggemar mobil selama ini kebanyakan berasal dari kalangan pria. Wanita yang benar-benar menyukai dan mengikuti seluk-beluk dunia mobil bisa dikatakan sebagai spesies langka.

Hal ini mengakibatkan wanita kerap dipandang sebelah mata untuk urusan mobil. Kita tentu terbiasa dengan stereotype bahwa sekalipun ada wanita yang senang dengan mobil, itu hanya sebatas karena tampilan eksterior mobilnya saja. Mobil keren di mata mereka adalah mobil modern dengan tampilan stylish atau mobil sport yang memiliki kesan ‘wah’ untuk dipakai show off.

Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas beberapa contoh spesies langka tadi, khususnya para wanita yang terlibat dalam dunia mobil (car culture) baik sebagai pembalap mobil profesional ataupun penulis/ jurnalis otomotif.

Oya, kenapa ulasan ini membatasi hanya wanita cantik?

Simpel. Karena saya dan kebanyakan pembaca dipastikan adalah pria haha. Lagipula kalo kita bahas semua tentunya akan panjang, sehingga saya tambahkan batasan. Selain dari tentunya prestasi dan kemampuan, yaa secara fisik juga enak dipandang lah biar agak seru juga ngebahasnya,  yakan?

Danica Patrick

Wanita Mobil

Wanita yang bernama lengkap Danica Sue Patrick ini adalah salah satu wanita tersukses dalam dunia balap mobil IndyCar dan NASCAR.

Danica berhasil menjadi satu-satunya wanita yang menjuarai kejuaraan IndyCar ketika dia memenangkan Indy Japan 300 di tahun 2008. Dalam dunia NASCAR, Danica merupakan wanita pertama yang memenangkan NASCAR Seri Sprint Cup dengan pencatatan lap qualifying tercepat di tahun 2013.

Wanita Mobil

Pembalap profesional yang disponsori oleh Mobil1 ini berusia 34 tahun dan berstatus single (Janda) hehe. Di luar kegiatan balap mobil, Danica juga aktif sebagai model, bintang iklan, dan publik figur otomotif.

Website             : https://www.danicapatrick.com
IG                        : https://www.instagram.com/danicapatrick
Twitter               : https://twitter.com/danicapatrick

Stéphane Kox

Wanita Mobil

Bapaknya pembalap, eh anak gadisnya juga pembalap.

Stéphane Kox merupakan anak dari pembalap asal Belanda yang di segani, Peter Kox. Mengikuti jejak ayahnya, Stéphane menjadi pembalap profesional yang telah mengikuti berbagai kejuaraan balap seperti Supercar Challenge, ADAC Formula Master, 24h Series, dan Endurance GT.

Darah pembalap ayahnya yang sudah banyak memenangkan kejuaraan balap mobil profesional ternyata memang di wariskan kepada Stéphane. Hal ini dibuktikan salah satunya yaitu dengan memenangkan juara ke-1 di kejuaraan BMW M235i Racing Cup Belgien pada tahun 2015.

Gadis yang berusia 23 tahun ini selain aktif dalam balap mobil profesional saat ini juga sedang kuliah dengan mengambil jurusan hukum.

Wanita Mobil
Bersama pelatih alias bapaknya, Peter Kox

Jadi, jangan macam-macam deh dengan cewek ini, karena selain mainannya aja Supercar, bapaknya pembalap yang disegani, anak jurusan hukum pula, udah gitu ternyata juga seorang pembalap profesional yang jago ngebut hehe.

Website             : http://stephane.koxracing.com
IG                        : https://www.instagram.com/stephkox
Twitter               : https://twitter.com/stephanekox

Michèle Mouton

Wanita Mobil

Untuk nomor 3 ini kita akan sejenak back to the past alias mengenang masa lalu.

Wanita yang satu ini memang sekarang sudah jadi nenek-nenek, tapi jangan salah di masa kejayaannya dahulu dia adalah seorang pembalap mobil rally kelas dunia yang sangat disegani oleh para lawannya.

Bagaimana tidak, Mouton telah banyak menjuarai kejuaraan rally profesional dan puncaknya adalah ketika dia hampir saja meraih juara dunia kejuaraan rally (WRC) di tahun 1982. Ketika itu Mouton berhasil melibas lawan-lawannya dan meraih runner-up juara dunia WRC.

Hal tersebut menjadi sebuah legenda dalam dunia rally yang notabene merupakan olahraga motorsport yang berat karena menguras habis kemampuan mobil dan driver. Belum ditambah rally di masa lalu dikenal lebih keras karena keamanan dan tekhnologi mobil pada saat itu belum secanggih sekarang. Sama seperti F1 di masa lalu, rally ketika itu membutuhkan bukan hanya skill dan konsentrasi yang tinggi, tetapi juga keberanian untuk menantang maut.

Dari pencapaiannya itu wanita ini beberapa kali disebut sebagai The Fastest Woman atau wanita tercepat. Niki Lauda, pembalap F1 legendaris bahkan menyebut Mouton sebagai “Superwoman”.

Ngeri bener bukan?

Iva Rusinova

Wanita Mobil

Dari rally sekarang kita beralih ke drift.

Cewek berusia 25 tahun ini sempat menjadi sensasi di dunia drift khususnya di dunia drift Bulgaria karena selain memiliki kemampuan balap mobil ngesot, Iva juga memiliki penampilan yang menawan.

Di awali pada umur 18 tahun, ketertarikannya kepada mobil dan mengemudi cepat membuat Iva ingin menekuni dunia balap mobil drift. Dari sana dia kemudian melakukan latihan diam-diam tanpa sepengetahuan orang tuanya di area pegunungan Vitosha di Bulgaria. Mungkin karena orang tuanya akan melarang apabila tahu anak gadisnya latihan mengemudi drifting di pegunungan yang tentunya sangat berbahaya.

Meski sempat mengalami kegagalan dalam kecelakaan latihan yang membuat mobil Subaru Impreza nya hancur, tidak menjadikan Iva untuk menyerah. Berbekal dari pengalaman sebelumnya, dia terus mempelajari teknik-teknik drift dari buku-buku sambil mengumpulkan uang untuk membeli mobil lainnya. Iva kemudian membeli Toyota Corolla AE86 dan meneruskan kembali praktek latihannya. Mungkin dia juga mendapat inspirasi drift dari Initial D, hehe.

Wanita Mobil

Pada tahun 2010 adalah awal Iva mengikuti kejuaraan drift sampai akhirnya salah satu bengkel tuning terbaik di Bulgaria, Dragpower memutuskan untuk mensponsori cewek ini yang mengantarkannya pada berbagai event kejuaraan drift skala Eropa.

Selain menjadi pembalap drift, Iva juga seringkali diminta untuk menjadi model foto mobil.

Youtube              : https://www.youtube.com/channel/UCNs4CJfBNX0zq25W4-82yVA
Facebook           : https://www.facebook.com/Iva-Rusinova-210076189037077

Ramona Rusu

Wanita Mobil

Masih dalam dunia drift, kali ini kita hadirkan seorang cewek yang sama cantiknya dengan Iva dan juga sama ahli nya dalam hal mengesotkan mobilnya sampai ban ngebul hehe.

Cewek berambut hitam panjang asal Romania ini menyukai mobil semenjak dari kecil. Dia seringkali memperhatikan mobil-mobil di jalanan untuk mencari mobil yang unik untuk di idam-idamkan dikendarai suatu saat ketika dia sudah dewasa.

Sampai akhirnya dia berhasil membeli mobil pertamanya yaitu Ford Probe. Ramona langsung meng-tune dan memodifikasi mobil kesayangannya itu, sampai suatu ketika dia diajak temannya untuk ikut kopdar (car meet) para pecinta mobil,

Disana ia terpukau dengan komunitas mobil (car culture) dan terutama oleh balap drift yang juga diadakan di event tersebut. Ramona tidak pernah melihat drift secara langsung (live) dan mencoba bertanya kepada temannya apakah dia bisa duduk di kursi penumpang untuk merasakan sensasi drift.

Permintaannya terkabul dan dia semakin terpukau, lalu memutuskan untuk mempelajari drifting. Mobil keduanya adalah Mazda MX-5 karena drift membutuhkan mobil dengan layout RWD. Dari sanalah kisah Ramona dan dunia balap drift dimulai, dan sampai saat ini kisah tersebut terus berlanjut. Begitupun dengan koleksi mobilnya, yang sekarang telah ditambah dengan BMW E30 dan Subaru GC8.

Wanita Mobil

Dengan paras yang cantik dan anggun serta postur yang aduhai, jangan sekali-kali meremehkan kemampuan Ramona dalam mengemudi drift berkecepatan tinggi.

kemampuannya dibuktikannya dengan keberhasilannya menjuarai berbagai kejuaraan drift yang puncaknya pada tahun 2014 Ramona dipanggil 5x ke podium dan memenangkan kejuaraan yaitu juara pada Hungarian Championship in the Street Class, Queen of Europe Championship, dan Vice Champion di kejuaraan King of Europe SL. Ngeri bos! haha

Jadi jangan lupa follow IG dia untuk melihat wajah cantiknya, eh aksi mengemudinya dalam berbagai kejuaraan balap mobil hehe.

Facebook           : https://www.facebook.com/RamonaRusuDrift
IG                         : https://www.instagram.com/ramonarusu
Twitter                : https://twitter.com/ramonarusudrift

Leona Chin

Wanita Mobil

Ya ya, beberapa dari kalian mungkin menunggu dan bergumam “mana nih yang dari Asianya…”

Kita sekarang sajikan seorang cewek drifter berusia 28 tahun dari negeri tetangga yaitu Malaysia yang bernama Leona Chin.

Cewek berdarah chinese ini meraih popularitas setelah salah satu video nya menjadi viral di internet. Di video dengan tema jahil (prank) tersebut Leona berpura-pura menjadi seorang wanita culun yang mengikuti kursus mobil. Kemudian dia berhasil membuat para instruktur kursus tersebut terkejut dan kaget setengah mati dengan gaya mengemudi driftnya yang agresif dan liar.

Ketertarikan Leona pada mobil bermula dari saat waktu sekolah. Dia memiliki teman-teman yang juga menyukai mobil dan sering kali bermain kuis/ tebak-tebakan mengenai spesifikasi sebuah mobil. Dari sana Leona mampu mengenali tipe model dan mesin mobil hanya dari melihat foto. Selain itu cewek ini dulu senang bermain game balap Playstation, Gran Turismo 2 yang membuatnya semakin ingin mencoba balap mobil ketika ia sudah dewasa.

Wanita Mobil

Mobil pertamanya yaitu 1989 Nissan Silvia yang mengantarkan Leona ke dunia drifting. Ketika membawa silvia kesayangannya ke sebuah bengkel, mekanik disana mengatakan bawah mobil tersebut cukup bagus untuk dipakai drift dan menyarankan Leona untuk sekali-kali mencobanya. Sampai suatu hari Leona memutuskan untuk mencobanya dan membawa Silvia-nya ke sebuah lapangan parkir kosong. Dari sanalah pengalaman drifting pertamanya dan awal kecintaannya kepada dunia drift.

Karir profesional Leona dalam dunia balap dimulai ketika dia terpilih oleh Redbull untuk mendapat sponsor dan juga kursus lebih lanjut mengenai balap mobil.

Selain sebagai pembalap profesional Leona juga merupakan owner dari Kuraz Motorsport; sebuah toko online spare part mobil & manajemen racing tim/ events, Instruktur balap berlisensi, brand ambassador Mitsubishi Motor Malaysia, artis film dan stunt driver.

Facebook          : https://www.facebook.com/GirlDrifterLeonaChin
IG                        : https://www.instagram.com/leonachin
Twitter               : https://twitter.com/leonachin

Taryn Croucher

Wanita Mobil

Sebagai pecinta mobil, tentu kita senang mengobrol membicarakan dunia mobil sambil ditemani secangkir kopi panas, bener kan?

Nah, mengobrol tentang mobil dengan cewek ini dijamin akan menjadi seru. Karena selain memiliki paras cantik yang bikin kita betah memandang hehe, Taryn juga memiliki segudang pengetahuan dan pengalaman mengenai mobil serta car culture khususnya mobil-mobil Jepang alias JDM.

Tidak heran karena selain sebagai penggemar mobil, Taryn bekerja sebagai  fotografer dan jurnalis mobil.

Wanita Mobil

Kecintaannya terhadap mobil Jepang dimulai pada tahun 2011 dimana ketika itu ia mengunjungi Jepang dan jatuh cinta kepada negeri sakura termasuk dengan gaya hidup mobil (car culture) disana. Dari sana dia memutuskan untuk terus mengeksplor dan merasakan kehidupan otomotif JDM.

Saat ini Taryn bekerja sebagai fotografer dan jurnalis di beberapa blog otomotif mobil ternama seperti Speedhunters, drifting.com, iheartstance, dan NZ Performance. Cewek asal New Zealand yang sekarang menetap di Hongkong ini juga merupakan founder dari japancarculture.com.

Keaktifannya sebagai jurnalis dan fotografer tersebut membuat namanya menjadi semakin populer dalam dunia blog otomotif.

Pokoknya ngobrol tentang mobil khususnya JDM beserta car culture dengan cewek satu ini dijamin bikin seru dan betah lama-lama deh hehe.

Kapan ya Taryn main kesini dan meliput tentang car scene di Indonesia?

Facebook          : https://www.facebook.com/taryn.croucher
IG                        : https://www.instagram.com/taryncroucher
Twitter               : https://twitter.com/taryncroucher
Blog                   : http://japancarculture.com
http://www.iheartstance.com
http://www.speedhunters.com/author/taryncroucher

Masih mau lagi?

Udah dulu deh, tar mudah-mudah kita update tambah lagi ceweknya eh- ulasannya, hehe.

Siapa nih dari ketujuh wanita diatas yang jadi favorit kalian?

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “7 Wanita Cantik dalam Dunia Balap Mobil”